[HOTD] beRtamu

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik bagimu, agar kamu (selalu) ingat. Jika kamu tidak menemui seorangpun didalamnya, maka janganlah kamu masuk sebelum kamu mendapat izin. Dan jika dikatakan kepadamu: “Kembali (saja)lah, maka hendaklah kamu kembali. Itu bersih bagimu dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.
(QS. An Nuur, 24 : 27-28)

Hadist riwayat Bukhori, Dari Aby Syuraih Alka`by ra.
Sesungguhnya Rasulullah saw. bersabda: “Barang siapa beriman pada Allah dan hari Akhir, hendaklah ia mulyakan tamu dengan sesuai (haknya) selama sehari semalam, bersuguh itu selama tiga hari, lebih dari itu adalah Sedekah, dan tiada halal baginya (tamu) untuk bermalam disisi tuan rumah sampai-sampai ia menjadikannya (tuan rumah) berbuat dosa. Isma`il menambahkan: “Barang siapa beriman pada Allah dan Hari Akhir, hendaklah ia berkata bagus atau hendaklah ia diam”.

Links:
[habluminnanas penting dalam islam]
http://www.republika.co.id/suplemen/cetak_detail.asp?mid=&id=269647&kat_id=105&kat_id1=147&kat_id2=269

  • Islam tidak hanya mengajarkan umatnya untuk semata beribadah kepada Allah SWT. Islam justru sangat menekankan umatnya untuk membina dan menjalin silaturahmi yang baik dengan tetangga dan lingkungan yang muslim atau pun non muslim.
  • Ajaran Islam sangat menekankan pentingnya hubungan sesama manusia, sama pentingnya melakukan hubungan dengan Allah SWT sebagai sang pencipta.

[etika, sOpan santun, dan adab beRtamu]
http://tausyiah275.blogsome.com/2006/04/22/etika-sopan-santun-dan-adab-bertamu/

  • Bertamu tidak mesti menginap, bahkan menjadi/mendapat undangan (pernikahan/walimahan, sunatan, ataupun yang lain), sudah dapat dikategorikan sebagai bertamu. Dengan demikian, hal yang serupa juga berlaku untuk tuan rumah. Dia tidak mesti harus ‘diinapi’, namun mengundang saja sudah dapat digolongkan sebagai tuan rumah.
  • Etika tamu: [a] memenuhi undangan dan tidak terlambat, [b] tidak membedakan antara undangan orang fakir dengan undangan orang yang kaya, [c] Apabila kita sedang berpuasa sekalipun, diharapkan hadir, [d] Jangan terlalu lama menunggu / memberatkan yang punya rumah, [e] Hendaknya pulang dengan hati lapang dan memaafkan kekurang apa saja yang terjadi pada tuan rumah, [f] Hendaknya mendo`akan untuk orang yang mengundangnya seusai menyantap hidangannya, [g] Tidak mengintai ke dalam bilik, [h] tidak masuk rumah walaupun terbuka pintunya, [i] minta izin maksimal tiga kali, [j] tidak menghadap ke arah pintu masuk, [k] hendaknya menyebut nama yang jelas.
  • Etika Tuan rumah: [a] Jangan hanya mengundang orang-orang kaya untuk jamuan dengan mengabaikan/melupakan orang-orang fakir, [b] Undangan jamuan hendaknya tidak diniatkan berbangga-bangga dan berfoya-foya, [c] Tidak memaksa-maksakan diri untuk mengundang tamu, [d] Jangan anda membebani tamu untuk membantumu, [e] Jangan menampakkan kejemuan/kebosanan terhadap tamu, [f] Hendaklah segera menghidangkan makanan untuk tamu, [g] Jangan tergesa-gesa untuk mengangkat makanan (hidangan) sebelum tamu selesai menikmati jamuan, [h] Disunnatkan mengantar tamu hingga di luar pintu rumah.

[isteRi yang melayani tamu-tamu suaminya]
http://www.halalguide.info/content/view/985/38/

  • Seorang isteri boleh melayani tamu-tamu suaminya di hadapan suami, asal dia melakukan tata kesopanan Islam, baik dalam segi berpakaiannya, berhiasnya, berbicaranya dan berjalannya. Begitu juga sebaliknya, seorang suami boleh melayani isterinya dan perempuan-perempuan yang diundang oleh isterinya itu.

[adab-adab beRtamu]
http://www.geocities.com/tpaalhijrah_fukuoka/adab-bertamu.htm

  • Adab-adab beRtamu: [a] Meminta izin terlebih dahulu, [b] Menjaga mata, [c] Menjaga percakapan, [d] Berterima kasih

[etika saat beRtamu]
http://catri.blogsome.com/2006/06/16/etika-saat-bertamu/
[adab-adab beRtamu]
http://aliph.wordpress.com/2007/01/24/adab-adab-bertamu/

  • Adab-adab beRtamu: [a] Memperbaiki Niat, [b] Memberitahukan Perihal Kedatangannya (untuk Minta Ijin) Sebelum Bertamu, [c] Menentukan Awal dan Akhir Waktu Bertamu, [d] Berwajah Ceria dan Bertutur Kata Lembut dan Baik Ketika Bertemu, [e] Tidak Sering Bertamu, [f] Dianjurkan Membawa Sesuatu Sebagai Hadiah, [g] Tidak Boleh Seorang Laki-Laki Bertamu kepada Seorang Wanita yang Suaminya atau Mahramnya Tidak Ada di Rumah.

[adab beRtamu]
http://vbaitullah.or.id/index2.php?option=content&do_pdf=1&id=489
[berdiRi untuk menyambut yang datang]
http://www.almanhaj.or.id/content/1430/slash/0

  • Bukan suatu keharusan berdiri untuk orang yang datang, hanya saja ini merupakan kesempurnaan etika, yaitu berdiri untuk menjabatnya (menyalaminya) dan menuntunnya
  • Adapun yang mungkar adalah bediri untuk pengagungan. Namun bila sekedar berdiri untuk menyambut tamu dan menghormatinya, atau menyalaminya atau mengucapkan selamat kepadanya, maka hal ini disyariâ’atkan
  • Bediri untuk seseorang: [a] sebagai penghormatan, [b] Berdiri untuk seseorang yang masuk atau keluar tanpa maksud menyambut/mengantarnya atau menyalaminya, tapi sekedar menghormati, [c] Berdiri untuk menyambut yang datang atau menuntunnya ke tempat atau mendudukannya di tempat duduknya dan sebagainya.

[membatalkan puasa karena undangan makan / beRtamu]
http://www.syariahonline.com/new_index.php/id/2/cn/1664

  • Pada prinsipnya orang yang sedang melaksanakan shaum sunnah diperbolehkan untuk berbuka atau melanjutkan shaumnya sampai menjelang Maghrib (berbuka/ifhtor). Orang yang sedang melaksanakan shaum sunnah diperbolehkan untuk tetap melanjutkannya atau berbuka. Jadi tidak ada keharusan untuk memilih salah satu dari keduanya.

-perbanyakamalmenujusurga-

File HOTD | 39kB
Download kumpulan artikel
Iklan

6 Tanggapan to “[HOTD] beRtamu”

  1. Agam Says:

    Assalamualaikum…
    Bertamu ke blognya orido

    ::oRiDo::
    selamat menikmati hidangan kang Agam..
    klo di sini bisa kok leih dari 3hari..
    hehehe..

  2. roffi Says:

    betah di jakarta?

    ::oRiDo::
    yah gitu deh..
    jakarta gitu loh..
    betah gak betah ya di jalanin.. yang penting niat nya dibenerin, biar barokah.. insyaAllah..

  3. ungate Says:

    Assalamualaikum
    Keliatannya baru habis hijrah ya, mas

    ::oRiDo::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    hijrah? hijrah yg mana nih?
    *binun, abis keseringan ber-hijrah sih..* 😀

  4. mahendra025 Says:

    Assalamualaikum wr wb..
    SAlam kenal..
    salaman..

    ::oRiDo::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    salam kenal juga…
    terima salaman..
    jabat erat ukhuwah islamiyah… insyaAllah..
    😉

  5. [HOTD] adab makan dalam islam « oRiDo™ On wORds Says:

    […] [HOTD] beRtamu :: DOWNLOAD, 39kB […]

  6. [DOA] Adab Terhadap Teman « Sedekah Do'a Says:

    […] [HOTD] beRtamu :: DOWNLOAD, 39kB […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: