[QOTD] ”insya Allah”.. jika Allah menghendaki..

bismillahhiRRahmaniRRahim

”insya Allah”.. jika Allah menghendaki..

Al-QuR’an, SuRat Al-Kahf (18), ayat 23-24

23. Dan jangan sekali-kali kamu mengatakan tentang sesuatu: “Sesungguhnya aku akan mengeRjakan ini besOk pagi”,
24. kecuali (dengan menyebut): “Insya Allah
. Dan ingatlah kepada Tuhanmu jika kamu lupa dan katakanlah: “Mudah-mudahan Tuhanku akan membeRiku petunjuk kepada yang lebih dekat kebenaRannya daRi pada ini.”

[MenuRut Riwayat, ada bebeRapa ORang QuRaisy beRtanya kepada Nabi Muhammad s.a.w. tentang ROh, kisah ashhabul kahfi (penghuni gua) dan kisah DzulqaRnain lalu beliau menjawab, datanglah besOk pagi kepadaku agaR aku ceRitakan. Dan beliau tidak mengucapkan Insya Allah (aRtinya jika Allah menghendaki). Tapi kiRanya sampai besOk haRinya wahyu teRlambat datang untuk menceRitakan hal-hal teRsebut dan Nabi tidak dapat menjawabnya. Maka tuRunlah ayat 23-24 di atas, sebagai pelajaRan kepada Nabi; Allah mengingatkan pula bilamana Nabi lupa menyebut Insya Allah haRuslah segeRa menyebutkannya kemudian.]

—–
Sahabat,
SeRingkali kita beRjanji atau beRencana untuk sesuatu hal yang akan dilakukan dikemudian waktu, ntah itu sekian jam, haRi, bulan, atau bahkan tahun. Tetapi mungkin kita tidak sadaR atau lupa ketika kita beRencana, kita sebagai muslim diwajibkan untuk mengikutinya dengan menyebut ”insya Allah..”, yah.. ”jika Allah menghendaki..”, kaRena segala sesuatunya hanya Allah yang menentukan, hanya Allah yang mengatuR, manusia hanya bisa beRencana dan beRusaha yang teRbaik..
Dengan menyebutkan ”insya Allah”, maka kita haRus yakin bahwa Allah akan mempeRmudah jalan atas Rencana yang kita lakukan.. insya Allah..

Satu hal lagi..
Jangan jadikan ucapan ”insya Allah” sebagai ”pelaRian daRi janji”. Mengucapkan nya haRus lah diseRtai dengan usaha untuk meRealisasikan Rencana teRsebut. KaRena hal itu adalah janji, dan janji adalah hutang..

ingatlah sahabat.. ”insya Allah”,
bukan ”may be yes.. may be nO..”
😉

MaRi sama-sama kita peRbanyak ilmu peRbagus amal..
insya Allah..

Links:
[katakan insya Allah]
http://www.cybermq.com/pustaka/detail/opini/484/katakan-insya-allah

  • Dalam TafsiR Al QuR’an Al ‘Adzhim kaRya Ibnu KatsiR Ad-Dimasqy, beliau menyebutkan bahwa asbabun nuzul daRi ayat ini adalah teRkait dengan kisah ketika alah seORang sahabat beRtanya tentang kisah ashabul kahfi. Rasulullah SAW saat itu tak sanggup membeRi jawaban pasti. Lantas, beliau beRkata kepada sahabat yang beRtanya : “Jawabannya akan kubeRikan besOk.” Namun, wahyu daRi Sang Khaliq tak kunjung tuRun membeRikan jawab. BeRhaRi-haRi Rasulullah SAW menantikan wahyu itu. Lewat lima belas haRi tuRunlah wahyu Al QuR’an suRat Al Kahfi ayat 23-24. Sejak saat itu, Rasulullah SAW tak peRnah alpa menyebut : “Insya Allah”, setiap kali menjanjikan pada ummatnya untuk hal-hal yang akan beliau ucapkan dan lakukan.
  • Hadits shahih daRi Abdullah ibn ‘AmRu beRkata , Rasulullah SAW peRnah beRujaR saat singgah di Thaif beRsama paRa sahabatnya: “Innaa qaafiluuna ghOdan Insya Allah” ; “BesOk kita akan beRangkat melanjutkan peRjalanan, Insya Allah.”(HR.BukhaRi/Muslim).

[apakah lafal insya Allah haRus selalu diucapkan untuk peRbuatan yang akan dilakukan?]
http://macanindonesia.blogspot.com/2008/12/apakah-lafal-insya-allah-harus-selalu.html

  • Syekh ibn Utsaimin mengatakan bahwa seseORang bOleh beRkata akan melakukan suatu peRbuatan dimasa depan tanpa mengiRinginya dengan lafal InsyaAllah , dengan syaRat ORang itu mengetahui peRbedaan antaRa menceRitakan isi hati atau Rencananya (bOleh diucapkan tanpa diiRingi insyaAllah), dengan memastikan akan melakukan sesuatu dimasa depan (haRus mengiRinginya dengan lafal insya Allah). Alasannya , ORang yang menceRitakan kehendak atau Rencananya untuk melakukan sesuatu beRbeda dengan ORang yang memastikan akan melakukannya dimasa depan.

Untuk mendownload file kumpulan artikel, silahkan klik link berikut:

https://orido.files.wordpress.com/2008/12/downloadfile.jpg

6 Tanggapan to “[QOTD] ”insya Allah”.. jika Allah menghendaki..”

  1. dindacute Says:

    emang lebih baik insyaallah daripada besokna gag bisa khan gag ingkar namanya

    :: oRiDo™ ::
    insyaAllah..🙂

  2. Cipzto Says:

    jadi klo ngutarain rencana gak perlu disertai Insya Allah ya..🙂

    :: oRiDo™ ::
    klo buat saya, selama itu berhubungan dengan dimasa yang akan datang..
    alangkah lebih baik di ikuti dengan perkataan “insyaAllah”, karena kita sebagai hambanya hanya bisa berusaha dan bertawakal apa2 yang di tentukan oleh Allah swt.🙂

  3. rasarab Says:

    iya bener banget, kadang kita lupa akan hal ini
    tapi harus ucapan insyaalloh juga harus penuh tanggung jawab

    :: oRiDo™ ::
    yups..🙂

  4. D 1 JA Says:

    Pernah saya janji trkatir temen..lupa nyebut Insyaallah..besoknya lupa deh..tapi kepake tuk keperluan laen..gimana neh…

    :: oRiDo™ ::
    janji tetep janji..
    coba lah utk tetap di tunaikan janjinya..🙂

  5. Abiwin Says:

    Salam kenal balik Akhi ..

    Jangan lupa selain pksonline.co.cc kini juga telah hadir materi-tarbiyah.co.cc insya Allah bermanfaat.

    Win Iskandar
    ——————
    Abi Win Admin PKSOnline.co.cc dan Materi-Tarbiyah.co.cc

    :: oRiDo™ ::
    jzkl utk info nya akhi..
    insyaAllah saya singgah..🙂

  6. Sari Rachmatika Says:

    Amin..
    Insya allah🙂

    :: oRiDo™ ::🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: