Aqiqah – Rakhy Syahidan Farid

faRiD lagi tidur.. baru berumur 3jam-an alhamdulillah..
tadi malem udh aqiqah.. walo sempet ngaret karena ustadz nya terlambat gara-gara lupa.. heheh..
tiga point penting dalam melaksanakan aqiqah udh terlewati..

  • Potong kambing, alhamdulillah beres, dengan mengandalkan lembaga penyedia jasa pemotongan kambing utk aqiqah, dua kambing jadi sate, gule, dan tongseng. Enak nih masakannya.. 😀
  • Mencukur rambut, tadi malam baru potong rambut secara simbolik oleh ustadz dan tamu undangan. Tinggal di cukur habis dan bersedekah sesuai berat timbangan rambut si bayi.
  • Memberi nama, setelah bbrp hari ini cari nama buat anak ku yang kedua ini, sempet juga istri ku gak sreg dengan bbrp pilihan nama yang aku buat, sampai di menit2 terakhir di hari aqiqah, akhirnya aku dan istri sepakat utk memberi nama anak ku yang ke dua itu dengan nama “Rakhy Syahidan Farid”, panggilannya.. FARID
    • Rakhy, dari kata Raki yang berarti Ruku’ (shalat), kata Rakhy ini juga di ambil dari nama bulan di lahirkan, yaitu Rabiul Akhir 🙂
      Syahidan, aku ambil dari kata “‘isy kariiman aumut syahidan” Hidup mulia atau mati syahid. cukup berat.. tapi kami sebagai orang tua akan senang sekali apabila anak ku bisa syahid..
      Farid, berarti satu-satunya atau tidak ada bandingannya.
      jadi.. “Rakhy Syahidan Farid” kurang lebih berarti “satu-satunya yang syahid dalam Ruku/shalat”, atau “orang yang ruku/shalat dan syahid nya tidak ada bandingannya”… ya tentunya pada masa/jamannya.. pastinya tidak sedikit orang-orang yang syahid dalam keadaan shalat.. dan pastinya tidak sedikit orang-orang yang shalat dan syahid nya membuat kita berdecak kagum 🙂

    aRtikelteRkait:

    Links:
    [Aqiqah]
    http://id.wikipedia.org/wiki/Aqiqah

    • Aqiqah berasal dari kata ‘Aqq yang berarti memutus dan melubangi, dan ada yang mengatakan bahwa aqiqah adalah nama bagi hewan yang disembelih, dinamakan demikian karena lehernya dipotong, dan dikatakan juga bahwa ia adalah rambut yang dibawa si bayi ketika lahir. Adapun maknanya secara syari’at adalah hewan yang disembelih untuk menebus bayi yang dilahirkan.
    • Hukum aqiqah menurut pendapat yang paling kuat adalah sunnah muakkadah.
    • Hikmah Aqiqah: Bentuk taqarrub kepada Alloh Subhanahu wa Ta’ala dari si anak di saat awal dia keluar di dunia, dan si anak sangat mengambil manfaat darinya sebagaimana dia mengambil manfaat dengan doa. Dan sebagai ungkapan syukur nikmat atas dikaruniakan anak.
    • Hewan yang dibolehkan disembelih untuk aqiqah adalah sama seperti hewan yang dibolehkan disembelih untuk qurban, dari sisi usia dan kriteria.
    • Ibnu Abdul Barr berkata: Para ulama telah ijma bahwa di dalam aqiqah ini tidak diperbolehkan apa yang tidak diperbolehkan di dalam udhhiyah, (harus) dari Al Azwaj Ats Tsamaniyyah (kambing, domba, sapi dan unta), kecuali pendapat yang ganjil yang tidak dianggap.
    • Dalam aqiqah tidak diperbolehkan berserikat sebagaimana dalam udhhiyah (Qurban), baik kambing/domba, atau sapi atau unta. Sehingga bila seseorang aqiqah dengan sapi atau unta, itu hanya cukup bagi satu orang saja, tidak boleh bagi tujuh orang.
    • Adapun dagingnya maka dia (orang tua anak) bisa memakannya, menghadiahkan sebagian dagingnya, dan mensedekahkan sebagian lagi.

    [Aqiqah Sesuai Sunnah Rasulullah SAW]
    http://yadisyahid.web.id/?p=18

    • Aqiqah adalah sebuah kegiatan menyembelih hewan ternak yaitu kambing/domba sebagai rasa kesyukuran kita kepada Alloh SWT atas karunia anak laki-laki atau perempuan. Hukumnya adalah Sunnah bagi orang tua atau wali dari anak tersebut.
    • Aqiqah Untuk anak laki-laki dua ekor kambing yang berdekatan umurnya dan untuk anak perempuan satu ekor kambing.
    • Mencukur rambut bayi merupakan sunah Mu’akkad, baik untuk bayi laki-laki maupun bayi perempuan yang pelaksanaannya dilakukan pada hari ketujuh dari kelahiran dan alangkah lebih baik jika dilaksanakan berbarengan dengan aqiqah.
    • Faedah dari mencukur rambut bayi tersebut adalah untuk menghilangkan kotoran. Dengan hal tersebut kita membuang rambut yang jelek/lemah dengan rambut yang kuat dan lebih bermanfaat bagi kepala dan lebih meringankan untuk si bayi. Dan hal tersebut berguna untuk membuka lubang pori-pori yang ada di kepala supaya gelombang panas bisa keluar melaluinya dengan mudah dimana hal tersebut sangat bermanfaat untuk menguatkan indera penglihatan, penciuman dan pendengaran si bayi
      Rambut yang telah dipotong tersebut ditimbang dan kita disunahkan untuk bersedekah dengan perak sesuai dengan berat timbangan rambut bayi tersebut.
    • Mengenai pelaksanaan pemberian nama bayi, kita bisa mengundang para tetangga dalam syukuran aqiqahan ini atau membagi-bagikan daging aqiqah kepada mereka. Dengan sendirinya ini juga merupakan proses memperkenalkan jabang bayi yang baru lahir kepada tetangga.

    [Aqiqah]
    http://dida.vbaitullah.or.id/islam/buku/aqiqah/aqiqah.html#toc3

    • Aqiqah ialah “Menyembelih hewan pada hari ketujuhnya dan mencukur rambutnya”. Selanjutnya Ibnu Qayyim berkata: “Dari penjelasan ini jelaslah bahwa aqiqah itu disebut demikian karena mengandung dua unsur diatas dan ini lebih utama.”
    • Setidaknya terdapat 6 (enam) Dalil-dalil Syar’i Tentang Aqiqah.
    • Telah lewat beberapa hadist yang menerangkan keharusan menyembelih dua ekor kambing untuk laki-laki dan satu ekor kambing untuk perempuan. Ini menandakan keharusan untuk aqiqah dengan kambing. Hadist-hadist yang mendukung pendapat dibolehkannya aqiqah dengan selain kambing adalah hadist yang talif saqith alias dha’if.
    • Kambing aqiqah tidak disyaratkan harus mencapai umur tertentu atau harus tidak cacat sebagaimana kambing Idul Adha, meskipun yang lebih utama adalah yang tidak cacat.
    • Mengusap Darah Sembelihan Aqiqah di Atas Kepala Bayi Merupakan Perbuatan Bid’ah dan Jahiliyah.
    • Boleh menghancurkan tulangnya (daging sembelihan aqiqah).
    • Memasak daging aqiqah termasuk sunnah. Yang demikian itu, karena jika dagingnya sudah dimasak maka orang-orang miskin dan tetangga (yang mendapat bagian) tidak merasa repot lagi.
    • Aqiqah merupakan salah satu bentuk ibadah (taqarrub) kepada Allah Ta’ala. Barangsiapa menjual daging sembelihannya sedikit saja maka pada hakekatnya sama saja tidak melaksanakannya.
    • Orang yang aqiqah boleh memakan, bersedekah, memberi makan, dan menghadiahkan daging sembelihannya, tetapi yang lebih utama jika semua diamalkan.
    • Tidak sah menggabungkan niat aqiqah dengan kurban, kedua-duanya harus dikerjakan. Sebab aqiqah dan adhiyah (kurban) adalah bentuk ibadah yang tidak sama jika ditinjau dari segi bentuknya dan tidak ada dalil yang menjelaskan sahnya mengerjakan salah satunya dengan niat dua amalan sekaligus.
    • Tidak sah aqiqah seseorang yang bersedekah dengan harga daging sembelihannya sekalipun lebih banyak.
    • Jadi saat undangan pada berkumpul di acara aqiqahan, membuat suatu acara yang berisi ceramah, rangkaian do’a-do’a, dan bentuk-bentuk seperti ibadah lainnya, yang mereka meyakini bahwa semuanya termasuk dari amalan yang baik, padahal tidak lain hal itu adalah bid’ah.

    [Syariat ‘Aqiqah]
    http://www.pesantrenvirtual.com/index.php?option=com_content&task=view&id=953&Itemid=1

    • Jika seseorang berkemampuan untuk menyembelih 2 ekor kambing bagi ‘Aqiqah anak laki-lakinya, maka sebaiknya ia melakukannya, namun jika tidak mampu maka 1 ekor kambing untuk ‘Aqiqah anak laki-lakinya juga diperbolehkan dan mendapat pahala.
    • Mengenai kapan ‘Aqiqah dilaksanakan, Rasulullah saw bersabda, “Seorang anak tertahan hingga ia di-‘Aqiqah-i, (yaitu) yang disembelih pada hari ketujuh dari kelahirannya dan diberi nama pada waktu itu’?. Hadits ini menerangkan kepada kita bahwa ‘Aqiqah mendapatkan kesunnahan jika disembelih pada hari ketujuh. Sayyidah Aisyah ra dan Imam Ahmad berpendapat bahwa ‘Aqiqah bisa disembelih pada hari ketujuh, atau hari keempat belas ataupun hari keduapuluh satu. Sedangkan Imam Malik berpendapat bahwa sembelihan ‘Aqiqah pada hari ketujuh hanya sekedar sunnah, jika ‘Aqiqah disembelih pada hari keempat, atau kedelapan ataupun kesepuluh ataupun sesudahnya maka hal itu dibolehkan.
    • Ada perbedaan lain antara ‘Aqiqah dengan Qurban, kalau daging Qurban dibagi-bagikan dalam keadaan mentah, sedangkan ‘Aqiqah dibagi-bagikan dalam keadaan matang.

    [Pembagian Jenis Syahid]
    http://www.arrahmah.info/blog/pembagian-jenis-syahid/

    • Syahid ialah orang yang meninggal, tetapi jenazahnya tidak dimandikan dan tidak disholatkan: Ini disebabkan karena terbunuh ketika memerangi kafir, baik terbunuh oleh kafir, atau terkena senjata nyasar kaum muslimin, atau bahkan terkena senjatanya sendiri, atau terjatuh dari kendaraannya, atau disengat binatang berbisa lalu mati, atau tergilas kendaraan perang kaum Muslimin atau selainnya, atau terkena senjata nyasar yang tidak diketahui apakah itu senjata Muslim atau senjata kafir, atau orang yang didapati terbunuh seusai peperangan dan tidak diketahui sebab kematiannya, baik pada tubuhnya terdapat darah atau tidak, baik kematiannya saat itu atau setelah itu, kemudian meninggal dengan sebab-sebab tersebut sebelum pertempuran usai.
    • Adapun pengertian syahid secara umum, orang yang disebut sebagai syahid ialah mereka yang hilang nyawanya demi meninggikan (memperjuangkan) kalimat Allah.
    • Diantara pengertian ‘syahid’ yang lebih kuat menurut Abu Ibrahim Al-Mishri ialah: “Karena dia memiliki saksi (syahid) atas kematiannya. Saksi itu adalah darahnya sendiri, karena di hari kiamat nanti ia akan dibangkitkan oleh Allah dengan lukanya yang mengalirkan darah”.
    • Syuhada, terbagi kedalam Tiga jenis: Syahid dunia dan akhirat, yaitu yang terbunuh ketika berperang melawan kafir, dan syahid akhirat , hukum dunia terhadapnya tidak diperlakukan sebagaimana layaknya orang yang terbunuh di jalan Alah, mereka inilah yang dimaksudkan syahid (secara umum) dalam hadits ini, dan syahid dunia, yaitu orang yang berperang karena mencari ghanimah dan berpaling dari peperangan.
    • Syahid dunia akhirat adalah orang yang terbunuh ketika berperang di jalan Allah dengan niat yang ikhlas, tidak ada unsure riya, tidak juga berbuat ghulul (mencuri harta rampasan perang). Jenis inilah yang merupakan syahid yang sempurna dan syahid yang paling utama, baginya pahala dari sisi Allah Yang Maha Agung.
    • Syahid Dunia (saja), yaitu orang yang terbunuh ketika dia berperang, tetapi dia tidak ikhlas karena Allah, bukan demi menegakkan kalimat Allah (Islam). Soal niatnya, manusia selain dirinya tidak ada yang tahu. Akan tetapi ketika jasadnya ditemukan terbunuh ketika berperang melawan kafir, maka ia dihukumi sebagai syahid.
    • Syahid akhirat (saja), yaitu orang-orang yang mati karena tenggelam atau terbakar dan semisalnya, sebagaimana terdapat dalam hadits-hadits Nabi. Orang yang termasuk kategori ini dimandikan, dikafani juga disholatkan.
    Aqiqah – Rakhy Sya… .doc
    share file Dolar$
    Iklan
    Ditulis dalam Family. Tag: , , . 63 Comments »

    63 Tanggapan to “Aqiqah – Rakhy Syahidan Farid”

    1. hanggadamai Says:

      semoga menjadi anak yg soleh..amiennn

      ::oRiDo::
      amin..
      makasih..

    2. insansains Says:

      ^_^ Subhanallah..! Mudah-mudahan menjadi anak yang didamba orang tuanya (terutama didamba Surga), sebagaimana nama yang diberikan!

      ::oRiDo::
      amin..
      makasih..
      🙂

    3. presty larasati Says:

      wahhh….
      ponakan baru lahirr….

      fariidd…
      *manggil ponakan baru sok akrab… 😛 *

      subhanallah..
      nama adalah sebuah doa harapan orang tua..
      moga barrakah….
      😀

      ::oRiDo::
      amin..
      makasih atas doa nya yah..
      🙂

    4. F@tM@ Says:

      Subhannal nama yang indah. Nama adalah salah satu doa dan harapan dari orang tua. Semoga kelak menjadi anak yg sholeh.
      Invite my new blog at http://www.fatmawiyah.web.id

      ::oRiDo::
      amin..
      makasih yah..
      insyaAllah aku link web nya..
      🙂

    5. achoey sang khilaf Says:

      Subhanallah
      Selamat ya!
      Jadi bersemangat nih 🙂

      ::oRiDo::
      makasih..
      ayo semangeetttt..
      😉

    6. arifrahmanlubis Says:

      Alhamdulillah

      semoga jadi bintang kebanggan ummat Muhammad

      doakan saya kang biar cepat menyusul antum.

      ::oRiDo::
      amin.. amin..
      makasih doa nya..

      yups.. semoga antum bisa segera menyusul..
      🙂

    7. trian Says:

      barakallah,

      semoga menjadi anak sesuai dengan harapan orang tua nya, amin..
      btw, Majid gimana terhadap adiknya? :p

      ::oRiDo::
      amin..
      makasih..
      abang Majid seneng kok ama dedek Farid..
      seneng abang Majid sayang2 dedek Farid tuh.. cuman, mesti dijagain juga, abis, bisa tiba2 abang Majid nimpuk dedek Farid.. udh langsung ngajak maen kali tuh abang Majid..

    8. ghaniarasyid Says:

      Assalamu’alaikum.

      Wah, namanya punya do’a yang luar biasa.
      Jadi inget kenapa dulu ayahku ngasih aku nama Ghani Arasyid.
      Waktu kutanya ke ayah, dia bilang malah udah dua kali meng-aqiqahi aku… hehehe.
      Begitu sayangnya beliau, mungkin karena aku anak tunggal.

      Luar biasa postingannya…
      Semoga akhi Farid menjadi anak yang saleh, berbakti pada agama dan orang tuanya.

      ::oRiDo::
      wa’alaikum salam wr.wb.

      alhamdulillah..
      makasih..
      🙂

    9. nurma Says:

      Selamat..selamat..ustadz! smoga do’anya dikabulkan!
      bienvenue little baby 🙂 barokallahu fik!

      ::oRiDo::
      makasih.. 🙂

      btw..
      aku bukan ustadz..
      aku cuma hamba Allah swt yang sedang belajar..
      mari sama2 belajar dan beramal..
      🙂

    10. oden seorang TM Says:

      Kok aku gak diundang ya ? hehehehe….

      ::oRiDo::
      diutamakan tetangga sekitar aja Den..
      kapan saja ente dateng ke rumah, insyaAllah diterima dengan lapang dada kok..
      😉

    11. kaudanaku Says:

      selamat ya pak ustadz…..semoga menjadi anak yang sholeh….amiin. salam kenal buat istri.

      ::oRiDo::
      makasih…
      amin..
      insyaAllah saya sampaikan…

      btw,
      aku bukan ustadz yah..
      aku cuma hamba Allah swt yang sedang belajar..
      mari sama2 belajar dan beramal..
      😉

    12. natazya Says:

      AMIN… AMIN…

      selamat! selamat!

      ah… jadi ingin ikutan mengakikahkan anak :p

      ::oRiDo::
      makasih.. makasih..

    13. desmeli Says:

      Selamat ya pak Ustadz..semoga Rakhy Syahidan Farid menjadi seperti yang diharapkan orangtuanga 😀

      ::oRiDo::
      amin..
      makasih..

      btw..
      aku bukan ustadz..
      aku cuma sharing yang aku dapatkan aja..
      aku juga masih belajar..
      mari sama2 belajar dan beramal..
      😉

    14. achoey sang khilaf Says:

      Pak Ustadz
      sekali lagi ane ucapin selamat ya!

      ::oRiDo::
      makasih yah..

      btw..
      aku bukan ustadz..
      aku cuma sharing yang aku dapatkan, utk sama2 saling mengkaji..
      mari sama2 belajar dan beramal..

    15. djunaedird Says:

      Semoga dengan aqiqah ini, bisa membimbing sang penerus generasi ini menjadi manusia yang berguna…… 😛

      ::oRiDo::
      amin.. amin..
      🙂

    16. blogsabrina Says:

      asw.pak uztadz,,
      smoga babynya menjadi muslim yang perkasa. . .
      pak..komentarin tulisan na dong..
      tulisan “kenapa kita harus belajar”..
      masalahnya na suka tiba2 males belajaar. .
      komentarin supaya na bisa ikhlas belajar hanya karena Allah.
      ya yaya..?

      ::oRiDo::
      wa’alaikum salam wr.wb.
      amin.. makasih..
      udh oRiD komentari tuh..
      😉

      ps: oRiD bukan ustadz.. cuma orang yg lagi belajar..

    17. lenijuwita Says:

      Blognya penuh maqna, selamat atas kelahiran putra kedua, semoga menjadi anak y shaleh dan berbakti pada kedua orang tua, Amien

      ::oRiD::
      alhamdulillah..
      amin..
      makasih..
      🙂

    18. tc Says:

      hmmm namanya bagus.. smoga insya Allah menjadi doa yang baik
      🙂
      salam kenal ya pak…

      ::oRiDo::
      alhamdulillah…
      amin..
      salam kenal juga..

    19. mutiatun Says:

      nama yang bagus. itu sebagai sebuah doa orang tua pada anaknya

      ::oRiDo::
      makasih..
      🙂

    20. ILYAS AFSOH Says:

      indah sekali hidup ini,

      semoga dia bisa menjadi Pribadi Yang Bisa menenangkan mata dari Orang tuanya.

      ::oRiDo::
      amin..
      makasih…

    21. chandra61 Says:

      Subhanallah, semoga FARID senjadi anak yang sholeh, dan dapat menyayang kedua orang tuanya selama-lamanya……
      Ane dapat merasakan kebanggan sang ayah dan bundanya….. senang banget pastinya.
      dan nama yang sangat cantik.

      ::oRiDo::
      makasih..
      🙂

    22. langitjiwa Says:

      selamat yah,kang
      doaku agar menjadi anak yg saleh dan berbakti kepada kedua orang tua.
      salamku

      ::oRiDo::
      makasih kang Andra..
      makasih buat doa nya..
      🙂

    23. realylife Says:

      semoga jadi anak soleh
      amin

      ::oRiDo::
      amin..
      makasih..
      🙂

    24. masmoemet Says:

      adeknya imut 🙂

      ::oRiDo::
      iya…
      *mudah2an gak lupa ama istri dan abang Majid :D*

    25. isdiyanto Says:

      torehkan selalu tinta yang manis di hati yang masih putih dan bersih…

      ::oRiDo::
      mantep nih untaian kata2nya..
      🙂

    26. indra kh Says:

      Alhamdulillah, semoga menjadi pejuang di jalan Allah. Aamiin

      ::oRiDo::
      amin..
      makasih..
      🙂

    27. syahrizal pulungan Says:

      subhanallah…semoga menjadi anak yang soleh…amiin ya robbal alamin

      ::oRiDo::
      amin..
      amin..
      makasih..
      🙂

    28. gajahkurus Says:

      Selamat Ustadz, putra ke dua ya? Alhamdulillah nama yang bagus sekali.
      Salam kenal 🙂

      ::oRiDo::
      yups.. putra ke dua..
      makasih..
      slaam kenal juga..

    29. Zul ... Says:

      Mahabesar Allah yang telah menjadikan manusia dari setetes air hina dan mewujudkannya menjadi sesempurna makhluk.

      Selamat!
      Allah telah memilih Anda sebagai wakilnya di muka bumi untuk memelihara amanahnya yang luar biasa ini.

      Tabik!

      ::oRiDo::
      alhamdulillah..
      makasih..
      jzklh..

    30. alex Says:

      Wuiihh… udah punya anak dua ya?

      Bersyukurlah, Allah ngasih kepercayaan buat menjaga amanah berharga. Saya sih belum punya anak, tapi tetap pengen, Insya Allah 😛

      Mudah-mudahan panjang umurnya, baik penghidupannya dan teguh imannya. Amin 🙂

      ::oRiDo::
      amin..
      makasih..
      mudah2an segera dapat anak..
      😉

    31. uwes Says:

      Selamat ya… mohon maaf waktu itu saya gak bisa hadir dalam aqiqah Ananda Farid. “Farid” mengingatkan saya pada Ayahanda yang sudah berpulang setahun lalu. Namanya sama. Semoga menjadi anak yang soleh ….

      ::oRiDo::
      makasih utk doa nya pak..
      🙂

    32. JoEy D`JuVe Says:

      Info nya makasih… ijin Co PAs… bentar lagi InsyaAllah Nyusul…

      ::oRiDo::
      alhamdulillah..
      silahkan..silahkan..
      mudah2an lancar yah..

    33. yanti Says:

      Bismillahirrahmanirrahiim
      U’iidzuka bi kalimaatillaahit taammati min kulii syaithoonin wa haammah
      Wa min kulli ‘ainin laammah
      Amin

      Saya berlindung kepadamu dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dan dari seluruh macam godaan syaitan dan binatang yang berbisa
      Dan dari sorotan mata tajam yang berakibat buruk.

      (Doa Nabi Muhammad saw ketika Fatimah binti Rasullullah saw melahirkan Husain bin Ali)

      ::oRiDo::
      amin…
      jazakallah Bu..
      🙂

    34. anisa Says:

      subhanallah, namanya indah sekali. Mudah2an kelak hatinya sejernih dan seindah namanya.
      turut berbahagia dgn lahirnya mujahid kecil, berarti sudah 2 jagoan kecil nih di rumah. Uminya jadi yang tercantik nih…. Syukur juga sudah aqiqah.
      Anak saya yg kecil belum diakekahin pak, disini gak ada kambing peliharaan… adanya di bonbin. insyaallah entar lebaran pulkam dan aqiqahan. Mudah2an ALLAH mengijinkan.

      ::oRiDo::
      alhamdulillah..
      amin.. amin..
      makasih Bu Anisa..

      wah ribet juga yah, masa’ mo aqiqah mesti pesen ke bonbin yah..
      heheheh.. 😀
      aqiqah itu sunnah mu’akad Bu..
      itu pun dilakukan pada hari ke 7, 14, 21 saja..
      kalo pada hari2 tersebut tidak bisa, ya sudah gak apa2..

    35. Hasan Seru Says:

      alhamduliiah… aku mau punya keponakan

      ::oRiDo::
      Nak.. kenalkan ini Om Hasan.. 😀

    36. ghaniarasyid Says:

      akh oRiDo.

      Ane tunggu postingan selanjutnya.
      Sudah 11 hari berlalu lho 😀

      Barakallahu fiikum…

      ::oRiDo::
      iya nih..
      lg ngumpul2in bahan, insyaAllah dalam minggu ini..
      jzklh..
      🙂

    37. Alex Abdillah Says:

      Ass.

      Alhamdulillah…..Moga doa dari namanya terkabul ya mas rido.

      ::oRiDo::
      wa’alaikum salam wr.wb.
      amin..
      makasih..
      🙂

    38. na Says:

      nama adalah doa ya mas semoga doanya dikabulkan Allah
      dan semoga dd farid bisa menjadi cahaya keluarga
      btw, makasih sudah berkunjung
      di orangbiasa bisa adsense kok, coba saja 🙂

    39. Rahmawati Says:

      guanteng yah 😀
      pengen punya satu.
      Ayo, mana amin-nya 😀

      ::oRiDo::
      alhamdulillah…
      nurun dari ayah nya tuh… heheheh…

      amin.. amin..
      🙂

    40. nexlaip Says:

      Ya Allah golongkan hamba termasuk golongan yang syahid seperti para shahabat RA ataupun yang golongan yang engkau ridhoi yang akan kau masukkan dalam syurgamu

      ::oRiDo::
      amin.. amin..
      jzklh..

    41. kidungjingga Says:

      udah lama ga maen2 kesini, ternyata udah lahir ya mas anaknya…
      selamat ya mas… semoga menjadi anak yang sholeh
      (tongseng masi ada??? hehe… telat! telat!!)

      ::oRiDo::
      sama.. oRiD juga udh lama gak maen2 kesana..
      hehehhe..
      alhamdulillah,
      amin.. makasih yah..
      ntar deh di kirim komentar tongseng nya..
      😀

    42. Malinda Says:

      wahhhh,,,, lurtunaaa….
      subhanallah ya ^__^

      ::oRiDo::
      alhamdulillah..
      🙂

    43. noki Says:

      noki juga dapat keponakan baru, tp ga tau namanya cos nanti malam br aqiqah.
      selamat ya moga2 anak ya juga ikut dalam negara blogging

      ::oRiDo::
      selamat juga yah buat ponakannya..
      mana cerita ttg nama+cerita aqiqah nya?
      🙂

    44. hafidzi Says:

      sEmoga menjadi anak yang terbaik dan beguna…:D

      ::oRiDo::
      amin..
      makasih yah..
      🙂

    45. rhainy Says:

      semoga diberkahi Allah SWT, dijadikan anak yang sholeh,amin.
      selamat ya mas orid….

      ::oRiDo::
      amin..
      amin..

    46. petak Says:

      Selamat ni om,
      anaknya imut semoga nanti menjadi anak sholeh seperti yang diharapkan orang tua,,
      Amieen,,,

      ::oRiDo::
      amin..
      makasih..

    47. Nastanesha Says:

      Wah, nama anaknya bagus, Ustadz.

      ::oRiDo::
      alhamdulillah..
      makasih..

    48. rusmawan Says:

      wew, selamat euy, meni ga beja-beja..
      heheh soalnya udah lama juga ga liat hotd
      heueu
      wilujeng lah

      ::oRiDo::
      nteu beja2 kumaha.. pan ku urang nggeus di inform via Y!M atuh..
      🙂

    49. puspa,, Says:

      Hehehe.. Selamat yak pak.. Semoga anaknya jd muslim yg keren! Top markotop, dah.. Ngeheheh..

      ::oRiDo::
      amin..
      makasih..

    50. chic Says:

      duuuh.. senengnya.. selamat yaaaa…
      bulan depan giliran saya nih aqiqah.. hehehehehe
      boleh tau kemaren kambingnya beli dimana?

      ::oRiDo::
      alhamdulillah..
      makasih..
      bulan depan yah? mudah2an lancar deh..

      kambing pesen di yayasan penyedia kambing utk aqiqah aja, biar gak ribet..
      emang nya mba Chi sama2 tinggal di daerah tangerang?
      Yayasan nya deket UIN tuh..

    51. ikyul Says:

      nama yang indah k:)

      ::oRiDo::
      alhamdulillah..
      makasih..
      🙂

    52. LoveAlloh_atik Says:

      Assalamu’alaikum

      subhanallah….

      amanah…
      sekaligus jalan menuju surga bagi para ibunda dan ayahanda tercinta dari adek “FARID”

      semoga dek “FARID” jadi anak yang sholeh….

      barakallahu fiikum…

      wassalamu’alaikum

      ::oRiDo::
      wa’alaikum salam wr.wb.
      amin..
      makasih utk doa nya..
      🙂

    53. mustafa Says:

      wassalam……….

      aq mo nany nie..

      gmn sie cara sunting (quote) komentar di wordpress…

      balas di blogku ya….

      ::oRiDo::
      wa’alaikum salam wr.wb.
      tinggal masuk ke page nya Komentar (edit comment) aja, trus klik nama nya..
      😉
      *udh aku tulis di blog nya tuh..*
      🙂

    54. ahsinmuslim Says:

      wah mesti belajar banyak pada pak orido nich,
      blognya semakin menarik dan berbobot.

      mesti dah telat, he..he..
      mau ngucap selamat atas bertambahnya anggota keluarga. moga dik rakhynya menjadi anak yang sholih dan berbakti pada orang tua, serta berguna bagi bangsa dan agama. amin

      ::oRiDo::
      alhamdulillah…
      🙂
      yuk sama2 belajar dan beramal..

      makasih utk ucapannya..

    55. uwiuw Says:

      makna namanya kuat sekali…semoga jadi doa yg terwujud 🙂

      ::oRiDo::
      amin..
      makasih..
      🙂

    56. Ihwan Says:

      Waduh lutuna anak ini … 😀

      ::oRiDo::
      alhamdulillah..
      🙂

    57. yakhanu Says:

      selamat pak
      meski agak telat…
      baby nya lucu….heehehe…

      ::oRiDo::
      makasih..
      ya klo bilang gitu sih gak telat..
      lha wong lucu nya gak ilang2..
      heheheh..
      🙂

    58. anas Says:

      Sekarang dah bisa apa nis pak si Faridnya, boleh ikutan nggendong nggak neh. Semoga orangnya bisa menjadi seperti do’a dalam kandungan namanya ya . Amin.

      ::oRiDo::
      umur 2bln sih cuma baru bisa ngenen, tidur, eok…
      tapi bbrp hari ini Farid udh bisa di ajak ngobrol tuh..
      jawaban Farid pas diajak ngobrol.. ya cuma “eeeh..” doang.. sambil senyum..
      lucu euy..
      🙂

      amin.. amin..
      makasih utk doa nya..

    59. Bumi & Langit Says:

      euleuhhhhhh aya nu kasep geuning
      ehm ehm bungah kacidanya kang, mugia janteun murangkalih nu soleh tur bakti mulang tarima.

      hapunteun yeuh, parantos lami teu muter2 atuh da hehe

      sumuhun kang, liezmaya.web.id, ngariung.com, bumi-langit.com kagungan simkuring hehe
      salam w ach ka ci tetehna, mugia sarehat, amin.
      wilujeung majeungan sasih romadon.

      ::oRiDo™::
      hatur nuhun teh kanggo do’a na..
      insyaAllah salam na disampaikeun..
      🙂

    60. masenchipz Says:

      lucu euy…

      :: oRiDo™ ::
      alhamdulillah..
      hatur nuhun kang..
      🙂

    61. bukanlelakipilihan Says:

      Jangan perbesar perbedaan, Mari kita perkuat ukhuwah islamiyah…lha kok banyak orang islam bikin partai yah..?kepriben kadiyek…? begitukah tuntunan Rasulullah?

      :: oRiDo™ ::
      walo mo gmn juga, perbedaan itu pasti ada…
      ada yang bilang bahwa perbedaan adalah berkah…
      selama perbedaan itu berpegang pada dasar yang sama (yaitu Al-Qur’an dan Hadist).. maka tidak lah menjadi hal yang salah…

    62. Alhamdulillah… selamat datang Nak.. :) « oRiDo™ On wORds Says:

      […] Majid.. aBang Farid.. jagain dede bayi nya […]

    63. KHAIRY ARKAN ZAID™ | خٍَيْر أَرْكَان زَيْد « oRiDo™ On wORds Says:

      […] aqiqah nya kemarin sudah berjalan sesuai dengan harapan, walaupun diawal-awal setelah lahiran hingga […]


    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: