[DOA] dijadikan husnul-khatimah

Dialah Yang Awal dan Yang Akhir Yang Zhahir dan Yang Bathin; dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu. Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa: Kemudian Dia bersemayam di atas ´arsy Dia mengetahui apa yang masuk ke dalam bumi dan apa yang keluar daripadanya dan apa yang turun dari langit dan apa yang naik kepada-Nya. Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.
(QS. Al Hadiid, 57 : 3-4)

Sebaik-baik umur adalah yang dipanjangkan umur tetapi penuh dengan taat kepada Allah dan amal saleh. Seburuk-buruk umur adalah yang panjang umurnya tetapi penuh dengan dosa dan maksiyat kepada Allah. Orang yang akan selamat di alam akhirat adalah yang selamat di alam kubur. Orang yang selamat di alam kubur adalah orang yang selamat ketika di akhir hidupnya. Akhir hidup yang baik sulit didapat jika kita sehari-harinya tidak taat kepada Allah dan taat kepada Rasul. Oleh karena itu, supaya akhir hidup kita menjadi baik (husnul-khatimah) maka mulai sekarang kita harus menjadi orang yang taat kepada Allah, taat kepada Rasul dan selalu beramal saleh. Orang yang doanya akan dimakbul oleh Allah adalah mereka yang beriman, taat, mengamalkan sunnah Rasul, banyak beramal saleh, banyak berjasa kepada orang lain dan menjauhi dosa dan maksiyat kepada Allah. Mintalah kepada Allah untuk akhir hidup kita yang baik dengan doa-doa di bawah ini :

Di antara doa-doa yang perlu didawamkan adalah :

هَبْ لِي حُكْمًا وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِينَ

Hablii hukmaw wa al hiqniy bish shoolihiin

“Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh” (Q.S. Asy-Sy’araa: 83)

اللهم اجعل خير عمري أخره و خير عملي خواتيمه و خير أيامي يوم لقائك

Allaahummaj’al khayra ‘umrii aakhirahu wa khayra ‘amalii khawaatiimahu wa khayra ayyaamii yawma lliqaa’ika

“Ya Allah jadikanlah sebaik-baik umurku pada ujungnya dan sebaik-baik amalku pada akhir hayatku, dan (jadikanlah) sebaik-baik hariku yaitu hari ketika aku bertemu dengan-Mu (di hari kiamat)” (H.R. Ibnus Sunny)

اللهم اختم لنا بحسـن الخاتمة ولا تختم علينا بسـوء الخاتمة

“Ya Allah, akhirilah hidup kami dengan husnul-khatimah (akhir yang baik), dan jangan Kau akhiri hidup kami dengan suu-ul-khatimah (akhir yang buruk)”

Adab Supaya Dikaruniai Husnul Khatimah
1. Sebaik-baik umur adalah umur yang panjang dan penuh dengan amal saleh. Dan seburuk-buruk umur menurut Allah adalah yang panjang umurnya tetapi diisi dengan dosa dan maksiyat kepada Allah.
2. Keadaan di akhir hayat seseorang bergantung kepada amalan sehari-hari. Oleh karena itu, isilah hari-hari kita dengan selalu meningkatkan iman dan amal saleh.
3. Selain berusaha untuk selalu meningkatkan ibadah fardhu dan sunnat, maka perlu memperbanyak amalan ihsan, yaitu amalan yang memberi kebaikan kepada orang banyak, baik berupa ajakan untuk kembali kepada Allah (dakwah ilallaah), menyebarkan ilmu, menyebarkan kasih sayang, menyebarkan amal saleh, dan selalu tawa shaubil wa tawaa shaubish-shabr.
4. Tidak meminta mati kacuali karena telah terjadi fitnah yang mengancam keselamatan diri dan agamanya.
5. Jangan sekali-kali berfikir untuk mengakhiri hidup dengan jalan pintas karena adanya tekanan hidup yang berat. Orang yang mengakhiri hidupnya dengan jalan pintas (bunuh diri) tidak akan diterima amalnya dan dipastikan dia akan masuk neraka.
6. Ajal adalah sebuah misteri, merupakan rahasia Allah. Bisa datang secepat kilat, tetapi bisa tidak datang-datang walaupun telah dinanti-nantikan setiap saat. Namun jika ajal telah datang, tidak bisa ditunda atau dimajukan walaupun sedetik.
7. Mendawamkan doa untuk dijadikan orang yang husnul-khatimah pada setiap akhir shalat fardhu.
8. Selalu menumbuhkan perasaan khauf dan rajaa (takut dan harap), yaitu takut akan tidak diampuninya dosa-dosanya dan berharap bahwa Allah itu Maha Rahman dan Rahim yang akan selalu memberikan rahmat kepada orang-orang yang dikehendakinya.
9. Ketika sudah ada tanda-tanda kan dipanggil oleh Allah, perbanyaklah membaca kalimat thayyibah, karena siapa yang ucapan terakhirnya adalah Laa Ilaaha illallah orang itu dijamin masuk sorga.

Links:
[tanda-tanda husnul khatimah]
http://ashthy.wordpress.com/2007/07/19/tanda-tanda-husnul-khatimah/

  • Tanda – tanda Husnul Khatimah: [1] Mengucapkan syahadat menjelang kematiannya, [2] Meninggal dalam keadaan berkeringat di dahi (keningnya), [3] Meninggal pada malam Jum’at atau siangnya, [4] Mati syahid di medan jihad, [5] Mati sebagai tentara di jalan Allah, [6] Meninggal dengan sebab sakit tha’un (pes/sampar), [7] Meninggal dengan sebab sakit perut, [8] Meninggal karena tenggelam, [9] Meninggal karena keruntuhan bangunan, [10] Seorang wanita yang meninggal di dalam masa nifasnya yaitu meninggal karena melahirkan anaknya, [11] Meninggal dengan sebab terbakar, [12] Meninggal dengan sebab sakit dzatul jambi (radang selaput dada), [13] Meninggal dengan sebab sakit paru-paru (TBC), [14] Meninggal dalam rangka mempertahankan harta yang akan dirampas, [15-16] Meninggal dalam rangka mempertahankan agama dan jiwa, [17] Mati sebagai murabith (pasukan yang berjaga di daerah perbatasan) di dalam perang di jalan Allah, [18] Meninggal di atas amalan shalih.


[husnul khatimah]

http://www.republika.co.id/koran_detail.asp?id=213479&kat_id=14

  • Husnul khatimah tidak selalu bisa dilihat dari amaliah keseharian kita.
  • Nabi Muhammad SAW memerintahkan kita untuk tidak jemu dalam mengerjakan perbuatan baik dan tidak menyombongkan amal baik kita. Karena, belum tentu amal baik kita diterima. Untuk itu, kita mesti memiliki dua sikap: sikap takut yang besar pada Allah dan sikap yang membentuk tekad untuk terus beramal sebaik mungkin.
  • Orang yang cerdas adalah orang yang sudah memperhitungkan sendiri amal-amal yang dilakukannya, sebelum Allah memperhitungkan amal-amalnya itu di akhirat kelak. Ia takut akan akibat dari dosa-dosanya, sebelum dosa-dosanya itu menjadi penyebab kehancurannya.

[tanda-tanda husnul khatimah]
http://dudung.net/index.php?naon=depan&action=detail&id=975&cat=2

[dzikRul maut]

http://202.155.15.208/suplemen/cetak_detail.asp?mid=7&id=255480&kat_id=105&kat_id1=232&kat_id2=234

  • Ingatlah kematian. Demi Dzat yang nyawaku berada dalam kekuasaan-Nya, kalau kamu mengetahui apa yang aku ketahui, niscaya kamu akan tertawa sedikit dan banyak menangis.(Rasulullah SAW).
  • Sehalus-halus kehinaan di sisi Allah adalah tercerabutnya kedekatan kita dengan-Nya. Awalnya terlihat dari menurunnya kualitas ibadah. Ilmu yang dapat membuatnya takut kepada Allah tidak bertambah. Maksiat pun mulai dilakukan. Kalau ibadah sudah tercerabut satu persatu, maka inilah tanda mulai tercerabutnya hidayah dari Allah.
  • Sahabat Hudzaifah berkata lirih, “Kekasih datang dalam keadaan miskin. Tiadalah beruntung siapa yang menyesali kedatangannya. Ya Allah, jika Engkau tahu bahwa kefakiran lebih aku sukai daripada kaya, sakit lebih aku sukai daripada sehat, dan kematian lebih aku sukai daripada kehidupan, maka mudahkanlah bagiku kematian sehingga aku menemui-Mu.

[kematian !!!! siap menjemput]
http://www.mediamuslim.info/index.php?option=com_content&task=view&id=291&Itemid=15

  • Ada dua macam akhir hidup, yaitu akhir hidup yang baik atau husnul-khotimah dan akhir hidup yang buruk atau su’ul-khotimah.
  • Husnul-khotimah adalah akhir kehidupan seseorang yang beriman kepada Alloh dan percaya pada hari berbangkitnya manusia dengan bermodalkan taqwa.
  • Su’ul-khotimah ialah apabila sewaktu akan meninggal dunia seseorang didominasi oleh perasaan was-was yang disebabkan keragu-raguan atau keras kepala atau ketergantungan terhadap kehidupan dunia yang akibatnya ia harus masuk ke neraka secara kekal kalau tidak diampuni oleh Alloh subhanahu wa ta’ala. Sebab-sebab su’ul-khotimah secara ringkas antara lain adalah perasaan ragu dan sikap keras kepala yang disebabkan oleh perbuatan atau perkara dalam agama yang tidak pernah dituntunkan oleh Nabi shallAllohui ‘alaihi wa sallam, menunda-nunda taubat, banyak berangan-angan tentang kehidupan duniawi, senang dan membiasakan maksiat, bersikap munafik, dan bunuh diri.
  • Kita diperintahkan untuk beramal sholih, walaupun celaka atau bahagianya kita telah ditentukan sejak kita masih di rahim ibu. Sebab siapa saja yang bertaqwa dan beriman, Alloh akan memudahkan beginya jalan menuju bahagia. Dan tentu saja kita juga harus menjauhi amal-amal buruk agar Alloh menghindarkan kita dari jalan yang celaka.

[kematian dan alam kubuR]
http://nurjeehan.wordpress.com/2007/02/25/kematian-dan-alam-kubur/

  • “Tiap-tiap yang bernyawa akan merasai mati”. Kerana itu kita jangan terlalu asyik dengan kehidupan dunia ini sehingga lalai dan lupa akan akhirat, sedangkan akhirat itulah tempat kekal abadi.
  • Sebenarnya tanda-tanda orang yang mati dalam husnul khatimah itu boleh dilihat semasa hayat atau hidup seseorang itu, iaitu mereka taat dan patuh kepada perintah Allah Subhanahu Wataala dan menjauhi larangan-Nya, mengamalkan perkara berkebajikan dan menjauhi kemaksiatan.
  • Faktor penyebab seseorang itu tergolong dalam golongan yang mendapat suul khatimah: [1] : Mengabaikan ibadat sembahyang, [2] Minum arak, [3] Derhaka kepada ibu bapa, [4] Menyakiti orang Islam.
  • Kubur tempat singgah sementara sebelum tibanya Hari Akhirat. Itulah tempat yang akan menjadi Taman Syurga bagi orang-orang yang beriman, tetapi menjadi lubang Neraka bagi orang-orang yang jahat yang ingkar perintah Allah Subhanahu Wataala dan yang menyekutukan Allah Subhanahu Wataala.

[[keluaRga-islam] takut mati su’ul khatimah]
http://www.mail-archive.com/keluarga-islam@yahoogroups.com/msg05944.html

  • Kebanyakan orang-orang yang mati suul khotimah disebabkan karena ia mengabaikan shalat fardhu, zakat, suka memecah-belah kaum muslimin, suka mengurangi takaran dan timbangan, suka menipu kaum muslimin, menyusahkan dan mengelincirkan mereka, suka mengaku-ngaku sebagai wali Allah atau juga mengingkari para wali-Nya, dan melakukan perkara-perkara yang keji lainnya. Selain itu mereka adalah para ahli bid’ah dalam agama, yang menanamkan rasa ragu-ragu kepada Allah dan Rasul-Nya serta keberadaan hari akhir.
  • Janganlah sombong dengan ilmu yang sedikit, karena jika Allah Subhanahu wata’ala berkehendak ilmu itu akan sirna dalam sekejap, beritahulah orang yang tidak tahu, tunjukilah orang yang minta petunjuk, amalkanlah ilmu itu sebatas yang engkau mampu.

[kRiteRia khusnul khOtimah]
http://www.syariahonline.com/new_index.php/id/11/cn/3031

-perbanyakamalmenujusurga-

[DOA] dijadikan husnul-khatimah
Download kumpulan artikel

27 Tanggapan to “[DOA] dijadikan husnul-khatimah”

  1. Agam Says:

    Moga2 kita bisa husnul khatimah.
    Amin..

    ::oRiDo::
    amin..
    mari kita gunakan waktu yg kita miliki sebaik mungkin utk hal yang bermanfaat..

  2. dalamhati Says:

    duh..
    begitu mendengar kata kematian, hati ini bergetar sangat takut dan lemah..
    masih bisakah timbul sebuah kesadaran di hati yang hitam kelam ini..
    sepanjang waktu yang telah kulalui hanya kekufuran yang selalu ku lakukan..hanya dosa yang selalu ku tumpuk.
    masih adakah waktu buatku untuk menggapai ridlo-Mu?
    ya Allah yang maha pemberi..
    berilah aku jalan lewat apa saja kehendak MU.

    ::oRiDo::
    alhamdulillah.. alhamdulillah hati anda sudah tergerak utk bisa menggapai ridlo Allah swt..
    terus dan terus lah berusaha utk mendapatkan hidayahNYA.. insyaAllah Allah swt akan memberikan jalan..
    dan jangan pula lupa utk shalat, krn shalat dapat menghindari dari perbuatan munkar..
    insyaAllah saya bantu doa..

  3. ayahshiva Says:

    halo salam kenal, harap maklum ya lum bisa kasih komen, cuma sebagai kunjungan balasan aja.

    ::oRiDo::
    halo juga..
    makasih udh mampir..
    gak mesti ngasih komen kok..
    yg penting buat saya adalah isi dari blog ini dapat memberikan manfaat buat yang sudi mampir di blog sederhana saya ini..🙂

  4. kangabuy Says:

    Allohummar zuqnaa syahadatan fii sabiilika

  5. passya.net Says:

    amin…amin… do’a yg selau saya panjatkan. dan kematian yg selalu saya takutkan : mati tidak dalam husnul-khatimah, naudzubillah…

    ::oRiDo::
    amin..
    semoga kita semua termasuk dalam golongan orang2 yang mati dalam husnul khatimah..
    amin..

  6. joni Says:

    jazakumullohoiron khatsiro….

    ::oRiDo::
    alhamdulillah..🙂

  7. eila Says:

    Semoga seluruh umat Islam mengingati mati bahawa mati itu adalah pasti.Mati dalam husnul khatimah adalah idaman kita sume.Insyaallah,

    ::oRiDo::
    insyaAllah..

  8. hmcahyo Says:

    makasih postinganya🙂

    ::oRiDo::
    alhamdulillah…
    silahkan disebarkan ..😉

  9. Dari pelajar.. Says:

    Ass..aku mau ty bgmn doay mnta dmdhkn rejeky tlg tlp 081359743020 mf mrptkn smg kt sll ingt allh dlm segald hal
    kelihat taya pemerintah dlm mgbl suka plinplan fakty stdr mteri yg dsmpkn pmrnth adyg mgc kbk atau ktsp pmrth shrsy bljr dr negara lain..smg mtr pddkn mmtgkn jbtn tp mmtgkn kualts sdm..

    ::oRiDo::
    wa’alaikum slam wr.wb.
    silahkan baca2 di
    https://orido.wordpress.com/2005/12/07/hotd-rezeki-dan-silaturahmi/
    https://orido.wordpress.com/2006/05/05/hotd-rizki-dari-arah-tak-terkira/

    semoga berguna..

  10. achoey sang khilaf Says:

    ini doa yang mantap
    amin

    ::oRiDo::
    alhamdulillah..

  11. Shaharuddin Says:

    Sebaiknya doa itu saudara bariskan dengan tanda-tanda bacaan kerana tidak semua orang boleh membaca tulisan Arab yang tidak ditandakan dengan tanda-tanda bacaan. Sesungguhnya sungguh murni usaha saudara ini kerana menyampaikan apa yang telah Rasulullah SAW ajarkan. Teruskan perjuangan mu semoga saudaraku diberkati Allah selalu. Semoga beroleh maghfirahNya.

    ::oRiDo::
    ingin sekali aku lengkapi tanda2 bacaan dari huruf arab yg aku posting, tetapi emang yang aku punya seperti itu adanya..
    jika teman2 punya softcopy utk doa2 dengan huruf arab yang lengkap dgn tanda baca nya, besar harapan aku agar teman2 mengirimkan file nya via email ke oridmail@gmail.com ato oridmail@gmail.com

  12. dee Says:

    Ass…Salam Kenal..Saya sebenarnya ingin tau sekali arti sebenarnya dari Husnul Khotimah itu apa?Saya baru tau kata Husnul Khotimah sekarang2 ini,mlalui mimpi…jadi bisa tolong dijelaskan mengenai Husnul Khotimah???Sebelumnya terima kasih

    ::oRiDo::
    dari tulisan/artikel ini ada kok penjelasannya..
    intinya bgini..
    pengetian husnul-khatimah adalah akhir yang baik, lawan kata dari suu-ul-khatimah (akhir yang buruk).
    maksudnya kata akhir di sini adalah bagaimana kita mengakhiri hidup didunia ini, dalam keadaan seperti apakah kita mati? apakah kita mati ketika kita melakukan sesuatu yang baik dalam artian disukai oleh Allah swt, atau kita mati dengan cara yang salah atau pada saat melakukan perbuatan dosa? naudzubillahi mindzalik..
    bagaimana agar kita dapat menjadi hamba Allah yang husnul khatimah? dikarenakan mati merupakan salah satu dari rahasia Allah swt, maka manfaatkan lah waktu kita sebaik2 mungkin, yaitu dengan mengerjakan segalasesuatu yang diperintahkan oleh Allah swt, kapan pun, dimana pun..

  13. sehina2nya dihadapan ALLAH Says:

    aslamu’alkm.. saya shlat, sy jg takut ALLAH.. sy rindu Rasulullah.. tp sy masi sering mlakukan maksiat.. ktika selesai, besar skali pnyesalanku.. yaa RAHMAAN.. temani hamba dlm hidup hamba yg hina ini.. hamba tidak ingin terikat oleh dunia yg smakin mmperburuk hati.. mohon nasihatnya.. wasslmlaikum..

    ::oRiDo::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    coba lah utk memperbaiki dan menjaga shalat, karena shalat adalah tiangnya agama..
    tidak hanya shalat yang merupakan sebuah kewajiban, tetapi shalat yang merupakan bentuk kebutuhan hamba terhadap Allah swt.
    selain itu, perbanyak doa agar selalu dan selalu diberi petunjuk oleh Allah swt..

    semoga niat dan usaha nya selalu sejalan dengan apa2 yang diperintahkan oleh Allah swt..

  14. [BMBT] Multi Level Marketing Maria Ozawa « oRiDo™ On wORds Says:

    […] muslim, kita di tuntut utk selalu melakukan hal yang baik dan teRbaik daRi mata agama sehingga semOga kita dapat mati/meninggal dalam keadaan baik. Dalam kOnsepsi Islam, mati bukanlah akhiR daRi segalanya, tapi justRu mati itu meRupakan awal […]

  15. ajeng puspita Says:

    ass,,
    teman-teman
    berkaitan dengan mimpi saya semalam ,,
    saya mimpi berada dalam kematian dimana tidak ada daya dan upaya ,, untuk memohon kembali ke dunia ,,
    disana saya dipersatukan dengan orang” yang telah mendahului saya ,,
    antara takut, dan gelisah ketika saya berada di tengah-tengah mereka ..
    disana ada sebuah layar besar .. saya melihatnya ..
    di layar tersebut banyak di perlihatkan apa saja yang kita lakukan selama di dunia ..
    mungkin teman-teman semua tida percaya dengan mimpi saya ini ,
    namun ,, Allah swt benar-benar memberi saya teguran ,,
    lewat mimpi ,,

    saya bersyukur karna Allah memberi saya teguran lewat mimpi
    karena menurut riwatnya Allah swt bisa saja memberi teguran
    lewat, sakit , musibah ,, bahkan lewat rasa yang luar biasa sakitnya .. apabila tersakiti

    ketika saya terbangun air mata ini menetess tak terbendung ,, rasanya seperti nyata ,, Allah memperlihatkan semuanya ,, tepat pukul 5 pagi..
    bergegas saya mengambil air wudhu untuk mensucikan diri saya ,
    dan beribadah kepadaNYA seraya memohon ampun atas segala
    dosa dan ke khilafan ,, dan memohon di bukakan pintu taubat sebesar”nya ,,,

    di usia saya yang masih terbilang muda ( 18 th ) saya merasa bersyukur karena Allah telah menegur saya sejak dini ,, semoga dengan ini
    sya bisa menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya

    laillahaillaullah ( tiada TUHAN selain Allah )

  16. prima alexandria Says:

    A’udzubillaahiminasysyaithonirrojiim
    Bismillaahirrohmaanirrohiim..
    terima kasih atas artikelnya sangatlah bermanfaat barokallah..

  17. Udara Says:

    artikel yg bgus”
    Lantujin trus . . ‘

    mga Hidayah Allah. .
    Slalu bersama Kita. .
    Amin. . .

  18. agus Says:

    wah bagus buat tambah wawasan.. A Plus.. deh

  19. suryani Says:

    alhmdllh…….
    Artkl nya bnyk mmbrkn pljran bwt sya.

  20. NON Says:

    Maaf,, lebih enjoy rasanya tanpa nuansa partai politik, trims.

    :: oRiD™ bilang ::
    apapun dalam hidup ini pasti ada kelebihan dan kekurangan..
    beginilah saya apa adanya..
    saya rasa tidak perlu menjadi sebuah kendala,
    yang terpenting adalah kita sama2 memperjuangkan dan menegakkan Al-Qur’an dan AsSunnah..
    terimakasih atas masukannya..🙂

  21. Triyono panjoel Says:

    Aas,Semoga kita juga termasuk golongan kaum husnul qotimah Bukan
    Suul qotimah,amiiiin

  22. Herizal Alwi Says:

    Ya Allah,
    Engkau mengetahui bahwa hati-hati ini telah berhimpun dalam cinta padaMu,
    telah berjumpa dalam taat padaMu,
    telah bersatu dalam dakwah padaMu,
    telah berpadu dalam membela syari’atMu.
    Kukuhkanlah, ya Allah, ikatannya.
    Kekalkanlah cintanya. Tunjukilah jalan-jalannya.
    Penuhilah hati-hati ini dengan nur cahayaMu yang tiada pernah pudar.
    Lapangkanlah dada-dada kami dengan limpahan keimanan kepadaMu dan
    keindahan bertawakkal kepadaMu.
    Nyalakanlah hati kami dengan berma’rifat padaMu.
    Matikanlah kami dalam syahid di jalanMu.
    Sesungguhnya Engkaulah sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong. Ya Allah. Amin. Sampaikanlah kesejahteraan, ya Allah, pada junjungan kami, Muhammad, keluarga dan sahabat-sahabatnya dan limpahkanlah kepada mereka keselamatan.

  23. Herizal Alwi Says:

    Seorang penyair berkata :

    تَزَوَّدْ مِنَ التَّقْوَى فَإِنَّكَ لاَ تَدْرِي*** إِذَا جَنَّ لَيْلٌ هَلْ تَعِيْشُ إِلَى الْفَجْرِ

    Berbekallah ketakwaan karena sesungguhnya engkau tidak tahu…

    Jika malam telah tiba apakah engkau masih bisa hidup hingga pagi hari
    وَكَمْ مِنْ صَحِيْحٍ مَاتَ مِنْ غَيْرِ عِلَّةٍ *** وَكَمْ مِنْ عَلِيْلٍ عَاشَ حِيْناً مِنَ الدَّهْرِ

    Betapa banyak orang yang sehat kemudian meninggal tanpa didahului sakit…

    Dan betapa banyak orang yang sakit yang masih bisa hidup beberapa lama
    فَكَمْ مِنْ فَتًى أَمْسَى وَأَصْبَحَ ضَاحِكًا *** وَقَدْ نُسِجَتْ أَكْفَانُهُ وَهُوَ لاَ يَدْرِِي

    Betapa banyak pemuda yang tertawa di pagi dan petang hari

    Padahal kafan mereka sedang ditenun dalam keadaan mereka tidak sadar
    وَكَمْ مِنْ صِغَارٍ يُرْتَجَى طُوْلُ عُمْرِهِمْ *** وَقَدْ أُدْخِلَتْ أَجْسَامُهُمْ ظُلْمَةَ الْقَبْرِ

    Betapa banyak anak-anak yang diharapkan panjang umur…

    Padahal tubuh mereka telah dimasukkan dalam kegelapan kuburan
    وَكَمْ مِنْ عَرُوْسٍ زَيَّنُوْهَا لِزَوْجِهَا *** وَقَدْ قُبِضَتْ أَرْوَاحُهُمْ لَيْلَةَ الْقَدْرِ

    Betapa banyak mempelai wanita yang dirias untuk dipersembahkan kepada mempelai lelaki…

    Padahal ruh mereka telah dicabut tatkala di malam lailatul qodar

    Tentunya setiap kita berharap dianugrahi husnul khotimah… ajal menjemput tatkala kita sedang beribadah kepada Allah… tatkala bertaubat kepada Allah…sedang ingat kepada Allah… , akan tetapi betapa banyak orang yang berharap meninggal dalam kondisi husnul khotimah akan tetapi kenyataan yang terjadi adalah sebaliknya….
    Suul khootimah… maut menjemputnya tatkala ia sedang bermaksiat kepada Penciptanya dan Pencipta alam semesta ini…

    Bagaimana mungkin seseorang meninggal dalam kondisi husnul Khotimah sementara hari-harinya ia penuhi dengan bermaksiat kepada Allah… hari-harinya ia penuhi tanpa menjaga pendengarannya… pandangannya ia umbar… hatinya dipenuhi dengan beragam penyakit hati… lisannya jauh dari berdzikir dan mengingat Allah…

  24. LlWhitelightll Sugiono Says:

    Apakah Sholat kita benar” di terima oleh Allah…..?
    Apakah Amal kita benar” diterima oleh Allah…?
    Dan Akankah semua orang yang meninggal di jalan Allah menjadi husnul Khatimah?
    Disaat hembusan nafas terakhirnya mengingat hal selain Allah…..
    http://www.manbauladhim.byethost7.com/wujud.html

  25. sugi,hermanto Says:

    Alhamdulilla ingin spertinya husnul khatimah wlaupun sya prnah buruk sblum mngki dngan prlahan sya bs tuk mnggapai husnul khatimah

  26. farah Says:

    Kutil di kelamin seringnya nampak seperti benjolan mini ataupun kelompok benjolan dalam lokasi kelamin. Tipenya beraneka ragam

  27. jrm graphic Says:

    nice infn post, syukron🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: