[DOA] tatkala mengalami kesedihan

Bagi mereka berita gembira di dalam kehidupan di dunia dan (dalam kehidupan} di akhirat. Tidak ada perobahan bagi kalimat-kalimat (janji-janji) Allah. Yang demikian itu adalah kemenangan yang besar. Janganlah kamu sedih oleh perkataan mereka. Sesungguhnya kekuasaan itu seluruhnya adalah kepunyaan Allah. Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. [QS. Yunus, 10 : 64-65]

Doa dan Adab Tatkala Mengalami Kesedihan yang Mendalam
Kesedihan biasanya timbul karena beberapa faktor :
1. Kurangnya iman dan tawakkal kepada Allah
2. Usaha yang tidak atau belum berhasil
3. Kehilangan sesuatu yang amat dicintainya
4. Cita-cita yang tidak kesampaian
5. Banyaknya hutang yang sulit dibayar
6. Banyaknya tanggungan keluarga yang amat membebani dirinya
7. Terbelenggu orang lain
8. Ketinggalan dalam beramal saleh
9. Kesempatan yang telah disia-siakan
10. Merasa jauh dari Allah, dll.

Bagi orang beriman yang tawakkal, kesedihan tidak boleh berkelanjutan. Karena orang beriman yakin bahwa segala apa yang dimiliki manusia pada hakekatnya hanya titipan sementara dari Allah, yang suatu saat pasti akan dicabut kembali.
Ketika kita mengalami kesedihan yang mendalam dan berkepanjangan, Nabi SAW menganjurkan untuk membaca doa-doa di bawah ini :

Jika kita merasa susah dan sedih, Nabi menganjurkan membaca doa:


لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ الْعَظِيمُ الْحَلِيمُ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ
رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَرَبُّ الْأَرْضِ وَرَبُّ الْعَرْشِ الْكَرِيمِ

Laa ilaha ilallaahul ’azhiimul haliimu laa ilaaha ilallahu rabuul ’arsyil ’azhiim, laa ilaaha ilallaahu rabbussamaa waati wa rabbul ardhi wa rabbal arsyil kariim

“Tiada tuhan melinkan Allah Yang Maha Besar lagi Maha penyantun. Tiada tuhan melainkan Allah Pengatur ‘Arsy Besar. Tiada tuhan melainkan Allah Pengatur langit, Pengatur bumi dan Pengatur ‘Arasy mulia.” (H.R. Bukhari-Muslim)

Jika kita sedang menghadapi urusan penting, Nabi menganjurkan untuk membaca


يا حي يا قيـوم برحمتك أستغيث

Yaa hayyu yaa qayyuum. Birahmatika Astaghist

“Ya Allah yang Maha Hidup, Ya Allah yang Maha Mengatur. Kumohon pertolongan dengan rahmat-Mu” (H.R. Tirmidzi)


لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Laa ilaha illa anta. Subhanaka innii kuntum minazhaalimiin

“Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim.”(Q.S.Al-Anbiya : 87)


اللهم إني عبدك ابن عبدك ابن أمتك ناصيتي بيدك ماض في حكمك عدل في قضاؤك أسألك بكل اسم هو لك سميت به نفسك , أو أنزلته في كتابك, أو علمته أحدا من حلقك, أو استأثرت به في علم الغيب عندك أن تجعل القرأن ربيع قلبي ونور صدري وجلاء حزني وذهب همي

“Ya Allah, aku ini adalah hamba-Mu, putera dari hamba-Mu, selanjutnya putera dari umat-Mu. Ubun-ubunku berada dalam genggaman-Mu, menerima segala putusan-Mu, dan memandang adil apa juga hukum-Mu. Aku mohon denganasma apa juga yang Engkau sebutkan terhadap diri-Mu, atau Engkau turunkan pada kitab-Mu, atau pernah Engkau ajarkan kepada salah seorang di antara makhluk-Mu, atau Engkau simpan dalam perbendaharaan ghaib dari ilmu-Mu, agar Al-quran itu Engkau jadikan kembang hatiku, cahaya dadaku, pelenyap duka dan penghilang susahku.” (H.R. Ahmad dan Ibnu Hibban)

Adab Agar terhindar dari Kesedihan

1. Meluruskan kembali keyakinan bahwa Allah-lah pengatur segala ciptaan-Nya
2. Kita yakini bahwa Allah pasti memberikan yang terbaik bagi hamba-Nya
3. Kita yakini bahwa segala ujian pasti untuk meningkatkan keimanan, menghapus dosa, meninggikan derajat, dan mendekatkan hamba-Nya ke sisi-Nya.
4. Kita yakini bahwa setiap orang sudah diqadar rezkinya, ada yang diluaskan dan ada yang disempitkan
5. Keluasan dan kesempitan rezki di dunia bukan ukuran kemuliaan seseorang di hadapan Allah
6. Setiap jatah rezki seseorang pasti akan diberikan oleh Allah sebelum orang itu dicabut nyawanya, oleh karena itu tidak boleh berikhtiar dengan terlalu memaksakan diri dan usaha yang tidak halal. Sabda Nabi SAW :


إن روح القدوس نفث في روعي أنه لن تموت نفس حتى تستكمل رزقها و أجلها
فاتقوا الله و أجملوا فى الطلب

“Sesungguhnya malaikat Jibril berbisik dalam hatiku, bahwa seseorang tidak akan mati sehingga ia menyelesaikan (jatah) rezki dan ajalnya. Karena itu bertakwalah kepada Allah dan baik-baiklah dalam berusaha mencarinya.” (H.R. Ibnu Hibban)

7. Bagi orang beriman, ketenteraman hati hanya ada pada dzikir kepada Allah. Maka tiada yang dicari selain mendekatkan diri kepada Allah
8. Bagi orang beriman, menderita dalam ketaatan adalah sebuah kenikmatan hidup.
9. Mendawamkan shalat malam, shalat hajat dan shaum sunnat
10. Mendawamkan doa-doa di atas setiap saat, terutama ba’da shalat fardhu, shalat tahajjud dan shalat hajat, sebagaimana janji Allah melalui Rasul-Nya, Allah akan menghilangkan kesedihan dan menyelesaikan segala urusan.
11. Jika kesedihan itu karena hutang-hutang yang susah terbayarkan, maka Nabi mengajarkan doa berikut:


اللهم اكفني بحلالك عن حرامك وأغنني بفضلك عمن سواك

“Ya Allah, cukupilah kebutuhanku dengan yang halal dengan menghindarkan yang haram, dan jadikanlah daku berkecukupan demi kemurahan-Mu daripada selain-Mu” (H.R. Tirmidzy)


اللهم إني أعوذبك من الهم والحزن, و أعوذبك من العجز والكسل,
وأعوذبك من الجبن والبخل وأعوذبك من غلبة الدين وقهر الرجال

Allahumma inni a’uudzubika minal hammi wal hazan, wa a’uudzubika minal ‘ajiz wal kasali, wa a’uudzubika minal jubni wal bukhli wa a’uudzubika min ghalabatid dayni wa qahrir rajali

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari rasa susah dan duka, dan aku berlindung kepada-Mu dari sifat lemah dan malas, dan aku berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut dan kikir, serta aku berlindung kepada-Mu dari hutang yang tak terbayar dan dari belenggu orang lain.” (H.R. Abu Umamah dan Abu Sa’id)

Links:
[Rahsia dibalik doa kesedihan]
http://buikid-online.blogs.friendster.com/buikid_online/2005/07/rahsia_dibalik_.html

  • Rasulullah SAW. telah mengajar umatnya supaya berdoa dan memohon kepada Allah apabila mereka sedang ditimpa oleh kesedihan. Sesuatu kesedihan lazimnya adalah timbul setelah seseorang ditimpa suatu musibah.
  • Imam Ibnu Katsir menafsirkan surat At Taghaabun ayat 11 Barangsiapa yang ditimpa suatu musibah, lalu dia menyedari bahawa musibah tersebut adalah qadha dan qadar Allah, oleh itu dia dapat sabar menghadapinya dan reda menerimanya, niscaya Allah akan memberi hidayah (petunjuk) kepada hatinya dan mengganti apa yang luput itu dengan hidayah kepada hatinya serta keyakinan yang benar. Malahan terkadang gantian dari Allah itu lebih baik daripada apa yang luput. (Tafsir Al Quran Al ‘Azim 4/375).
  • Imam Ibnul Qayyim berkata: “Hendaknya kita menyedari bahawa musibah yang menimpa kita bukanlah untuk memusnahkan kita, sesungguhnya kehadiran musibah tersebut hanyalah untuk menguji sampai dimana kesabaran kita, dengan demikian barulah jelas apakah kita layak menjadi WALI ALLAH ataupun tidak”.
  • Allah berfirman dalam surah Fathi Maksudnya: Apa saja yang Allah anugerahkan kepada manusia berupa rahmat, maka tidak ada seorangpun yang dapat menahannya; dan apa saja yang ditahan oleh Allah maka tidak seorangpun yang sanggup untuk melepaskannya sesudah itu. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

[dOa untuk kesedihan yang mendalam]
http://asyarief.wordpress.com/2007/11/08/doa-untuk-kesedihan-yang-mendalam/

[dOa beRi kekuatan hadapi kesukaRan]
http://pkd.14.forumer.com/a/doa-beri-kekuatan-hadapi-kesukaran_post85.html

  • Doa adalah ibadat dan tanda pengabdian diri kepada Allah kerana memohon kepada-Nya membuktikan pengiktirafan bahawa hanya Allah yang Maha Berkuasa memenuhi segala hajat manusia. Amalan berdoa disuruh Allah dalam firman Surah Ghafir, ayat 60.
  • Doa juga boleh menjadi kekuatan seterusnya mendatangkan kemudahan kepada umat Islam untuk berhadapan dengan kesukaran seperti sabda Rasulullah SAW bermaksud: “Doa itu senjata orang mukmin.” Kita digalakkan meminta apa saja kepada Allah dengan bahasa yang mudah, namun perlu menunjukkan kesungguhan melalui usaha mencari ayat doa yang sesuai memenuhi kehendak hajat yang ingin disampaikan kepada-Nya. Sebenarnya kualiti doa itu dipengaruhi kaedah doa, kesungguhan serta keikhlasan orang yang mengucapkannya.
  • Sebaik-baik doa disertakan dengan kesungguhan kita memastikan hajat dipinta dimakbulkan Allah. Doa akan dimustajabkan Allah apabila menepati waktunya, adabnya serta berpandukan kepada munajat nabi, rasul dan golongan solihin.

[selaRik dOa tentang deRita]
http://amuaz.wordpress.com/2007/11/14/selarik-doa-tentang-derita/

  • Nabi Ayyub memaknai sebuah penderitaan. Ia memandang rasa sabar kita seharusnya berbanding lurus dengan rasa syukur kita. Penderitaan yang kita terima, selayaknya diredam dengan betapa besarnya anugerah yang telah kita dapatkan.
  • Viktor Frankl, seorang pakar psikolog humanis, dalam buku Man’s Search For Meaning ¬yang dikarangnya, ia menuliskan, “Jangan biarkan penderitaan memicu munculnya gejala penyakit jiwa, tetapi biarkan ia memicu munculnya pencapaian seseorang.”
  • Pada doalah segala yang tidak mungkin bisa terjadi. Nabi saw. sendiri bersabda, “Takdir tidak ditolak kecuali oleh doa, dan tidak ada yang menambah umur manusia kecuali kebaikan yang dilakukan olehnya….”

[sebuah dOa ketika hampiR putus asa]
http://amuaz.wordpress.com/2007/11/13/halo-dunia/

  • Cerita Nabi Yunus ketika berada di dalam perut ikan paus. Hanya ada satu pekerjaan yang dilakukannya: berzikir dan berdoa kepada Allah agar dilepaskan dari ujian berat itu. Dan Yunus pun berdoa, “La ilaha illa anta. Subhanaka inni kuntu minazhalimin.” meski doa ini milik Yunus, tetapi doa ini juga milik seluruh kaum mukmin. Untuk itu, jika seorang mukmin dalam penderitaan dan kesulitan, kemudian berdoa dengan ini, maka Allah akan mengabulkanya.
  • Sebagai manusia yang imannya acapkali berfluktuasi tak menentu, penulis menghikmati dua poin penting:Pertama, Allah menguji tingkat kesabaran kita –yang seharusnya tak berbatas (soalnya sebagian kita sering komentar ‘kesabaran kan ada batasnya’)– hingga sebuah jawaban yang dijanjikan-Nya itu datang menghampiri kita. Kedua, penderitaan dan duka sejatinya bukan sebuah keputusan yang ditetapkan Allah. Ia bukan datang dari atas sana. Ia ada di dalam diri kita. Ia adalah realitas (kenyataan) subyektif kita.

[stRategi mengatasi kegundahan hati]
http://www.wahdah.or.id/wahdah/index.php?option=com_content&task=view&id=753&Itemid=62

  • Betapa pentingnya posisi hati dalam tubuh manusia, tidak hanya sekedar daging tetapi juga penentu aqidah, penentu budi pekerti dan penentu keputusan terbesar seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadits Arbain Nawawiyah bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pernah bersabda,yang artinya“Mintalah fatwa kepada hatimu sendiri. Kebaikan adalah apa-apa yang menentramkan jiwa dan hati, sedangkan dosa adalah apa-apa yang mengusik jiwa dan meragukan hati, meskipun orang-orang memberi fatwa yang membenarkanmu.” (H.R Imam Ahmad bin Hambal dan Imam Ad-Darani).
  • Kegundahan hati yang disebabkan oleh problematika hidup yang penuh dengan konflik, persoalan dan tantangan bisa menyebabkan hati kehilangan cahaya-Nya dan nurani kebaikan sehingga perlu segera ditemukan terapinya. Olehnya Allah yang Maha Ar-Rahman dan Ar-Rahim telah memberikan solusi-solusi kegundahan hati dengan obat mujarab yaitu Al-Quran Karim.
  • Kenapa Aku Diuji? [QS. Al-Ankabut: 2-3], Kenapa Aku Tidak Mendapatkan Apa Yang Aku Idam-Idamkan? [QS. Al-Baqarah ayat 216], Kenapa Ujian Seberat Ini? [QS. Al-Baqarah ayat 286], Bagaimana Menyikapi Rasa Frustasi? [QS. Al-Imran ayat 139], Sungguh, Aku Tak Dapat Bertahan Lagi…!!!!! [QS. Yusuf ayat 87], Bagaimana Aku Harus Menghadapi Persoalan Hidup ? [QS. Al-Imran ayat 200], Apa Solusinya? [QS. Al-Baqarah ayat 45-46], Siapa Yang Menolong Dan Melindungiku? [QS. Ali Imran: 173], Kepada Siapa Aku Berharap? [QS. At-Taubah ayat 129], Apa Balasan Atau Hikmah Dari Semua Ini? [QS. At-Taubah ayat 111]

[nikmat…begitu banyak yang telah teRlewatkan tanpa mensyukuRinya]
http://eramuslim.com/atk/oim/43db6887.htm

  • Fabiayyi aalaa rabbikumaa tukadzdzibaan? Maka nikmat Tuhan kamu manakah yang engkau dustakan? Pertanyaan retoris ini membuat saya tertunduk malu tiap kali mendengarnya. Betapa tidak! saya sering kali iri dengan nikmat yang ada pada orang lain. Saya memang tidak pernah sampai dalam tahap merasa dengki dan menginginkan agar nikmat orang lain itu hilang. Naudzubillah min Dzalik.. Tapi rasa iri saya membawa saya menjadi orang yang kufur nikmat. Padahal Allah selalu baik kepada saya.

[dusta yang mana lagi… ? ]
http://hikmahislam.blogsome.com/2007/02/07/p7/

  • Dalam Surat ar-Rahman adalah surat ke 55, Allah menggunakan kata “dusta”; bukan kata “ingkari”, “tolak” dan kata sejenisnya. Seakan-akan Allah ingin menunjukkan bahwa ni’mat yang Allah berikan kepada manusia itu tidak bisa diingakri keberadaannya oleh manusia. Yang bisa dilakukan oleh manusia adalah mendustakannya. Dusta berarti menyembunyikan kebenaran.

[tentang nikmat]
http://blog.unisa81.net/2006/09/27/45/

  • Fabiayyi alaa irobbikumaa tukadzzibaan. ”Dan nikmat Tuhan mu yang mana lagi yang dapat engkau dustakan??”, Nikmat Sehat yaa Qowi, Nikmat waktu luang yaa Muhshi, Nikmat masa muda yaa Jalil, Nikmat keindahan yaa Badii’, Nikmat ilmu yaa Aliim, Nikmat rezeki yaa Ghani’, Nikmat mendengar yaa Samii’, Nikmat melihat yaa Bashir, Nikmat iman yaa Allah… ah, kami malu padaMu Allah..

[beRpRilaku baik melalui ucapan, peRbuatan dan segala bentuk al-ma’Ruf]
http://www.almanhaj.or.id/content/1007/slash/0

  • Diantara sarana untuk menghilangkan kegundahan, kesedihan dan kegelisahan adalah : Berprilaku baik kepada orang lain melalui ucapan, perbuatan dan segala bentuk al-ma’ruf (kebajikan). Semua itu adalah kebaikan untuk diri dan tindak kebajikan untuk orang lain.
  • Suatu kebaikan akan menghasilkan kebaikan dan menangkis keburukan. Dan bahwasanya orang mu’min yang hanya berharap pahala Allah akan dianugrahi olehNya pahala yang agung. Termasuk pahala agung itu adalah hilangnya kegundahan, kesedihan, keruwetan hati dan semacamnya.

[satu dOa ketika gelisah meRuyak]
http://amuaz.wordpress.com/2007/11/13/satu-doa-ketika-gelisah-meruyak/

  • Kenestapaan yang umumnya membuat kita larut dalam kecemasan dan kegelisahan yang parah. Saya menyebut kondisi ini dengan kegelisahan negatif
  • Bila seseorang melihat kejadian pahit yang melandanya itu sebagai sebuah berkah, seumpama anugerah tersembunyi yang suatu saat akan menyembul tiba-tiba, maka ialah sosok yang saya sebut sebagai manusia yang memiliki kegelisahan positif.
  • Menurut sufi Hazrat Salahedin Ali Nader Angha, adalah karakter yang senantiasa menganggap peristiwa-peristiwa pahit sebagai sesuatu yang tidak “buruk”, melainkan lebih merupakan pengalaman-pengalaman yang darinya kita bisa belajar untuk lebih dewasa.
  • Kegelisahan positif ini tidak tumbuh menyelubungi jiwa seseorang begitu saja. Ia bukan sesuatu yang taken for granted. Ia hadir ketika keyakinan hati seorang hamba menerbitkan Allah di sisinya. Ia tempatkan Sang Rahman sebagai Sahabat dan Penolong sejatinya seraya terus melafal-lafal hasbunallah wa ni’mal wakil di lidahnya, di hatinya.

[DOA] mOhOn dimudahkan segala uRusan
https://orido.wordpress.com/2007/06/14/doa-mohon-dimudahkan-segala-urusan/

[memang, indah banget… dan itu untukmu.. ]
http://heningsept.blogspot.com/2007/05/memang-indah-banget-dan-itu-untukmu.html

hanya dengan Allah, hatimu akan menjadi tenang [Opick – Kembali Pada Allah]

Share files Dolar$
Iklan

40 Tanggapan to “[DOA] tatkala mengalami kesedihan”

  1. riza Says:

    syukron, dah saya save pak

    ::oRiDo::
    alhamdulillah..
    semoga bermanfaat..
    silahkan disebarkan..

  2. M.H.A Says:

    Semakin banyak amalnya menuju surga

    ::oRiDo::
    amin..
    alhamdulillah…
    apakabar Di??

  3. Nin Says:

    Alhamudillah…
    Saya sedang mencari materi untuk liqo sore ini… Sampe kesini… dapat yang pas… langsung saya copy ya….
    Jazaakumullahu khairan katsiira

    ::oRiDo::
    alhamdulillah…
    🙂

  4. olangbiaca Says:

    Asl…jalan2…wah…banyak ilmu disini…thanks banget mas,,,udah postingan ini….

    oiya salam kenal dari sy

    ::oRiDo::
    alhamdulillah..
    salam kenal juga…
    🙂

  5. olangbiaca Says:

    Asl..oiya thanks mas rido….udah mampir di kemah saya.
    oiya saya link bannernya ya ?

    ::oRiDo::
    oke…
    silahkan aja..

  6. loper Says:

    Dalam berapa hari ini doa bisa terkabul? terus kadar mustajabnya tergantung apa nih? hehehehehe salam kenal.

    ::oRiDo::
    hmmm…
    doa adalah slah satu usaha meminta pada Allah swt agar apa yg kita inginkan dapat di kabulkan..
    kapan dan bagaimana doa tsb di jawab oleh Allah swt, tidak ada yg tahu, hanya Allah swt yg tahu..
    bisa di jawab sesuai dgn yang diminta, bisa juga tidak sesuai dgn yg kita harapkan, dan bisa juga jawabannya dalam waktu yg tidak bisa di definisikan… semua itu otoritas Allah swt..
    yang dapat kita lakukan hanya usaha dan doa..
    dan yakin se yakin2nya kalo semua yg Allah swt berikan adalah memang yg terbaik untuk kita..
    yg penting usaha yg terbaik.. lalu tawakal dgn yg Allah swt berikan.. lalu usaha lagi yg terbaik..

  7. amaliasolicha Says:

    Jazakallah.. jd merasa diingatkan kembali.. 🙂

    sy ijin save filenya pak 🙂

    ::oRiDo::
    alhamdulillah…
    silahkan saja..
    semoga berguna..
    silahkan disebarkan..
    🙂

  8. raddith Says:

    smoga bermanfaat bagi kaum muslimin. infonya bermanfaat bgt

    ::oRiDo::
    amin…
    makasih..

  9. soulhd Says:

    makasih mas udah mau membagi…

    ::oRiDo::
    alhamdulillah…
    makasih juga sudah mampir..
    silahkan berbagi utk temena2 yg lain..
    😉

  10. yossyrahadian Says:

    kembali ke Allah ya mas
    kembali ke iman
    🙂

    ::oRiDo::
    yups..
    ketika dalam kesedihan, kita kembalikan lagi pada Allah swt, berserah diri pada Allah swt..
    insyaAllah..

  11. uwes Says:

    ya. tawakal. bisa ga ya? 🙂

    ::oRiDo::
    yups.. tawakal..
    yg penting niat bener dulu…
    pas implementasi nya ternyata gak bisa, itu laen soal..
    😀

  12. presty larasati Says:

    wah wah… jadi banyak nge-save isi postingan bapak..

    syukron katsira.. 🙂

    ::oRiDo::
    silahkan… silahkan..
    semoga berguna..
    silahkan juga di sebarkan.. gak bakalan kena undang2 HAKi kok…
    heheheh…
    🙂

  13. wiwik widya Says:

    Alhamdulillah… senang bisa nemu postingan ini.
    Jazaakumullahu khairan katsiira.
    Saya copy juga link-nya ya mas.. 😀

    ::oRiDo::
    alhamdulillah…
    silahkan ..
    semoga berguna…
    🙂

  14. fiser Says:

    thank you friend dengan membaca website ini gue jadi sangat sedih karena gue kalau sholat cuma bisa baca yang dengan bahasa gue sendiri (gue pernah baca dan dengar dari ulama2 kalau kita do’a itu lebih baik dengan do’a)

    ::oRiDo™::
    alhamdulillah…
    salah satu ciri seorang muslim adalah selalu memperbaiki diri..
    mari sama2 belajar dan beramal..
    🙂

  15. alhakim Says:

    Berdoa adalah senjata orang islam. 🙂 buat yang lagi bersedih coba baca La Tahzan… insya Allah bisa mengurangi kesedihan…

    :: oRiDo™ ::
    jzklh..
    🙂

  16. HRF Says:

    mohon doanya,hadist dan ayat ada harokatnya biar enak bacanya…………..

    :: oRiDo™ ::
    makasih utk masukannya…
    pengennya juga seperti itu..
    cuma karena keterbatasan sumber dan laennya..
    sementara seperti itu dulu..
    🙂

  17. HRF Says:

    Dalam perjalanan hidup ini seringkali Saya merasa kecewa. Kecewa sekali.
    Sesuatu yang luput dari genggaman, keinginan yang tidak tercapai, kenyataan yang tidak sesuai harapan. Akhirnya angan ini lelah berandai-andai ria.Pffhh.sungguh semua itu tlah hadirkan nelangsa yang begitu menggelora dalam jiwa.
    Bung rido aku mau curhat nih.
    terus terang saat ini merupakan titik nadir bagi saya. saya udah lama cari kerja kurang lebih udah 3 tahun. tapi kenapa kok ngak berhasil juga. kalo di itung-itung udah puluhan kali aku lamar kerja dan ikut tes kesana kemari tapi selalu gagal. bahkan udah wiraswasta jualan pecel lele tapi gagal juga.i try i fail, i try i fail, i try i fail. Akhirnya angan ini lelah berandai-andai ria.
    kalo bung rido bilang do’a saya kurang? . wah saya mah udah ihtiar lahir batin. tahajud udah, dhuha udah, puasa senin kamis udah, doa seperti diatas udah, semua udah saya lakukan. Akhirnya angan ini lelah berandai-andai ria. saya sebenarnya kasian ama ortu saya ia udah membiayai sekolah saya sampai sarjana. tapi gimana saya sendiri masih terpuruk seperti ini? hidup masih sama orang tua. saya sebenarnya mau berbakti sama ortu saya sepenuhnya. paling tidak dengan bisa mandiri bisa mengurangi beban ortu yang sekarang udah pensiun. aku tau ortu saya selalu berdoa buat saya, aku tau kalo batin mereka sebenarnya menangis melihat nasib saya. aku memang bukan orang yang tanpa dosa aku dulu memang suka mabuk. tapi kini aku sudah insaf, tobat. aku udah hijrah ke jalan Allah, selalu mencari rido Allah.
    jadi apa yang harus saya lakukan untuk menggapai pertolongan Allah?
    terus terang Akhirnya angan ini lelah berandai-andai ria.Pffhh.sungguh semua itu tlah hadirkan nelangsa yang begitu menggelora dalam jiwa.
    APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN?

    :: oRiDo™ ::
    mas HRF..
    mungkin yang bisa menjadi penyemangat adalah dimana Allah swt tidak akan membebani kita sebagai hambaNYA kecuali sebatas apa yang mampu kita pikul beban tersebut (Firman Allah swt, QS. Al-Baqarah,2 : 286) … dan juga Allah selalu memberikan yang terbaik bagi hambaNYA yang bertakwa…
    Bisa jadi yang terjadi ini adalah sebagai ganjaran masa lalu mas HRF..
    Bisa jadi itu adalah cobaan, seberapa jauh ke-istiqamah-an mas HRF setelah insaf dan bertobat..
    ingat mas.. Allah swt adalah sutradara terbaik, kita tidak tahu apa yang akan terjadi..
    insyaAllah dibalik itu semua adalah sesuatu yang baik.. selalu yakin saja kepada Allah swt.. apapun yang terjadi.. insyaAllah..

  18. rifafreedom Says:

    Assalamu’alaikum Ukhti Fillah….

    Blog Yang Bagus Wahai Saudaraku….
    Salam Ukhuwah…..
    Keep Istiqomah……

    Faisal Riza,S.Sos

    :: oRiDo™ ::
    wa’alaikum slaam wr.wb.
    alhamdulillah..
    terimakasih atas komentar nya..

    mari kita sama2 belajar dan beramal..
    🙂

  19. akhwat24 Says:

    alhamdulilah..menemukan blog ini..disaat hati dan pikiran bimbang karena belum diberikan amanat sebuah pekerjaan..
    dan, minta ijin men-save..

    syukron 🙂

    :: oRiDo™ ::
    semoga mba bisa segera mendapatkan apa yang diingikan..
    tetap semangat mba..
    ingat..
    Allah Ta’ala selalu memberikan yang terbaik untuk hambaNya..
    😉

    Niat… Doa.. usaha.. dan Tawakal..

  20. tari Says:

    Assalamualaikum wr wb

    Subhannalah..

    Mohon izin untuk Copas,, saya lagi sedang di timpa Dilema berat dalam memilih pasangan hidup..begitu takut kalau harus akhirnya salah satu yg saya tidak pilih hatinya akan terluka.. saya takut nyakitin hati orang…

    salam ukhuwah,
    jujur saya lagi butuh saran dan masukan dari teman2..
    jika di izinkan boleh saya meminta ID YM (ORIDO) atau media apa saja ntuk saya berkonsultasi,??

    semoga ini salah satu jalan saya untuk meyakinkan hati ini.,

    Jazakallohu khoiron katsiro..
    syukron.. 🙂

    oRiD™ bilang:
    wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh..
    silahkan semoga bermanfaat..

    semoga mba Tari selalu dalam lindungan Allah Ta’ala..
    ingat lah selalu, bahwa Allah Ta’ala selalu memberikan yang terbaik utk hambaNya..

    ID Y!M saya: oridmail
    🙂

  21. Anne Ai Ling Says:

    Terima kasih sangat2 utk doa ni, sy baru kehilangan sesuatu yang amat sy cintai beberapa jam yang lalu…jadi teman saya menyarankan saya ke blog ini utk doa2 tersebut…moga ditenangkan hati saya ni…air mata masih lagi mengalir walaupon cuba untuk bertenang…namun, saya mengharapkan Allah SWT memberikan saya kekuatan melalui doa2 sebegini. Terima kasih sangat2..

    oRiD™ bilang:
    alhamdulillah..
    semoga diberikan kesabaran dalam menghadapi cobaan dari Allah Ta’la..

  22. Sha Says:

    Alhamdulilah,
    Terima Kasih.

  23. The Notes Web Says:

    Terima kasih banget bro’.
    Semoga allah selalu melimpahkan rahmat dan kebahagiaan kepada Anda.

  24. dani Says:

    Assalamualaikum,wr.wb
    salam kenal,,
    makasih atas doa,

  25. [DOA] Adab Dimudahkan MempeROleh Anak « oRiDo™ On wORds Says:

    […] [DOA] tatkala mengalami kesedihan […]

  26. yudi Says:

    Assalamualaikum,wr,wb

    Terima Kasih Untuk Doa-doanya .

    :: oRiD™ bilang ::
    wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh..
    semoga bermanfaat..
    🙂

  27. dewi Says:

    Sangat luar biasa, setelah membaca doa dan memaknainya, memberi kekuatan untuk tetap semangat, mohon doanya ya.. karena permasalahan yang saya hadapi saat ini adalah peristiwa yang berulang..berulang… terus, sulit sekali menghindarinya

    :: oRiD™ bilang ::
    yakin lah se yakin2nya..
    bahwa Allah akan menolong hambaNya yang meminta pertolongan pada Nya..
    🙂

  28. [DOA] tatkala mengalami kesedihan (via oRiDo™ On wORds) « Husnulzhon's Blog Says:

    […] [DOA] tatkala mengalami kesedihan (via oRiDo™ On wORds) 12 Jun Bagi mereka berita gembira di dalam kehidupan di dunia dan (dalam kehidupan} di akhirat. Tidak ada perobahan bagi kalimat-kalimat (janji-janji) Allah. Yang demikian itu adalah kemenangan yang besar. Janganlah kamu sedih oleh perkataan mereka. Sesungguhnya kekuasaan itu seluruhnya adalah kepunyaan Allah. Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. [QS. Yunus, 10 : 64-65] Doa dan Adab Tatkala Mengalami Kesedihan yang Mendalam Kesedihan biasany … Read More […]

  29. Fathur Rokhman Says:

    izin share

  30. aad Says:

    Assalamualaikum wr wb
    langsung aja saya mau curhat nih
    saya diijasahi oleh orang pintar (beliau dipanggil gus didepan namanya) doanya sambil dilagukan seperti ini “Laa ila anta. Subhanaka innii kuntum minazhaalimiin” tanpa ada “ha illa”. kira-kira menyalahi aturan nggak tuh? mohon pencerahannya

  31. yhan yamata Says:

    makash ,

  32. KUMPULAN DOA « Dedi Hermawan Says:

    […] [DOA] tatkala mengalami kesedihan […]

  33. Neng Says:

    Seperti menemukan segelas air di gurun pasir……makasih ya mas

  34. Imanty Says:

    Seperti menemukan segelas air digurun pasir

  35. naraya Says:

    Seperti menemukan segelas air di gurun pasir

  36. solehudin1 Says:

    Terimakasih infonya mantap bos….

  37. muhammad abdu Says:

    Alhamdulillah…trims..atas ilmu.nya semoga allah membalas dengan pahala yang berlipat ganda aminnn

  38. SUCI WULANDARI Says:

    Jangan bersedih ketika melakukan salah Karena kesalahan kita banyak belajar karena kesalahan kita menjadi pintar

  39. isna f Says:

    semakin menambah keyakinan saya akan iman saya kpd Allah,saya save,terimakasih

  40. lila Says:

    assallamualaikum. pak rido pd saat ni sy bnr mnglami titik trndah. sy tdk mau mlnjutkan prnikhan krn sy slalu mngalami kekersan, fisik n psikis. suami tdk sholat, tdk mmlki pedoman agama. sy sdh tdk mau. tp sy dipaksa hrs suka n hrs mau. jk sy tdk mau hdp dgnya maka kluarga sy akn dibnuh. sy akn disiksa seumur hdp. sy tdk bs brkutik krn slalu diancam kluarga akn dibnuh. sy dibelenggu. hrs bgmn. sy tdk punya ms dpn. smw usha hncur. n stiap hr sy hrs mnerima sgla jnis paksaan dr mlayani, dsb. sy tdk mampu.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: