[BMBT] esq way 165

Demi matahari dan cahayanya di pagi hari, dan bulan apabila mengiringinya, dan siang apabila menampakkannya, dan malam apabila menutupinya, dan langit serta pembinaannya, dan bumi serta penghamparannya, dan jiwa serta penyempurnaannya (ciptaannya), maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya. Sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu, dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya.
(QS. Asy Syams, 91 : 1-10)

Pagi!!
itu lah kata pembuka yang digunakan selama mengikuti training ESQ, kata pembuka yang di teriakkan dengan penuh semangat.
Dari awal diharapkan peserta untuk membuka hati dan fikiran seperti layaknya sebuah gelas kosong..

Yang aku lihat dan rasakan sendiri selama training ESQ ini adalah merupakan sebuah metoda bagaimana kita dapat bekerja atau berjalan di dunia ini dengan tanpa melupakan bahwa sebenarnya segala sesuatunya sudah ada dalam islam, sudah disebutkan dalam alQur’an baik secara langsung maupun tidak langsung.

Dalam training ini para peserta dibawa kedalam suasana merenungi dan mentafakuri kebesaran-kebesaran Allah swt melalui ciptaanNYA, bumi.. matahari.. kumpulan galaksi..
apakah kita lupa bahwa kita benar2 tidak ada apa2nya dibandingkan ciptaanNYA? apalagi dibandingkan dengan Allah yang Maha Agung?? pantaskah kita sombong dihadapan Allah swt??

Para peserta juga diperingatkan mengenai peran dan kasih sayang orang tua yang selanjutnya diingatkan kembali akan kasih sayang Allah swt kepada hambaNYA..
apakah kita lupa bahwa atas kasihsayang orang tua yang begitu besar?? apakah kita lupa bahwa Allah swt selalu ada dan memberikan rahmat dan rizkinya??

Para peserta diingatkan kembali bahwa manusia adalah ciptaan Allah swt, yang memiliki suara hati yang ada pada ke-99 sifat Allah swt (asma’ul husna), kenapa? karena Allah swt yang meniupkan ruhNYA kepada setiap manusia..
apakah kita lupa kepada Allah swt yang menciptakan kita?? apakah kita lupa bahwa Allah selalu melihat apa2 yang kita lakukan??

Para peserta diingatkan kembali peran Nabi Muhammad sejak lahir, pencarian akan Allah swt, diangkat sebagai Rasul, hingga dihujung hayatnya Nabi Muhammad masih memikirkan umatnya..
apakah kita ingat dan selalu bershalawat kepada Nabi Muhammad??

Para peserta diingatkan kembali bahwa begitu banyak bukti kebenaran Allah yang dituangkan dalam AlQur’an..
apakah kita lupa untuk membaca dan mempelajari AlQur’an? apakah AlQur’an hanya sebagai pajangan di rumah saja?

Para peserta diingatkan kembali bahwa tidak ada satupun yang pasti didalam dunia ini selain MATI.. semua orang di dunia ini akan menghadapi MATI..
apakah kita masih ingat apa tujuan hidup di dunia? apakah kita siap mati? surga atau neraka?

yah.. itu lah sebagian pengalaman yang aku dapatkan selama 2hr mengikuti training ESQ. Berbagai pendapat mengenai training ESQ ini, ada yang merasakan manfaat ato sebagai sebagai solusi, tetapi ada juga yang mempertanyakan mengenai posisi training ESQ, ada juga yang mempertanyakan apakah berguna ato ngga?
klo menurut aku, semua itu kembali pada masing2 orang..
sebelum menilai apakah ESQ hanya pengaruh sesaat saja karena besok2nya sudah lupa lagi, kita sepatutnya pertanyakan lagi pada diri kita, bagaimana pengaruh shalat yg SETIAP HARI kita lakukan?
layaknya orang yang naik haji, tidak semua orang yang naik haji mencapai predikat haji mabrur, mabrur ato tidaknya diperlihatkan oleh perilakunya setelah pulang haji..
wallahu’alam bishshowab..

PS: inpo dari sahabat buat nonton ESQ:
http://youtube.com/watch?v=Cs7Tgk8VZHk

Links:
[tentang esq]
http://www.kompas.co.id/layer/esq/esq.html
[esq cOmmunity]
http://www.esqway165.com
[”bisnis” dengan Tuhan]
http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/2007/022007/26/99esq.htm
[geliat esq di gOROntalO]
http://www.republika.co.id/koran_detail.asp?id=288346&kat_id=407
[kipRah pelatihan kepemimpinan esq di kepRi]
http://batampos.co.id/index.php?option=com_content&task=view&id=19621&Itemid=97
[pendidikan tauhid daRi ismail]
http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/2007/042007/30/99esq.htm
[300 penguRus BEM ikuti pelatihan esq]
http://www.suarakarya-online.com/news.html?id=172450
[esq 165 disambut dunia baRat di OxfORd]
http://202.155.15.208/koran_detail.asp?id=287660&kat_id=407&kat_id1=&kat_id2=

-perbanyakamalmenujusurga-

esq way 165 – BMBT…
buka folder HOTDfiles
24 Tanggapan to “[BMBT] esq way 165”

  1. Andhika Nugraha Says:

    Yep, tergantung tiap orang juga.

    Salam kenal.

    ::oRiDo::
    salam kenal juga..

  2. Dimas Says:

    Salam’alaikum

    Kang…aku kok setelah baca postingmu jadi kangen ikut ESQ lagi…

    Wassalam

    ::oRiDo::
    alhamdulillah..
    yuk ikut lagi..
    masih anget… 😀

  3. qzplx Says:

    Keren nih postinganya, aku bookmark loh, thanks banget ya

    ::oRiDo::
    alhamdulillah..
    silahkan.. mudah2n berguna..

  4. dreeva Says:

    Keren… blom pernah ESQ, tapi bakal nyoba deh 🙂

    ::oRiDo::
    amin.. semoga bisa/pernah ikut..
    🙂

  5. Roffi Says:

    wah.. selamat atuh no..

    your right about all the points above.. yah mudah²an pelatihan ESQ bisa menyentuh semua kalangan

    ::oRiDo::
    amin..

  6. nizha Says:

    Yup. Segala sesuatunya kan mang ada dzahir n bathinnya ya? Allah g butuh seberapa bnyak kuantitas ibadah kita, tapi lebih pd kualitas. Hmm..wong kembalinya ke kita juga hehehe, buat kedamaian jiwa kita juga. Lam kenal..

    ::oRiDo::
    betul..
    salam kenal juga.. 🙂

  7. deking Says:

    Benar..setuju. Semua tergantung orangnya…
    Misalkan di suatu ladang terdapat kandungan tanah liat yang banyak…
    Mungkin bagi seseorang (misal petani) keberadaan tanah liat tsb sangat mengganggu sehingga dia membuangnya, tetapi mungkin utk orang lain (misal pembuat gerabah) justru tanah liat tsb menjadi suatu jalan rejeki baginya.

    ::oRiDo::
    cara pandang tiap orang memang berbeda2..
    tetapi jangan biarkan perbedaan tersebut mengakibatkan perpecahan..
    justru perbedaan membuat kita berkembang..
    insyaAllah..

  8. senja Says:

    emhh, belom pernah ikut pelatihan ini, namun semestinya –menurut saya–pelatihan ESQ bisa dilakukan secara mandiri bukan? hehehehe. btw, salam kenal!!

    ::oRiDo::
    hemm.. dalam training ESQ dikondisikan agar kita para peserta seakan-akan memang merasakan atau bahkan seakan-akan mengalami/menyaksikan sendiri kebesaran Allah, perjuangan Nabi Muhammad… sampai seakan2 kita memang akan/sudah mati..
    klo memang teman2 merasa metoda2 “diingatkan kembali” yang dilakukan pada training ESQ bisa dilakukan sendiri.. silahkan saja..
    tapi buat saya yg pernah mengikuti ESQ.. saya kira tidak semudah itu..

  9. destiutami Says:

    Hmmm..saya pernah mengikuti pengenalan ESQ (bukan trainingnya). Memang terasa berguna saat itu. Ada rasa lega, termotivasi. Pengenalannya saja begitu, apalagi trainingnya ya? 🙂

    Tapi ya itu, setelahnya saya jadi mikir, manusia itu pelupa. Perlu diingatkan oleh orang lain. Nah, bantuan ini cukup mahal juga (bagi saya). Jadi, beruntunglah yang mampu dan bisa di”ingat”kan.

    Eh iya, salamkenal ya mas? 🙂

    ::oRiDo::
    mari saling mengingatkan..
    semoga mba Desti dapat dikasih kesempatan utk ikut training ESQ..
    salam kenal juga..

  10. rusle Says:

    -perbanyakamalmenujusurga-

    menurutku; perbanyak amal menuju Ridho Allah…
    surga dan neraka adalah prerogatif Tuhan…:p

    salam kenal mas, thanks dah mampir duluan…:p

    dari dulu aku sebenarnya trertarik dgn ESQ ini, dulu teman dekatku ikut ini, lumayan bagus efeknya…aku pikir ini workshop yg sangat useful! terutama bahwa suasananya sangat Islami….

    ::oRiDo::
    hmm.. aku sih lebih ngejar “target”nya yg lebih jauh, karena menurut aku tujuan akhir nya adalah apakah kita masuk surga atau neraka.. kalo masalah Ridho.. itu juga hak prerogatif Allah.. dan kalo masalah ridho yg penting niatnya kita perbaiki.. 😉

    salam kenal juga..

    yah mudah2an mas Rusle diberi kesempatan untuk dapat ikut dalam training ESQ.. dan mudah2an dengan atau tanpa training ESQ, amal ibadah kita semua dapat meningkat dan diterima Allah swt..
    amin..

  11. ichsan231 Says:

    Terimaksih Info ESQ-nya Om Orido, semoga terserap oleh segala kalangan

    ::oRiDo::
    alhamdulillah..
    amin..

  12. Mbak E Says:

    wah mas, semakin salut aku dengan web nya mas ono ini…. (inget kan? who am I??)

    sesaat setelah selesai training ESQ, aku seperti kosong tidak ada apa2 dalam diri ku (mudah-mudahan karena aku memikirkan keagungan & kekuasaan Allah), kemudian aku datangi trainer nya, aku tanya “pak, bisa tolong saya??? tolong jelaskan apa yang saya dapat dari 3 hari ikut training” beliau pun menjawab, “hasil training akan anda peroleh setelah anda tiba di rumah”

    tidak puas dengan jawaban beliau, aku minta temen (sesama peserta) untuk diskusi lagi (sambil makan di pizza hut) jawaban temen pun sama….

    sesampai dirumah, aku banyak bertafakur dan berfikir, dan Alhamdulillah, sekarang jawaban atas pertanyaanku tsb telah aku dapat, “pengalaman spriritual yang luar biasa”

    semoga kita selalu istiqomah dengan kebaikan-kebaikan dan pengetahuan yang sudah kita peroleh, amin…..

    ::oRiDo::
    alhamdulillah..
    inget dong Mbak E (IsnaUl).. masa’ lupa ama mbak e satu ini.. hehehe..

    amin mbak Is.. semoga selalu istiqamah..

  13. meTha saTunamLima Says:

    Assalamualaikum…

    PAGI!!!!!

    waah… senangnya bs diskusi begini sama sesama alumni..

    esq emang luar biasa..

    bisa nambah teman,.. nambah ilmu,.. nambah iman… dsb..

    oiy, saya metha, alumni esq teens 35 jkt..

    asik bgt deh ikut esq.. saking serunya saya berjuang mati2an di sekolah saya supaya ngadain In-house training bwt murid2nya…

    btw saya tinggal n skul di Pontianak…

    tp semua usaha saya kebanyak dicuekin…

    doain ya, semoga berhasil…

    salam satunamlima!!!!!!

    ::oRiDo::
    PAGI!!juga.. 😀
    saya alumni ESQ Reguler 50 *klo gak salah .. hehehe*
    trus gimana tuh mba, berhasil gak perjuangan mati2an nya? yah mudah2an berhasil..
    tetep semanget yah mba.. insyaAllah saya bantu do’a..

  14. bond Says:

    Assalamualaikum….
    salam kenal

    gw sm kyk mba destiutami blm pernah ikut training ESQ tapi udah pernah ikut seminar ESQ (cm sekitar 2-3 jam)…
    sebenernya pingin ikut trainingnya tp terbentur masalah klasik….hehehe

    kesannya…
    bener2 LUAR BIASA!!!
    amat sangat amazing!!

    ::oRiDo::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    slam kenal juga..
    wah.. 2-3 jam aja udh amazing.. apa lagi 2-3hari.. 😉
    mudah2an dapat kesempatan ikut yg 2-3hr..

  15. Eko Says:

    Baru2 ini saya ikut Training ESQ Angkatan PK-012.
    Waduh! Bagus banget! Mungkin ada komen negatif mengenai biayanya yg relatif mahal. Tapi utk orang yang “mencari” segitu itu samasekali gak mahal. Apalagi utk orang yg mendapat hidayah sehingga terbuka pintu hatinya… samasekali tidak mahal.
    Yang paling menyentuh hati saya adalah pertanyaan : Apakah anda sudah mengajari anak anda sehingga mengenal, memahami dan menjalankan syariat Islam? Beban sebagai orang tua tersentuh. Sehingga saya bertekad berapapun biayanya saya akan mengirimkan anak saya utk mengikuti Training ESQ yg utk anak2, walaupun saya harus menabung beberapa bulan.
    Untungnya saya ikut Training gratis, krn dibayarin Kantor. Walaupun jeleknya ada juga yg gak dapet apa2 karena tidak “membuka hati dan fikiran seperti layaknya sebuah gelas kosong..” Mudah2an belum dapat sekarang hidayahnya tapi tertunda.
    Sorry Kalo kepanjangan.
    Salam ESQ.

    ::oRiDo::
    sama Pak.. saya juga ingin dan berniat semoga istri saya dapat ikut ESQ ini..
    biar satu visi.. 😉
    mudah2an niat nya kesampaian… 😀
    panjang gak apa2 Pak..
    yang penting bermanfaat..

  16. rihlah Says:

    orido yang baik…
    saya senang ternyata, Anda… salah satu teman yang concern dengan ESQ…
    but… we not just knowing the good, and then we loving the good… and… we must acting the good
    so… this make we all good character

    ::oRiDo::
    alhamdulillah…
    just do your best… 😀

  17. delina Says:

    SUBHANALLAH DARI PERTAMA SAYA IKUT TRAINING ESQ PROF 41 HINGGA SEKARANG CINTA SAYA KEPADA 165 MAKIN BERTAMBAH. DAN SEKARANG SAYA SUDAH BERANI MENGADAKAN IN HOUSE BUAT LINGKUNGAN SAYA DOAKAN SAYA AGAR DAPAT TERUS BERJUANG SEBAGAI SRIKANDI 165. TAK LUPA SAYA INFORMASIKAN KAMI KEMBALI AKAN MENGADAKAN IN HOUSE DI BSD PADA TANGGAL 5-6 APRIL SEMOGA ALLAH MENUNTUN LANGKAH – LANGKAH HAMBANYA YANG MERASAKAN 165 MELALUI ESQ LC. CONTAC PERSON 081574148000 (DELINA)

    ::oRiDo::
    semoga sukses yah Bu..
    daerah tangerang Pamulang bisa buat in house gak Bu??
    wah.. kalo saya di BSD, bakalan ikutan deh..

  18. akhwat fillah Says:

    Assalaamu’alaikum Wr.Wb

    Saya adalah seorang alumni ESQ, alhamdulillah saya merasa bahagia dan bersyukur mendapat kesempatan ikut ESQ gratis melalui program peduli pendidikan, saya sudah sering mendengar teman-teman saya cerita mengenai ESQ, mereka jadi bersemangat untuk berubah menjadi lebih baik, yang pasti banyak teman saya yang mendapat hidayah setelah ikut ESQ. Saya sering berfikir wah….hebat juga ya ESQ, bisa merubah teman saya yang saya ajak ikut ngaji susahnya minta ampun, tapi ada yang membuat saya sedih yaitu setelah selang beberapa bulan setelah ikut ESQ teman saya kembali ke keadaan seperti semula, padahal sebelumnya dia sangat bersemangat. Saya menyesali keadaan ini, karena saya fikir hidayah yang sudah diperoleh dengan susah payah akhirnya bisa pergi begitu saja, hanya tinggal puing-puing. Saya jadi penasaran pengen tahu seperti apa sih ESQ itu???
    Dan alhamdulillah belum lama ini saya mendapat kesempatan itu. Saya berkesimpulan, ESQ meningkatkan ghiroh dalam beramal. Terus terang, alhamdulillah saya sudah merasa mendapat hidayah dari sejak saya masih kuliah, jadi ikut ESQ membuat saya seperti baterai yang baru di charge, alhamdulillah.
    Tapi….yang saya tidak setuju adalah menggunakan lagu-lagu yang tidak bermakna/jahiliyyah sebagai background tampilan media, saya fikir ESQ adalah suatu kebenaran, dan kebenaran itu jangan disatukan dengan kebathilan karena keduanya adalah hal yang tidak mungkin bersatu. Jadi untuk lebih memaksimalkan hasil, lebih baik pilihlah lagu-lagu yang islami, saya fikir saat ini sangat mudah mencari nasyid-nasyid yang sesuai dengan tema yang dipaparkan di ESQ.
    Kemudian yang tak kalah penting adalah adanya follow up dari ESQ untuk terus menjaga hidayah yang sudah dirasakan oleh para alumni. saya merasa inilah faktor yang menyebabkan teman saya berubah kembali ke keadaan semula, apalagi kalu lingkingan tidak mendukung. Mungkin pihak ESQ bisa bekerja sama dengan lembaga dakwah yang ada di daerah masing-masing, untuk meneruskan pembinaan kepada para alumni, karena semangat untuk menjalankan ajaran islam harus tahu ilmunya. Sering saya menemui alumni yang bicaranya sangat semangat tetapi menggunakan pakaian yang seolah-olah tidak berpakaian, menggunakan perhiasan seperti toko emas dan berhias seperti artis yang mau shooting, mungkin karena dia tidak tahu ilmunya, jadi dia tidak masalah dengan penampilannya. Saya mengusulkan seperti ini karena merasa hidayah itu tidak semua orang dapat, oleh karena itu kita harus menjaganya sampai ajal menjemput. Mendapat hidayah memang tidak mudah, tapi……merawat hidayah supaya tetap terpatri dalam hati kita adalah hal yang lebih sulit lagi.
    Terima kasih atas perhatiannya.

    Dari akhwat yang peduli ESQ

    ::oRiDo::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    setuju..
    semoga Allah swt selalu membimbing kita semua agar selalu dalam jalan yang di berkahi Allah swt..

  19. gerakjalanesq Says:

    ikutan gerak jalan esq menyambut 100 th kebangkitan nasional yaa, sebar luaskan juga!

  20. gerakjalanesq Says:

    Dalam Rangka Peringatan 100 Tahun Kebangkitan Nasional
    ESQ LC dan FKA mengadakan GERAK JALAN
    pada tanggal 20 MEI 2008
    (umum/alumni dan non alumni)

    Biaya Pendaftaran sebesar Rp 15.000/orang (gratis kaos)

    Rute :
    Menara 165 – Putaran Trakindo
    (Cilandak) – Menuju Highscope
    Putaran bawah (Highscope) – Menara 165.

    JADWAL, INFORMASI SERTA PETUGAS PENDAFTARAN :
    ESQ Leadership Center,
    Jln. Ciputat Raya No. 1B, Jakarta 12310.
    Tel. 021-7696654 / Fax. 021-7696645
    ü Sdri. Nia (0856-95631665)
    ü Sdri. Ivi (0813-10747165)
    ü Sdri. Nina (0815-10782233)
    ü Sdri. Aina (0815-13271165)
    Pendaftaran dapat lewat email atau sms
    ke nomor yang tersebut diatas

  21. gerakjalanesq Says:

    Go go go!!!

  22. juli Says:

    Ass.wr.wb.
    P A G I ……
    Alhamdulillah akhirnya saya mendapat kesempatan untuk mengikuti training esq165 apalagi gratis, suatu nikmat yang tiada terkira, setelah sekian lama menunggu, training esq165 peduli pendidikan dalam rangka ulang tahun bank kalbar.Terima kasih bank kalbar yang telah memberikan kesempatan, saya termasuk dalm angkatan pp09 yang diadakn pada tanggal, 30 mei – 1 juni 2008.
    begitu banyak ilmu yang di dapat begitu besar manfaat yang diberikan esq165 kepada kita semua,…semoga perjuangan ini selalu diberkati Allah SWT. Amin…..
    menuju indonesia emas 2020.
    Ass.wr.wb.

    ::oRiDo::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    PAGI!! 🙂
    insyaAllah nilai2 yg kita dapat kan di ESQ dapat kita pertahankan..
    semoga istiqamah..
    semangat..
    😉

  23. Faizal 165 Teens 7 Tasikmalaya Says:

    Ass..
    Pagiiiii….!!!
    buat sya ESQ sudah merubah cara pandang hidup saya…
    dulu sya hanya sekedar tau Allah dan mengerjakan sholat seperti hal y rutinitas biasa …
    tapi sekarang sy tau bahwa allah tuw dekat…
    allah selalu mengawasi perbuatan kita…
    kali ini sy tidak mau berbuat kesalahan lg…
    walawpun itu sulit..
    dan saya akan selalu ingat bahwa malaikat selalu mencatat perbuatan baik dan perbuatan jahat saya….
    dan khidupan dunia hanyalah kehidupan sementara…
    smoga kedepan hidup sy bsa menjadi lebih baik dari sekarang
    dan semua orang di dunia bsa mendpat hidayah dariu Allah SWT…
    Amin..
    kalo punya lagu-lagu ESQ saya minta ya, kirim za ke
    adrian_0077@yahoo.co.id
    salam kenal….
    salam 165..
    Pagi….!

  24. afrizah Says:

    pagi… esq 165 ku sangat senang bisa mengikuti pelatihan esq way 165 ini karena bagi saya pelatihan ini sangat lah bermanfaat bagi kehidupan, tapi kita harus mengikutinya berulang-ulang supaya tidak lupa dengan matewri yang kita dapatkan dari esq way 165 ini. dah ya makasih banget by: afrizah. pagi…salam esq and salam PAB.

    :: oRiDo™ ::
    pagi..
    saya juga inginnya bisa ikut berulang2..
    cuma sayang sekali tidak bisa..
    phhhh…
    semoga nanti ada di beri kesempatan lagi..
    🙂


Tinggalkan Balasan

