[HOTD] anak yatim

Dan ujilah anak yatim itu sampai mereka cukup umur untuk kawin. Kemudian jika menurut pendapatmu mereka telah cerdas (pandai memelihara harta), maka serahkanlah kepada mereka harta-hartanya. Dan janganlah kamu makan harta anak yatim lebih dari batas kepatutan dan (janganlah kamu) tergesa-gesa (membelanjakannya) sebelum mereka dewasa. Barang siapa (di antara pemelihara itu) mampu, maka hendaklah ia menahan diri (dari memakan harta anak yatim itu) dan barangsiapa yang miskin, maka bolehlah ia makan harta itu menurut yang patut. Kemudian apabila kamu menyerahkan harta kepada mereka, maka hendaklah kamu adakan saksi-saksi (tentang penyerahan itu) bagi mereka. Dan cukuplah Allah sebagai Pengawas (atas persaksian itu).
(QS. An-Nisaa’, 4 : 6)

Hadist riwayat Bukhari ra., ia berkata:
“Dari Nafi’, dia berkata: “Tidaklah Ibnu Umar mengembalikan suatu wasiat kepada seseorang”. Dan adalah Ibnu Sirin, perkara yang paling dia sukai dalam hal harta anak yatim ialah para penasehatnya dan para walinya berkumpul kepadanya, maka mereka memandang mana yang lebih baik baginya. Dan adalah Thawus apabila ditanya mengenai suatu urusan anak-anak yatim, maka beliau membaca: “Dan Allah mengetahui siapa yang berbuat kerusakan dari yang mengadakan perbaikan”. Dan berkata Atha’: “Pada anak-anak yatim terdapat yang kecil (rendah) dan terdapat yang besar (mulia); seorang wali menginfakkan kepada setiap insan (dari dua yatim itu) dengan seukur kadarnya dari bagiannya.?”


Links:
[tahukah anda akan ORang yang mendustakan agama?]
http://al-ahkam.com.my/home/modules.php?op=modload&name=News&file=article&sid=15097

[faRdu kifayah – kebajikan anak yatim]
http://www.telagabiru.net.my/index/index.php?option=com_content&task=view&id=68&Itemid=27

[memelihaRa anak yatim di Rumah atau di asRama ?]
http://syariahonline.com/new_index.php/id/11/cn/8287

[menyantuni anak yatim]
http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/1204/10/renungan_jumat.htm

[antaRa peduli palestina dan membantu anak yatim]
http://syariahonline.com/new_index.php/id/7/cn/20863

[anak yatim penyejuk hati]
http://www.republika.co.id/koran_detail.asp?id=183901&kat_id=14&kat_id1=&kat_id2=

[zakat ke panti asuhan muslim]
http://syariahonline.com/new_index.php/id/8/cn/11381

[beRpOligami bagi ORang yang mempunyai tanggungan anak-anak yatim]
http://www.almanhaj.or.id/index.php?action=more&article_id=1318&bagian=0

[anak angkat]
http://syariahonline.com/new_index.php/id/12/cn/5719

[siapakah anak yatim?]
http://www.webkl.net/article1969.html

[status anak angkat dalam islam]
http://www.amanah.or.id/detail.php?id=635

[pengelOlaan dana anak yatim]
http://syariahonline.com/new_index.php/id/4/cn/4975

[anak yatim]
http://www.brunet.bn/gov/mufti/irsyad/pelita/2002/ic42_2002.htm

[menyantuni anak yatim nOn muslim]
http://syariahonline.com/new_index.php/id/11/cn/421

[60 pintu pahala dan pelebuR dOsa]
http://www.galeribisnis.com/artikel/iman/pahala_dosa.php

[abu thalib seORang mu’min]
http://swaramuslim.net/ISLAM/more.php?id=499_0_4_0_M

[sumbangan buat anak yatim digunakan untuk kepentingan lain]
http://syariahonline.com/new_index.php/id/11/cn/6156

[mencintai saudara se-iman melebihi cinta kepada diRi sendiRi]
http://www.alsofwah.or.id/index.php?pilih=lihathadits&id=26

-perbanyakamalmenujusurga-

intisaRi:

  • Anak yang ditinggal mati oleh ibunya ketika ia masih kecil bukanlah termasuk anak yatim.
  • Yatim ialah kehilangan induknya yang menanggung nafkah. Di dalam Islam yang menjadi penanggung jawab urusan nafkah ini ialah ayah, bukan ibu.
  • Bagi setiap wali anak yatim bilamana ia dalam keadaan fakir diperbolehkan baginya memakan sebagian anak yatim dengan cara ma’ruf (baik) menurut sekadar kebutuhannya saja demi kemaslahatan untuk memenuhi kebutuhannya tidak boleh berlebih-lebihan
  • Orang yang menindas serta berlaku zalim kepada anak yatim adalah termasuk kedalam orang-orang yang mendustakan agama
  • Berbuat baik kepada anak yatim termasuk kesempurnaan tauhid.
  • Allah s.w.t telah menjanjikan ganjaran syurga kepada umatnya yang memelihara dan memberi perlindungan kepada anak-anak yatim (kecuali ia melakukan dosa yang tidak terampunkan).
  • Salah satu sarana untuk menenangkan batin dan mendamaikan hati ini adalah mendekati anak yatim, terlebih yatim piatu.
  • Apabila seseorang itu sudah mencapai umur baligh, maka tidaklah lagi dinamakan dia sebagai anak yatim
  • Islam tidak mengenal anak angkat. Islam mengakui bahkan menganjurkan mengangkat anak orang lain, dalam arti pemeliharaan.
HOTD-anak-yatim
HOTD-anak-yatim.do…
buka folder HOTDfiles

12 Tanggapan to “[HOTD] anak yatim”

  1. anisa Says:

    Insyaallah entar kalo pulang bawa ningyo…cuma bikinnya yg belum bisa…masih mau sensei yang mau ngajari pak..

    Mudah2an suatu saat di rumahku bisa memelihara anak yatim, bisa memberikan kasih sayang, memberikan pendidikan yang layak, mengajarkan kehidupan, betapa bahagianya bila itu bisa terwujud. sepertinya itu masih menjadi PR bagi kami…mohon doanya ya Pak .

  2. orido Says:

    kmaren saya lihat di koran, yg mirip2 ningyo itu satunya dijual 50rb keatas.. klo bu Anisa bisa bikin dan lebih murah, ya mungkin bisa bisnis ningyo.. heheh.. prospek ngga yah?? gak tau juga.. 😀

    insyaAllah saya doa kan bu Anisa..
    saya juga berharap bisa memelihara anak yatim.. saya berharap dapat berada di sisi Rasulullah saw di surga nanti…
    amin..

  3. Evy Says:

    Pak, mau tanya kalau anak korban perceraian, yg bapaknya sudah tidak ngurusi lagi danibuny abanting tulang, itu termasuk anak yatin apa engga? Aku kalau mau nolong ga milih2 sih pak, yg kiranya perlu saja ku tolong, aku ga mikirin itung2an pahalane… lha wong GustiAllah aja nggak itung2an to pak. Memang org yg ga perduli anak yatim termasuk mendustakan agama ya pak, ya ttg anak yatim dan fakir miskin ini di Al-Quran, perintah sholat selalu diringi kedua kata ini, ga pernah sendirian. Sbnrnya kalau orang2 yg sholat melaksanakan semuanya menolong fakir miskin juga bakal aman, makmur dan tentram deh negara kita 🙂

  4. deKing Says:

    Hik..hik..jadi sedih
    Aku jadi ingat adik kecilku tersayang (dia masih kelas 1 SD)…
    Dia adalah adikku yang baru bergabung dalam keluargaku ketika dia sudah berumur 3,5 bulan …
    I LOVE YOU TITA…

  5. deKing Says:

    Upps ketinggalan..
    salam kenal Mas…
    mmm mas dari Yogya (Gunung Kidul) ya? Maaf kalau sok tahu 😀

  6. orido Says:

    @ Evy:
    pengertian anak yatim adalah anak yg ditinggal mati ayahnya. Jd klo utk anak yg ditinggal ayahnya krn perceraian, itu tidak termasuk anak yatim, krn seorang ayah yg menceraikan istrinya dan meninggalkan anak, maka si ayah berkewajiban menafkahi anaknya tersebut.
    Alhamdulillah Bu Evy.. bagus lah klo bu Evy menolong tanpa itung2an pahala… tetapi perlu juga dipertimbangkan bahwa segala sesuatunya tergantung niat , jd perlu kiranya bu Evy menolong dgn niat yg jelas.. lillahi ta’ala misalnya… 😉
    yg termasuk kedalam orang yg mendustakan agama adalah orang yg berbuat zhalim terhadap anak yatim, terutama bagi yg memakan harta anak yatim. Bentuk ketidakpedulian yg diikutsertakan dgn sikap mencemooh atau tidak suka thd anak yatim dapat dikatakan sbg menzhalimi. tetapi jika hanya bentuk ketidakpedulian saja, mungkin itu hubungannya dgn kepedulian sosial saja..
    wallahu ‘alam bishowab…
    Mungkin lebih tepatnya agar aman, makmur dan tentram negara kita ini jika dijalankan sistem yg islami..:D tetapi memang segala sesuatunya dimulai dari diri sendiri dulu, kita sebagai muslim harus bener dulu shalatnya (krn shalat adalah tiang agama), setelah itu hablum minannas…
    insyaAllah..

    @ deKing
    bersyukurlah keluarga deKing yg memperoleh kesempatan utk dapat memelihara anak yatim… semoga selalu dapat berkah dari Allah swt..
    salam kenal juga.. salam uikhuwah..
    kok bisa spesifik ke gunungkidul yah?? bukan, aku aseli orang Bandung.. emang pernah sih ke gunungkidul dalam rangka TA mengenai air tanah..

  7. Evy Says:

    Lho ya jelas niat itu Lillahitaala to pak, karena itu aku pikir, biar ga tercemar niat2 lain ,emding diem2 aja klo nolong, tapi klo semua kaku begitu misale harus anak yatim padahal dia mampu sementara ada anak yg bukan yatim ortu-nya amsih ada padahal ga mampu, ya aku pikir lebih baik di salurkan yg bukan yatim itu, kurasa GustiAllah ga kaku, eh mustinya kamu cari2 dulu yang yatim dong… tapi aku bukan ahli agama sih pak, aku cuman berusaha memahami agama, mudah2an ga salah, karena memahami itu ga cuman membaca thok…secara harfiah gitu tapi mengkaji… itulah di jenengi mengaji….

    Rumah anak yatim sekarang isinya banyakan bayi yg dibuang bukan bener2 yatim, masak begitu kita ga urus to pak meski ada wong tuane… so sad ya pak, tapi mudah2an InsyaAllah suatu saat aku bisa bikin rumah yatim yg penuh cinta dan senyum, amien..:)

  8. fysal Says:

    salam orido..bolehkah aku meminta pada mu teks bacaan witir selepas solat..

  9. orido Says:

    salam juga fysal..
    maaf baru saya jawab sekarang, krn koneksi internet di kantor sedang ada gangguan..
    mungkin utk request mas fysal maksudnya doa Qunut witir… doa nya sebagai berikut:

    اَللَّهُمَّ اهْدِنِيْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِيْ فِيْمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِيْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا أَعْطَيْتَ، وَقِنِيْ شَرَّ مَا قَضَيْتَ، فَإِنَّكَ تَقْضِيْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ، إِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، [وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ]، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ.
    “Ya Allah! Berilah aku petunjuk sebagaimana orang yang telah Engkau beri petunjuk, berilah aku perlindungan (dari penyakit dan apa yang tidak disukai) sebagaimana orang yang telah Engkau lindungi, sayangilah aku seba-gaimana orang yang telah Engkau sayangi. Berilah berkah apa yang Engkau berikan kepadaku, jauhkan aku dari kejelekan apa yang Engkau qadha, sesungguhnya Engkau yang menjatuh-kan qadha, dan tidak ada orang yang memberikan hukuman kepadaMu. Se-sungguhnya orang yang Engkau bela tidak akan terhina, dan orang yang Engkau musuhi tidak akan mulia. Maha Suci Engkau, wahai Tuhan kami dan Maha Tinggi Engkau.”

    doa tersebut bisa di lihat di link ini..
    mudah2an emang itu yang di maksud…
    semoga berguna..

  10. widya Says:

    terima kasih doa qunutnya ya mas, kebetulan saya lagi nyari.

    ::oRiDo::
    alhamdulillah..

  11. tonigol Says:

    Asalamualaikum Wr wb.

    Pak, mohon pencerahan mengenai memelihara anak yatim dan janda.

    Saat ini saya sudah memelihara janda yang tidak mampu yang mempunyai anak berumur 9 th, kedua orang tersebut tinggal dirumah saya. Janda tersebut saya suruh bantu2 dirumah dan saya gaji tiap bulan, serta anaknya saya sekolahkan.sampai saat ini sudah berjalan sekitar 3 bulan mereka tinggal dirumah. Yang menjadi ganjalan saya adalah, selama ini jika diberi tahu anak tersebut sulit diatur, suka melawan sawa orang tuanya dan suka bohong.

    Saya sering menegur, tetapi kelihantannya tidak pernah berubah. Bagemana hukumnya jika saya memarahi tapi untuk tujuan kebaikaan.

    Tiap hari sudah saya buat jadwal untuk dia, dari jadwal bangun pagi, sekolah, main, belajar,nonton tv, sholat di masjid, dengan tujuan agar dari kecil tumbuh rasa disiplin dan tanggung jawab. Tapi selalu saja masih semaunya sendiri.

    Mohon pencwerahanya supaya anak yersebut menjadi anak yang baik dikemudian hari.

    Wassalam.

    :: oRiDo™ ::
    pak Tony bisa baca di HOTD – Anak Sholeh, di sana terdapat adab/kiat mendidik anak diantaranya dengan menjaga makan secara islami, pergaulan anak, pendidikan tauhid dan akhlaq anak, dlsb. selain itu pak Tony bisa juga berdoa agar dimudahkan segala urusan..

    semoga usaha pak Tony dapat menjadi amal ibadah yang berkah dunia akhirat..

  12. lambang Says:

    saya sedang mencari anak yatim untuk keluarga saya. adakah diantara sahabat yang bisa membantu???
    wassalam


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: