[DOA] menuju, masuk & keluar masjid

Bertasbih kepada Allah di masjid-masjid yang telah diperintahkan untuk dimuliakan dan disebut nama-Nya di dalamnya, pada waktu pagi dan waktu petang.
(QS. An Nuur, 24 : 36)

Doa Menuju ke Masjid

اللَّهُمَّ اجْعَلْ فِي قَلْبِي نُورًا وَفِي بَصَرِي نُورًا وَفِي سَمْعِي نُورًا وَعَنْ يَمِينِي نُورًا وَعَنْ يَسَارِي نُورًا وَفَوْقِي نُورًا وَتَحْتِي نُورًا وَأَمَامِي نُورًا وَخَلْفِي نُورًا وَعَظِّمْ لِي نُورًا

Allohummaj ‘alfii qolbii nuuron, wa fii bashorii nuuron, wa fii sam’ii nuuron, wa ‘ayyamiinii nuuron, wa ayyasaarii nuuron, wa fawqii nuuron, wa tahtii nuuron, wa amaamii nuuron, wa kholfii nuuron, wa azhzhomlii nuuron.

“Ya Allah! Jadikanlah dalam hatiku suatu cahaya, dalam pandanganku suatu cahaya, dalam pendengaranku suatu cahaya, dari arah kananku suatu cahaya, dari arah kiriku suatu cahaya, di atasku suatu cahaya, di bawahku suatu cahaya, di depanku suatu cahaya, di belakangku suatu cahaya dan limpahkanlah kepadaku dengan cahaya (H.R.Bukhari- Muslim)

Doa Masuk Masjid

اللهم افتح لي أبواب رحـمتك

Allohummaftahlii abwaa ba rohmatik

“Ya Allah, bukakanlah untuku pintu-pintu rahamat-Mu” (H.R. Muslim)

Doa Masuk Masjid yang lebih panjang adalah:

أعـوذ بالله العلي العظيم وبوجهه الكر يم و بسلطانه القديم من الشـيطان الرجـيم الحمـد لله رب العـالمين. اللهم صل و سلم على محمد وعلى أل محمد. اللهم اغفرلي ذنوبي وافنح لي أبواب رحمـتك

A’udzubillahil ‘aliyyil ‘azhiim, wabiwajhihil kariim, wa bisulthoonihil qodhiim, minasy syaythoonirrojiim,Alhamdulillahi robbil ‘aalamiin. Allohumma sholli wa salim ‘alii Muhammad, wa ‘alii alaa Muhammad. Allohummagh firlii dzunuubii waf tahlii abwaaba rohmatik.

“Aku berlindung kepada Allah yang Maha Tinggi dan Maha Agung dan dengan Dzat-Nya yang Maha Mulia dan kekuasaan-Nya yang tidak berpermulaan, dari gangguan syetan yang terlaknat. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Ya Allah, rahmatilah Muhammad dan juga rahmati keluarganya. Ya Allah, ampunilah dosaku dan bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu.” (H.R. Abu Daud)

Doa Keluar Masjid

اللهم إنـي أسألك من فضلك

Allohumma innii as aluka min fadhlik.

”Yaa Allah aku mohon kepada-Mu akan karunia-Mu.” (H.R. Muslim, Abu Dau dan Nasai)

Atau, kalimat …

وافنح لـي أبـواب رحمـتك

waf tahlii abwaaba rohmatik.

Pada doa di atas diganti dengan

وافـتح لـي أبـواب فضلك

waf tahlii abwaaba fadhlik.

“Dan bukakanlah untukku pintu-pintu karunia-Mu”

Maka doa keluar masjid yang agak panjang adalah:

أعـوذ بالله العلي العظيم وبوجهه الكر يم و بسلطانه القديم من الشـيطان الرجـيم الحمـد لله رب العـالمين. اللهم صل و سلم على محمد وعلى أل محمد. اللهم اغفرلي ذنوبي وافـتح لـي أبواب فضلك

A’udzubillahil ‘aliyyil ‘azhiim, wa biwajhihil kariim, wa bisulthoonihil qodhiim, minasy syaythoonirrojiim, Alhamdulillahi robbil ‘aalamiin. Allohumma sholli wa salim ‘alii Muhammad, wa ‘alii alaa Muhammad. Allohummagh firlii dzunuubii waf tahlii abwaaba fadhlik.

Adab Masjid
1. Masjid bukanlah rumah atau bangunan biasa, tetapi Rumah Allah
2. Setiap Muslim wajib menghormati dan memuliakan masjid
3. Muslim yang memuliakan masjid mulia kedudukannya di sisi Allah
4. Setiap Muslim seyogyanya memelihara adab-adab masjid
5. Masuk masjid dengan kaki kanan dan keluar dengan kaki kiri
6. Sebelum duduk, kerjakan salat sunat dua rakaat.
Sabda Nabi SAW:

إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمُ الْمَسْجِدَ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ أَنْ يَجْلِسَ

“Apabila salah seorang daripada kamu masuk ke masjid, maka hendaklah dia melakukan rukuk (shalat) sebanyak dua rakaat sebelum dia duduk” (H.R. Bukhari-Muslim)

7. Tidak membawa bau-bauan, termasuk tidak merokok di dalam masjid
8. Tidak main-main, ribut, dan tertawa-tawa di masjid
9. Tidak meludah, membuang ingus dan sampah di masjid
10. Tidak berdagang (bertransaksi) di masjid
11. Tidak mengumumkan barang hilang di masjid
12. Tidak bikin kotor dan mencoret-coret masjid
13. Tidak mengutak-atik barang masjid
14. Tidak ngorol urusan dunia di masjid
15. Tidak membawa benda-benda tajam ke masjid
16. Tidak menyelipkan sampah/kootoran di bawah karpet masjid
17. Tidak melangkahi orang yang duduk di masjid
18. Dibolehkan tiduran di masjid dengan maksud untuk I’tikaf

Links:
[sunnah-sunnah peRgi menuju masjid]
http://www.almanhaj.or.id/index.php?action=more&article_id=1423&bagian=0

  • Sunnah-sunnah pergi menuju masjid: [a]. Bersegera Menuju Masjid, [b]. Doa Pergi Menuju Masjid, [c]. Berjalan Menuju Masjid Dengan Tenang Dan Berwibawa, [d]. Pergi Menuju Masjid Dengan Berjalan Kaki, [e] Berdoâ Ketika Masuk Masjid, [f]. Mendahulukan Kaki Kanan Ketika Masuk Masjid, [g]. Memprioritaskan Menempati Shaff Yang Pertama, [h]. Berdoa Ketika Keluar Masjid, [i]. Mendahulukan kaki kiri ketika keluar dari Masjid, [j]. Shalat Tahiyatul Masjid

[adab beRjalan ke masjid dan bacaan sewaktu masuk dan keluaRnya]
http://www.almanhaj.or.id/index.php?action=more&article_id=1926&bagian=0

  • Adab berjalan ke masjid dan bacaan sewaktu masuk dan keluarnya: [1]. Kita diperintah berlaku tenang, [2]. Kita dilarang tergesa-gesa/terburu-buru , [3]. Kita dilarang berisik apabila sampai di tempat shalat, [4]. Imam masjid perlu menegur kepada para jama’ah (ma’mum) yang kelakuannya tidak sopan di masjid, [5]. Hendaklah langsung kita shalat sebagaimana keadaan shalat imam waktu itu, [6]. Setelah imam selesai memberi salam ke kanan dan ke kiri, barulah kita sempurnakan apa-apa yang ketinggalan.

[shalat tahiyatul masjid]
http://www.almanhaj.or.id/index.php?action=more&article_id=1744&bagian=0

  • Terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama tentang pembolehan mengerjakan shalat-shalat yang memiliki sebab-sebab seperti shalat Tahiyatul Masjid, gerhana, jenazah dan qadha’ shalat yang ketinggalan pada waktu-waktu larangan shalat.

[dOa masuk dan keluaR masjid]
http://www.perjalanansuci.com/ZikirHarian5.htm

[adab di dalam masjid]
http://candra-tap.web.ugm.ac.id/?p=40

  • 1. Menuju Masjid, 2. Berjalan dengan tenang dan khidmat, 3. Berdo’a, Dahulukan yang Kanan, 4. Tebarkan Salam, 5. Awali Dengan Dua Raka’at, 6. Bau Tak Sedap? Hindari!, 7. Mesti Menjaga Kebersihan, 8. Dahulukan Kiri, 9. Yang Terlarang, Jangan Lakukan!, 10. Boleh Dilakukan

[memakmuRkan dan mendatangi masjid [untuk beRibadah]]
http://www.almanhaj.or.id/index.php?action=more&article_id=829&bagian=0

  • Sesungguhnya memakmurkan masjid adalah bagian terbesar untuk taqarub kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Di antara bagian dari memakmurkan masjid adalah membangun, membersihkan, membentangkan permadani, meneranginya dan masih banyak lagi bagian-bagian dari pemerliharaan masjid.
  • Adapula memakmurkan masjid dengan i’tikaf di dalamnya, shalat dan senantiasa mendatanginya dengan berjama’ah, mengajarkan ilmu-ilmu yang bermanfaat, membaca Al-Qur’an, belajar dan mengajarkannya. As-Sunnah telah menjelaskan keutamaan dan balasan yang besar dalam memakmurkan, membangun dan memelihara masjid.
  • Sesungguhnya shalat seseorang di dalam masjid dilebihkan dari shalat yang dilakukan di rumah atau di pasar dengan 25 derajat atau 27 derajat.

[adab-adab masjid]
http://www.al-azim.com/~duriantunggal/pedoman.html

-perbanyakamalmenujusurga-

File DOA | 276kB
Download kumpulan artikel

25 Tanggapan to “[DOA] menuju, masuk & keluar masjid”

  1. kurt Says:

    kalau doa ngeblog ada g yaa mas… heheh salamkenal

    ::oRiDo::
    maaf baru bales..
    mmm.. apa yah.. gak ada yg spesifik gini kali yah..
    ya seengga nya pake bismillah deh..😀
    nah tuh ada yg jawab..
    makasih mas Agam..🙂

  2. Agam Says:

    @ kurt :mungkin Robbi Zidni Ilma QS Thaha:114 (doa memohon tambahan Ilmu).
    btw, arabnya koq gundul?

    ::oRiDo::
    jazakallah udh kasih masukan ..
    mengenai arab gundul, saya juga inginkan gak demikian, cuma dikarenakan keterbatasan dalam hal sumbernya saja yg memaksa saya tampilkan demikian..
    klo antum punya yg lengkap, boleh di kupipes di blog ini..
    insyaAllah kalo saya sudah dapat yg versi lengkapnya, saya akan ubah..

  3. Suluh Says:

    Amien… Aku didoakan ya..

    ::oRiDo::
    insyaAllah..
    sama yah.. do’a kan aku juga..😀

  4. telmark Says:

    aku juga donggggggggg… minta doanya.

    ::oRiDo::
    saling mendo’a kan aja, saling menguatkan..😉

  5. liezmaya Says:

    Assalamualaikum
    makasih bang buat ilmunya….sangat bermanfaat sekali
    oya mampir donk ke http://sundajava.blogspot.com
    w/s

    ::oRiDo::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    alhamdulillah.. aku cuma sharing yang aku punya…
    blog na sunda pisan euy.. kumaha damang Teh?

  6. valian Says:

    assalamu’alaikum akhi
    syukran atas artikel’a
    jazakallahu khairan

    :: oRiDo™ ::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    alhamdulillah..🙂

  7. indra_pd Says:

    Koreksi ada error sedikit di Doa Masuk Masjid:
    Allohummaftaflii abwaa ba rohmatik

    Yang benar:
    Allohummaftahlii abwaa ba rohmatik

    oRiD™ bilang:
    terimakasih banyak utk koreksi utk salah penulisan tersebut..
    alhamdulillah sudah di revisi.
    Jzklh.

  8. Suwito Says:

    Mohon iji copy.
    Jazzakullah khoiro katsir

    oRiD™ bilang:
    silahkan..🙂

  9. fendy Says:

    salam jihad dari DPD PKS Kab.MOJOKerto

    oRiD™ bilang:
    wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh..
    salam kenal..
    ayo kita terus berdakwah..🙂

  10. harry Says:

    thanks ya buat infonya.
    Sangat bermanfaat buat aku. Haha.
    Jadi ke inget masa2 ngaji dlu wktu SD.
    ^_^

  11. zal Says:

    doa ngencerot ada deh?

  12. Do’a Sehari-hari « Media Islam Says:

    […] https://orido.wordpress.com/2007/05/15/doa-menuju-masuk-keluar-masjid/ Share this:FacebookStumbleUponRedditEmailPrintDigg October 23rd, 2007 | Category: Do'a […]

  13. shustripe Says:

    Izin diprint😀

  14. humaidi Says:

    smga dgn doa2 trsbut kt smua dpt mningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah kt

  15. al Says:

    ijin ngopy mas

  16. Adi Says:

    Ijin Copast yaa

  17. Kurosaki Ochino Says:

    klo bisa d lengkapi dengan sakal’a,,

  18. nur Says:

    terima kasih atas infonya… semoga keluarga anda diberkahi oleh Allah swt. amin

  19. Doa Sehari-hari « Jaja Jamaluddin Elbarca Says:

    […] https://orido.wordpress.com/2007/05/15/doa-menuju-masuk-keluar-masjid/ […]

  20. KUMPULAN DOA « Dedi Hermawan Says:

    […] [DOA] menuju, masuk & keluar masjid […]

  21. Deo Reiki Says:

    Terima kasih doanya. Semoga Allah SWT berkenan mengabulkan semua doa kita. Amin

  22. ari Says:

    Humanpapilloma grows fastest kelamin (disebut pula oleh HPV) yaitu infeksi menular seksual (IMS) yg sangat hampir sering. Terdapat amat yang thirty bentuk WARTS yg bisa menginfeksi lokasi kelamin laki-laki & perempuan. Model WARTS tersebut jua mampu menginfeksi mulut & tenggorokan. Mayoritas masyarakat yg terkontaminasi dgn WARTS justru tak mengetahuinya mereka mempunyainya. WARTS tak serupa dgn genital herpes maupun HIV (virus penyebab AIDS). Kesamaannya ialah keseluruhan mendapat ditularkan ketika berkaitan seks

  23. RIZKI OKTOPRIADI Says:

    makasih buat daoanya, insyaAllah bermanfaat

  24. PUTRI AYU PERTIWI Says:

    Kita semua pasti pernah salah namun ada perbedaan besar antara salah yg buatmu dewasa dan salah yg sengaja dilakukan.

  25. yasir Says:

    Assalamualaikum, ma`af mas mungkin sedikit kritik, atau saranlah, karena yang saya dengar Allah tidak punya rumah, tetapi masjid adalah tempat yang disucikan untuk beribadah menghadap Allah. makasih mas. wassalam


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: