[HOTD] shOlat dhuha

Demi waktu matahari sepenggalahan naik, dan demi malam apabila telah sunyi (gelap), Tuhanmu tiada meninggalkan kamu dan tiada (pula) benci kepadamu, Dan sesungguhnya hari kemudian itu lebih baik bagimu daripada yang sekarang (permulaan), Dan kelak Tuhanmu pasti memberikan karunia-Nya kepadamu , lalu (hati) kamu menjadi puas.
(QS. Adh Dhuhaa, 93 : 1-5)

Hadist riwayat .Ahmad, Muslim dan Abu Daud,
Abu Dzar r.a., dia berkata, Rasulullah SAW., bersabda, “Setiap tulang dan persendian badan dari kamu ada sedekahnya; setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, setiap amar ma’ruf adalah sedekah dan setiap nahi munkar adalah sedekah. maka, yang dapat mencukupi hal itu hanyalah dua raka’at yang dilakukannya dari shalat dua.”


Links:
[sOlat dhuha hindaRi kepapaan]
http://nurjeehan.wordpress.com/2007/02/10/solat-dhuha-hindari-kepapaan/

[sembahyang dhuha]
http://www.brunet.bn/gov/mufti/alhadaf/mac99/h_dhuha.htm

[dalil shOlat dluha]
http://syariahonline.com/new_index.php/id/2/cn/1472

[kala fajaR menyingsing]
http://www.republika.co.id/suplemen/cetak_detail.asp?mid=5&id=178622&kat_id=105&kat_id1=147

[sahkah shalat dhuha apabila niatnya dadakan?]
http://syariahonline.com/new_index.php/id/2/cn/2862

[shalat-shalat sunnat yang ditunaikan sehaRi-haRi]
http://www.almanhaj.or.id/index.php?action=more&article_id=1946&bagian=0

[shalat dhuha tiap haRi]
http://syariahonline.com/new_index.php/id/2/cn/1334

[Re: shalat dhuha tiap haRi]
http://www.mail-archive.com/keluarga-islam@yahoogroups.com/msg05799.html

[shalat sunnat di peRjalanan, menyambung shalat sunnat dengan shalat faRdhu]
http://www.almanhaj.or.id/index.php?action=more&article_id=664&bagian=0

[waktu pelaksanaan shalat dhuha]
http://syariahonline.com/new_index.php/id/2/cn/180

[shalat dhuha yuk…!!!]
http://murdikawati.blogspot.com/2007/02/shalat-dhuha-yuk.html

[sOlat sunat dhuha]
http://www.al-ahkam.net/home/index.php?name=MDForum&file=viewtopic&p=22571

-perbanyakamalmenujusurga-

Point rangkuman:

  • Shalat Dhuha hukumnya sunnah muakkad (yang ditekankan)
  • Shalat Dhuha dilakukan sekitar 20 menit selepas terbit matahari atau tinggi matahari daripada pandangan jauh sekadar satu al-Rumh atau batang lembing yakni kira-kira dua meter
  • Waktu shalat Dhuha berakhir sebelum menjelang waktu Zuhur
  • Jumlah rakaat adalah dua hingga delapan rakaat (dilakukan dua-dua rakat).
  • Surat yang sunat dibaca selepas membaca Faatihah pada rakaat pertama ialah surah as-Syams dan rakaat kedua selepas membaca al-Faatihah disunatkan membaca surah adh-Dhuha
HOTD- shOlat-dhuha
HOTD- shOlat-dhuha…
buka folder HOTDfiles
Iklan

59 Tanggapan to “[HOTD] shOlat dhuha”

  1. Bangun Says:

    Assalamualaikum, salam kenal akhi

  2. faith1089 Says:

    Subhanalloh!
    Kebetulan saya lagi nyari pencerahan lagi,
    pengen banget mengistiqomahkan kembali amalan yang satu ini..
    syukron untuk ilmunya

    jazakallahkhaironkatsiro

  3. Adilla Says:

    Assalamualaikum,
    salam kenal Mas, terima kasih artikelnya :).

    • kjay Says:

      Adilla tolong ane minta artikelnya boleh ga,kirimya ane tunggu tanks

      :: oRiDo™ ::
      sudah di kirim via imel..
      😉

  4. anisa Says:

    Aswb. Terima kasih untuk selalu diingatkan sholat dhuhanya..
    Pak Ridho ada Artikel tentang arti mimpi bertemu dengan Nabi Besar Muhammad SAW ? Terimakasih sebelumnya.Wassalam

  5. orido Says:

    wlkm slm wr.wb.
    alhamdulillah… mudah2an dapat berguna buat yang lain..

    saya juga memang sedang mau mengusahakan agar istiqamah dalam mengamalkan shalat dhuha ini, semoga kita semua dapat meningkatkan amal ibadah kita dengan tidak hanya melakukan yang wajib, tapi juga yang sunah…

    insyaAllah nanti saya coba carikan artikel seputar mimpi..
    *next HOTD ?? :-)*

  6. Agam Says:

    Alhamdulillah…
    Beneran banyak banget keuntungan sholat dhuha, gak ada ruginya. Selain mendekatkan dengan Allah, urusan dunia jadi lebih lancar.

  7. aespe Says:

    assalamu’alaikum..

    thx info nya, saya butuh info limit waktu dhuha ini, cuman ada yg bilang sebelum dhuhur ada yg bilang mpe jam 14an.. punya sumber hadis dsb ga pak? ga penting sih, cuman pengen tau aja.. trims ya.

  8. orido Says:

    berdasarkan dari artikel2 yg saya baca, waktu dhuha ini berakhir menjelang shalat zhuhur. silahkan coba dibaca2 lagi aja artikel2 yg sudah saya link, ato silahkan download file nya di sini:
    http://www.esnips.com/doc/9e196d02-97c6-4bc2-8316-107f01251cdd/HOTD–shOlat-dhuha/?widget=documentIcon

    semoga berguna

  9. Tisna Says:

    Assalamu’alaikum Wr Wb.

    Saya memang belum baca semua artikelnya, tapi saya baca sepintas saja bagus.Mudah2n bisa semakin mendekatkan kita kpd ALLAH SWT dan kita dapat lebih menghidupkan sunah2 baginda Rasulullah SAW

  10. Arum Says:

    Ass.Wr.Wb

    Saya sangat mau dan niat shalat dhuha. Tapi saya tidak begitu hafal surat As-Syams. Saya binggung, kalau ada seseorang yang tidak bisa membaca surat As-Syams bagaimana? Apa dia tidak boleh mengerjakan shalat Dhuha? Dan apakah tidak boleh diganti dengan surat yang lain???

  11. orido Says:

    surat asy-Syams dan surat adh-Dhuha adalah surat sunat yang dibaca pada saat shalat dhuha… jadi tidak wajib harus ke dua surat tersebut.
    Artinya, ibu Arum dalam mengerjakan shalat dhuha boleh membaca surat selain asy-Syams dan surat adh-Dhuha
    namanya juga sunat, maka akan lebih baik jika ibu Arum membaca surat asy-Syams dan surat adh-Dhuha dalam shalat Dhuha..

  12. anas Says:

    Ada yang bilang kalo sholat dhuha itu nga’ ada lho pak, yang ada itu sholat sunah 2 raka’at pada waktu dhuha. YAang bener yang mana ya ?

    Tapi itu nga’ penting ding, yang jelas kita liat dalil, kita beramal, itu aja khan udah.

    ::oRiDo::
    banyak kok hadist2 yg menunjukkan keutamaan shalat dhuha..
    silahkan di lihat2 lagi mana yg lebih “shoheh” apakah yg bilang shalat dhuha itu ngga ada ato yg bilang ada…
    *jd shalat sunah 2 rakaat waktu dhuha itu di sebut apa yah? :D*

    yg terpenting itu melakukan amal dengan dalil2 yang jelas, artinya dengan ilmu.. oleh sebab itu kita sebagai muslim perlu untuk terus dan terus mencari ilmu..
    mari sama2 belajar dan beramal..

  13. cece Says:

    saya tak hapal2 surat as syam dan dhuha bisakah saya ganti dengan surat lain ketika sholat dhuha?

    ::oRiDo::
    surat as syam dan adh dhuha bersifat sunnat.. gak wajib..
    jd boleh saja menggunakan surat lain..
    tetapi akan lebih baik jika melaksanakan yang sunnat..
    😉

  14. wawan Says:

    pak, sy pernah baca ttg hadis dhuha dr Aisyah ra yg
    menyatakan tidak pernah melihat nabi sholat dhuha.
    dan hadis ini shahih.
    sy bc di buku tuntunan sholat Ibnu Qoyyim.

    ada penjelasan?

    ::oRiDo::
    mungkin ini berkaitan dengan pelaksanaan shalat dhuha setiap hari terus menerus..
    Dalam sebuah hadits dijelaskan bahwa Abdulloh bin Syaqiq pernah bertanya kepada Aisyah RA : “Apakah Rasulullah SAW melaksanakan sholat dhuha ?” ia menjawab : “tidak, kecuali jika beliau pulang dari berpergian” (HR Bukhori, Muslim, Malik, Abu Daud, An-Nasa’i)

    Hadits di atas menjelaskan bahwa Rasulullah SAW memang tidak pernah mendawamkan pelaksanan sholat dhuha bahkan dalam suatu riwayat dijelaskan bahwa tidak ada seorang pun yang pernah melihat Rasulullah SAW melaksanaknnya kecuali Ummu Hani RA.

    memang pelaksanaan shalat dhuha setiap hari ini masih terdapat perbedaan pendapat antar ulama, tetapi berdasarkan hadist berikut:
    Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu yang menceritakan : “Kekasihku Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi wasiat kepadaku dengan tiga hal yang tidak pernah kutinggalkan hingga meninggal dunia : Puasa tiga hari dalam sebulan, dua rakat’at shalat Dhuha, dan hanya tidur setelah melakukan shalat Witir” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim. Oleh Al-Bukhari no. 1981. Diriwayatkan oleh Muslim no. 721, telah ditahrij sebelum ini]
    dan hadist-hadist lainnya tentang shalat dhuha, sehingga Shalat Dhuha hukumnya sunnah muakkad (yang ditekankan).

    silahkan di baca links berikut:
    [Shalat Dhuha Tiap Hari] dan disini
    [Shalat Dhuha Tiap Hari]

    atau bisa di baca dan dipelajari bahan2 seputar shalat dhuha ini dengan men-download file HOTD-shalat-dhuha
    semoga berguna

  15. Putri Karunia K Says:

    intinya solat dhuha itu bagus! ayo kita sholat…

    ::oRiDo::
    yuk…
    🙂

  16. bambang Says:

    Ass.Wr.Wb
    Setelah sholat Dhuha ada doa-doa tertentu.
    Bisa dikirimkan.
    Tks. Wassalam

    ::oRiDo::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    biasanya doa nya adalah:

    “Ya Allah, jika rizkiku masih diatas langit, turunkanlah, dan jika ada di dalam bumi, keluarkanlah, jika sukar mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jika masih jauh dekatkanlah”

    yang itu versi pendek nya 🙂 untuk versi yg lebih panjang, bisa lihat di file HOTD-shalat-dhuha atau bisa juga lihat di link ini atau ini
    semoga berguna..

  17. winda Says:

    Ass.wr.wb untuk smua pembaca,shalat dhuha banyak manfaatnya terutama untuk kesejahteraan dan keselamatan kita di dunia dan akherat,saya insyallah sdh merasakan manfaatnya saat ini,salam kenal untuk smua pembaca yang selalu di muliakan Allah…

    ::oRiDo::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    yups.. betul tuh mba..

    btw
    gak ada salah nya utk sharing cerita seputar shalat dhuha mba..
    monggo…
    🙂

  18. eric Says:

    Ass.wr.wb
    Alhamdullilah, m winda sudah merasakan nikmatnnya sholat Dhuha. Kalau boleh tahu apa saja yang m winda rasakan kebesaran ALLAH SWT melalui sholat Duha. mohon dibalas melalui email saya eric_aeli@yahoo.co.id
    wasalam
    eric

    ::oRiDo::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    banyak sekali nikmat shalat dhuha yang dapat temukan.. menenangkan hati orang2 yang sedang menghadapi masalah.. kesejukan dan keindahan mengerjakan shalat dhuha.. dan lain sebagainya..
    yg terpenting niatnya.. lillahi ta’ala.. biar lah Allah yg mengatur apa yg akan kita dapatkan dengan mengikuti apa2 yang diperintahkan dalam islam..
    insyaAllah..

    Jika mengawali hari dengan shalat dhuha.. insyaAllah, yakin lah akan dimudahkan oleh Allah swt..

  19. dian Says:

    Assalamu’alaikum. wr.wb.
    dulu saya pernah melihat dan mendengar di TV acara kultum mau buka puasa (sebelum Adzan Maghrib) salah seorang ustad, mengatakan mengenai sholat dhuha. Yang ingin saya tanyakan apa faedah jika kita melaksanakan sholat dhuha 2 raka’at, 4 raka’at, 6 raka’at, dan 8 raka’at.Ustad tersebut menjelaskan mengenai faedahnya tapi saya lupa yang saya ingat cuma yang 6 raka’at saja

  20. ross Says:

    seneng banget bisa kasih koment di sini
    saya juga sedang belajar dan menghapal surat as-syam dan surat dhuha…
    sebelum nya saya juga biasa melakukan sholat dhuha
    tapi di ganti dgn surat lain..

    ::oRiDo::
    mari sama2 belajar dan beramal..
    🙂

  21. roma Says:

    solat sunah dhuha itu bagus dijalani oleh umat islam….karena itu solat dhuha membuka pintu rezeki dan jodoh.

    ::oRiDo::
    yups betul..

  22. susilo Says:

    Assaalamu’alikum..

    mari kita galakkan shalat dhuha sebagai pembuka rejeki kita….

    Wassalamu’alikum..

    ::oRiDo™::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    insyaAllah..

  23. dewi Says:

    asallamu’alaiikum. wr.wb
    saya sudah membaca mengenai sholat dhuha dan saya berniat sekali menjalankan nya
    tapi saya belum tahu untuk surat asy syam bisakah saya dapatkan dan dikirimkan bacaan latinya surat asy syam ke email saya supaya saya lebih mantep dan khusyu’ melakukan sholat dhuha dan saya ingin menghafalkannya. semoga sudi untuk membalas dan mengirimkan bacaan surat tsb kepada saya. saya tunggu khabar baiknya. sebelumnya terimakasih.
    wasallamu’alliikum. wr. wb

    :: oRiDo™ ::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    tidak wajib surat asy-syam dan adh-dhuha..
    klo balum hafal bisa pake surat laen kok..
    🙂

    bacaan latin nya sudah saya kirim via imel..
    untuk bacaan latin surat2 dalam alQur’an, bisa di lihat di sini:
    http://alquran.babinrohis.esdm.go.id/?

    semoga berguna..
    🙂

  24. blogsabrina Says:

    kak, sebelum menjelang dzuhur itu berapa menit sebelum dhuhur?
    na takut salah ni,,ntar jadi dosa lagi..

    Jazakallaho khayron!
    ^^

    :: oRiDo™ ::
    ada kok di salah satu artikel nya.. coba lihat pada halaman 14

    Waktunya sholat dhuha mulai terbitnya matahari dari ¼ jam setelah terbitnya matahari sampai kurang ¼ sebelum shalat zhuhur.

    mari sama2 belajar dan beramal..
    🙂

  25. da_lurach Says:

    Assalamualaikum wr… wb…

    gini nech.. saya lagi belajar sholat dhuha.
    kira2 waktu sholat dhuha klo di konversikan ke jam jadi pukul brp ya?
    saya sering melakukan sholat dhuha antara jam 06.30 – 07.00 kira2 sah ato tidak?soalnya saya harus brgt kerja jam 07.00?
    trus klo saya blm hafal surat as-syam, boleh ga klo rakaat pertama saya baca surat ad-dhuha trus rakaat kedua baca surat laen?

    tolong di balas dengan jawaban yang bijaksana ya, soalnya saya pengen bgt dpt nikmat dari sholat dhuha…

    terima kasih…

    wassalamualaikum…

    :: oRiDo™ ::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    kayaknya udh ada di bahas pada komentar sebelum nya..

  26. Rani Says:

    Assalamualaikum, terimakasih ya atas artikelnya.. Doakan saya agar bisa istiqomah menjalankan ibadah yang satu ini.

    salam,
    Rani.

    http://www.duniarani.co.cc

    :: oRiDo™ ::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    semoga selalu istiqamah dalam mengamalkan shalat dhuha..
    amin.. amin…

  27. islammarket Says:

    Mau beli buku Hafal Al Qur’an dalam Sebulan?
    Hubungi:
    Azmi Yudianto
    0856 4117 4798
    ato hubungi lewat email:
    fariskmm@yahoo.co.id
    yudi_321@yahoo.co.id
    http://islamarket.wordpress.com

    Harga Rp. 22.000
    Biaya Kirim ditanggung pembeli.

    :: oRiDo™ ::
    tertarik mo pasang iklan di bog ini? di pasang di footer ato bagian kanan blog ini..
    email aku aja..;-)

  28. BELLA Says:

    Dh,
    pak,,,saya mau tanya,,,
    saya sholat dhuha tapi bukan untuk saya,saya mendoakan untuk orang lain,supaya dia cepat mendapatkan pekerjaan,apakah mudah doa kita dikabulkan

    mohon dibalas secepatnya
    Thank’s
    SANTIKA

    :: oRiDo™ ::
    dengan melaksanakan saat shalat dhuha, insyaAllah akan dilancarkan segala urusan bagi orang yang melaksanakannya..
    untuk mendoakan teman, bisa dilakukan pada waktu2 lain, insyaAllah akan dikabulkan.. apalagi pada waktu2 yang pasti di ijabah oleh Allah swt, seperti pada saat sepertiga malam terakhir, antara adzan dan iqamah, pada saat sujud, ketika imam shalat jumat naik mimbar, dlsb..

  29. BELLA Says:

    Assalamualaikum

    saya ingin berbagi pengalaman mengenai sholat dhuha
    saya waktu itu ingin beralih pekerjaan,dan saya berusaha cari kerja,cari dan terus cari,tapi diiringi dengan usaha,doa,sholat dhuha,dan sholat tahajud,tapi hasilnya sudah ada dan sekarang saya sudah kerja,

    salam kenal
    sabella

    :: oRiDo™ ::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    alhamdulillah…
    semoga tetep shalat dhuha dan tahajud walopun udh dapat kerja..

    tinggal di ajak temen nya mba..
    😉

  30. sabella Says:

    Assalamualikum wr,,,wb
    pak ustat saya punya masalah berat,dan saya pusing harus gimana,saya punya cowok saya pacaran sama dia sudah 3 tahun,dan selama itu orang tua saya tidak tahu,dia tidak suka dengan cowok saya karena tidak memiliki pekerjaan,dan sekarang dia sudah kerja,dan dia mau nikahin saya,jadi gimana saya harus menghadapi orang tua saya nanti,apabila waktu sudah tepat untuk kami menikah

    :: oRiDo™ ::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    pacaran dalam islam tidak diperbolehkan..
    alangkah lebih baiknya jika hal tersebut dihindari.. setidaknya ketika bertemu, perlu untuk ditemani oleh orang ke-tiga.. untuk menghindari fitnah..

    dalam menghadapi orang tua..
    bagaimanapun kondisinya, dalam hal ini restu orang tua sangatlah diperlukan..
    coba lah utk memberi pengertian pada orang tua..

  31. wawan Says:

    pak, apakah ada dalil nya, atau asal usulnya doa setelah sholat dhuha yg spt ini:

    Ya Allah, jika rizkiku masih ! di atas langit, maka turunkanlah,
    jika masih di dalam bumi, maka keluarkanlah,
    jika masih sukar, maka mudahkanlah,
    jika (ternyata) haram, maka sucikanlah,

    dst ?

    mohon penjelasannya

    :: oRiDo™ ::
    dari beberapa rujukan artikel yang saya dapatkan, memang doa sholat dhuha lengkapnya adalah sebagai berikut:

    اللَّهُمَّ إِنَّ الضُّحَاءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَائُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ . اللَّهُمَّ إِنْ كَانَ رِزْقِي فِي الْسَمَاءِ فَأَنْزِلْهُ وَإِنْ كَانَ فِيْ الأَرْضِ فأَخْرِجْهُ وَإِنْ كَانَ مَعْسِرًا فَيَسِّرْهُ وَإِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَإِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَائِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِي مَا أَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ .

    Artinya:
    Ya Allah ! bahawasanya waktu Dhuha itu adalah waktu Dhuha-Mu, keindahan itu adalah keindahan-Mu, kecantikan itu adalah kecantikan-Mu, kekuatan itu adalah kekuatan-Mu, kekuasaan itu adalah kekuasaan-Mu, dan perlindungan itu adalah perlindungan-Mu. Ya Allah ! Ya Tuhanku, jika rezekiku berada di atas langit, maka turunkanlah, dan jika berada di dalam perut bumi maka keluarkanlah, dan jika sukar maka mudahkanlah, jika haram maka sucikanlah, jika masih jauh maka dekatkanlah. Berkat waktu Dhuha-Mu, Keagungan-Mu, Keindahan-Mu, Kekuatan dan kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang soleh.

  32. sabella Says:

    Assalamualaikum….

    saya ingin memberitahukan bahwa bacalah surat yasin,
    saya banyak banget mengahadapi cobaan dari allah swt,tapi saya tidak bisa ceritakan, tapi saya ingin berbagi manfat yang saya rasakan yang selalu saya amalkan setiap harinya selesai mengerjakan sholat fardhu,,,

    waktu saya sedih saya slalu sedih tapi sekarang ngak tau kenapa hati saya tenang banget,yang dulunya sedih menghadapi cobaan ini,,,tapi saya tenang

    :: oRiDo™ ::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    semakin dekat kita dengan Allah SWT, insyaAllah akan semakin tenang kita..
    😉

  33. cemp Says:

    mencari tempat yang tepat untukj menenagkan diri

    :: oRiDo™ ::
    semoga mendapatkan apa yang di cari..
    🙂

  34. cemp Says:

    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    “Sholat dhuha” agar Allah Benar-benar memberikan Kepada Kita Rezeki yang benar-benar halal marilah kita sholat dhuha secara kontinyu, InsyaAllah rezeki kita akan bertambah..aminnn

    :: oRiDo™ ::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    amin…
    insyaAllah..
    🙂

  35. sabella Says:

    assalamualaikum,
    pak ustat saya mau tanya,,,,kenapa semakin kita berbuat kebaikan orang selalu jahat sama kita,apa kita harus balas dendam tapi itu tidak baek

    :: oRiDo™ ::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    kadang kala kita dihadapkan kondisi dimana lingkungan kita tidak menyukai apa yang kita lakukan..
    mungkin itu adalah salah satu ujian buat kita apakah kita dapat istiqamah dalam berbuat kebaikan atau tidak..
    mungkin perlu secara perlahan dalam berbuat kebaikan (memperlihatkan ke-islam-an) kita, coba lah untuk lebih akrab terlebih dahulu dengan teman2 sekitar, tentunya tanpa mesti mengikuti cara2 mereka yang salah..
    setelah kita akrab, baru perlahan kita tunjukkan ke-islam-an kita.. mudah2an akan lebih mudah dalam mengajak pada kebaikan dan kebenaran..

    balas dendam??
    JANGAN.. TIDAK PERLU…
    ingat… Rasulullah pun ketika di awal2 kenabiannya, banyak dicemooh, dihina, dilempari batu, dlsb.. 😦
    tapi apa yang Rasulullah lakukan ketika Malaikat Jibril meminta ijin Rasulullah utk menghancurkan kaumnya yang melempari Nabi??
    Rasulullah malahan mendo’a kan agar mereka diberi hidayah..
    Allahumma shalli ‘alaa Muhammad….

  36. sabella Says:

    Assalamualaikum

    pak ustat saya wanita yang memakai jilbab, apa saya mendapatkan pahala,tapi wanita-wanita lain masih banyak yang tidak memakai jilbab trus memakai pakaian yang tidak wajar dalam islam, saya wanita memakai jilbab aja banyak cobaannya,,,

    tapi ada teman saya yang selalu jahat sama saya,ada saja tidak berkenan dengan saya,setelah dia peke jilbab bentar pake bentar tidak saya nasehati tidak mau didengarnya,sampe sekarang dia tidak pake jilbab lagi dan memakai pakaian yang tidak wajar,saya tidak mengatakan orang laen tapi itulah kenyataannya

    :: oRiDo™ ::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    selama kita menjalankan syariat islam dan menegakkan apa2 yang diperintahkan Allah swt dengan sepenuh hati dan niat lillahi ta’ala, maka insyaAllah akan mendapat pahala dari Allah swt.

    perkara orang lain yang tidak menjalankan perintah Allah, sebagai hambaNYA, cukup kita doa kan untuk kebaikannya saja, urusan pahala biar Allah swt yang mengatur..
    yakin lah se-yakin2 nya, bahwa Allah swt selalu memberikan yang terbaik bagi hambaNYA..
    🙂

  37. sabella Says:

    assalamualaikum
    Pak Ustat saya mau tanya lagi,apabila orang sudah meninggal dunia,ada orang kenduri 20 hari,40 hari,sampe 100 hari,apa itu ada dalam al-qur’an,kalau ada sebutkan dalil nya dan suratnya,,,

    Trus sedangkan keluarga yang ditinggalkan orang yang tidak mampu tapi dia memaksakan kehendak untuk buat kenduri tersebut,,,,

    :: oRiDo™ ::
    Sebagian kalangan menolak dimungkinkannya pahala bacaan Al-Quran untuk dikirimkan kepada ruh orang yang sudah meninggal. Alasannya adalah seandainya hal itu memang benar, pastilah Rasulullah SAW memerintahkannya, atau setidaknya beliau pernah melakukanya. Menurut mereka, tidak ada satu pun dalil yang menunjukkan hal itu. Sehingga praktek demikian dianggap mengada-ada dan tidak ada tuntunannya.

    Di antara ulama yang cenderung berpendapat seperti ini adalah Syeikh Rasyid Ridha. Beliau berhujjah bahwa hal seperti itu tidak ada dalam kitabullah, sunnah nabi dan ijma”. Seseorang tidak akan menerima pahala dari orang lain, sebagaimana disebutkan di dalam Al-Quran:
    Tidaklah seseorang menerima pahala kecuali dari apa yang dilakukannya. (QS. An-Najm: 39)

    Dan hadits-hadits menyebutkan bahwa yang bisa bermanfaat buat orang yang sudah wafat hanya tiga: Sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak shalih yang mendoakan.
    Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Apabila anak Adam meninggal dunia, maka semua amalnya terputus, kecuali tiga: shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak shalih yang mendoakannya. (HR Muslim)

    islam itu tidak menyulitkan..
    jika memang tidak mampu, tidak perlu dipaksakan..

  38. Tunjillah Says:

    Assalamu’alaikum wr wb.
    Alhamdulillah saya dapat banyak informasi dari situs ini mengenai Shalat Dhuha
    Memang selama ini saya belum mengerjakannya karena masih belum hafal surat pendek
    As-Syam dan Ad-Dhuha dan saya tidak tau kalau itu sunat karena saya mendengar
    kalau sahnya shalat dhuha harus membaca surat pendek tersebut, dan untuk do’a
    setelah shalat Dhuha Insya Allah saya hafal.
    Mudah-mudahan saya dapat mengerjakannya dengan mengganti surat pendek lainnya.
    Do’akan saya ya…………………. Terimakasih
    Wassalamu’alaikum wr wb.

    :: oRiDo™ ::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    semoga mas/mba bisa istiqamah dalam menjalankan shalat dhuha..
    🙂

    • Ny. Tunjillah Says:

      Insya Allah. Amiin. Terimakasih

      :: oRiDo™ ::
      🙂

  39. Nofrizal.SP Says:

    Telah lama aku gak kerjakan shalat Dhuha. Hari ini aku kerjakan shalat dhuha setelah mendengarkan ceramah dari ustad Yusuf Mansyur minggu siang dalam acara Damai Indonesiaku, Alhamdulillah setelah mengerjakan shalat Tahajud Malam dan paginya shalat dhuha aku dimudahkan oleh Allah. Aku kekurangan uang untuk bayar telepon dan kakak ngasih uang untuk nambah bayar telepon karena hari ini terakhir aku bayar telepon terlambat satu hari langsung bayar dendanya.

    :: oRiDo™ ::
    alhamdulillah…
    semoga mas Nofrizal selalu diberikemudahan dan istiqamah dalam melaksanakan shalat dhuha..
    🙂

  40. masjoe Says:

    Untuk melaksanakan hal yang wajib saja, banyak orang yang mengatakan: ” saya sibuk…ah…nggak sempat “, apalagi untuk melaksanakan ibadah sunah, pasti lebih banyak lagi ya Mas….. emang perlu tekad / niat yang extra tuk meninngkatkan pelaksanakan ibadah harian kita…Semoga saya juga bisa….

    :: oRiDo™ ::
    yups..
    betul..
    semoga kita dapat istiqamah dalam melaksanakannya..
    🙂

  41. sun Says:

    Alhamdulillah semua yang dikatakan benar , sy juga udah merasakannya dengan menjalankan Sholat Dhuha secara Istiqomah smua dimudahkan oleh -Nya… amin..amin..amin
    ayo sholat dhuha …

    :: oRiDo™ ::
    amin..
    ayo..
    🙂

  42. Eko Says:

    Assalamualaikum Pak, saya pernah mendengar bahwa fadilah shalat Dhuha adalah:
    2 Raka’at : Allah Ta’ala akan catat bukan dari golongan orang yang lalai.
    4 Raka’at : Allah Ta’ala akan catat sebagai orang yang ahli ibadah.
    6 Raka’at : Allah Ta’ala akan mencukupi kebutuhan dia pada hari itu.
    8 Raka’at : Allah Ta’ala akan catat sebagai orang ta’at.
    12 Raka’at : Allah Ta’ala akan buatkan rumah untuk dia di Surga.
    mohon penjelasannya pak kalau ada dalilnya juga.
    Terima kasih, Wassalam

    :: oRiDo™ ::
    sedikit saya copy paste dari link ini (ada dalam salah satu link dalam postingan)

    Yang masyhur di kalangan para ulama adalah paling minimum dua rakaat sahaja dan bilangan yang maksimum adalah lapan rakaat. Cuma terdapat juga pendapat sebilangan ulama yang mencadangkan bilangan yang paling afdal iaitu empat rakaat (dilakukan secara dua kali salam). Ini bersandarkan hadis Aishah (Riwayat Imam Abu Daud) menjelaskan bahawa Nabi melakukannya sebanyak empat rakaat. Begitu juga hadis Qudsi yang disampaikan oleh Nu’aim yang bermaksud: “Wahai anak Adam! Usahlah dikau lemah daripada mengerjakan empat rakaat Dhuha. Demikian itu pasti melengkapi kebajikan genap satu hari yang dikau jalani.” (Riwayat Imam Abu Daud dengan sanad yang sahih)
    Solat ini juga diriwayatkan berjumlah enam rakaat (tiga kali salam) seperti hadis Nabi yang disebutkan oleh Jabir bin Abdullah. (Riwayat Imam al-Tabarani)
    Dalam pada itu, ada juga riwayat yang dirakamkan oleh Anas bin Malik menjelaskan bahawa Nabi s.a.w. bersabda: “Barang siapa yang menunaikan solat sunat Dhuha sebanyak 12 rakaat maka nescaya Allah s.w.t. akan membina sebuah mahligai di dalam syurga kelak.” (Riwayat Imam al-Tirmizi)
    Tegasnya, bilangan yang masyhur adalah antara dua hingga lapan rakaat. (Kitab al-Majmu’ karangan Imam Nawawi). Oleh itu, eloklah ia dijadikan sandaran bagi amalan kita.

    semoga berguna..
    🙂

    • eko Says:

      Terima kasih Pak atas jawabannya, saya jd lebih faham, kalau menurut Bapak kalau kita shalat duha mengharapkan manfaat-manfaat yang saya tanyakan sebelumnya bagaimana pak, soalnya saya banyak berharap dengan shalat duha bisa memudahkan menyelesaikan masalah-masalah saya, Wassalam.

      :: oRiDo™ ::
      hmmm… ini artinya berbicara mengenai harapan terhadap pahala yah..? 🙂

      Rasulullah mewasiatkan kepada para pengikutnya agar banyak berharap pahala dan surga serta berlindung dari azab neraka. Diantaranya, kita disuruh berdoa perlindungan dari 5 hal di dalam shalat sebelum salam: Berlindung dari azab qubur, fitnah dajjal, fitnah kehidupan dan kematian, azab jahannam.
      Jika pahala dari Allah tidak untuk di harapkan dan ancaman adzab dari Allah tidak untuk ditakuti, lalu untuk apa Allah menjanjikan pahala dan memberikan ancaman adzab?

      boleh juga pak Eko beramal hanya berharap ridha Allah tanpa melihat pahala yang dijanjikan Nya..
      (ada yang bilang: “selama kita masih berharap pahala dalam melakukan ibadah atau kebaikan, maka itu juga belum termasuk dalam kategori “ikhlas”.. “)
      jika berharap ridha Allah, maka ini sama dengan anda beramal dengan aturan syariat Allah dan Rasul-Nya, anda ikhlas kepada-Nya, mengikuti sunnah nabi-Nya.
      Menggapai ridha Allah tidak boleh dipertentangkan dengan berharap surga dan pahala, dan tidak boleh dipertentangkan dengan ketakutan kita terhadap neraka dan azabnya. Kesemuanya adalah sama.

      semoga membantu..
      🙂

      • Eko Says:

        Terima kasih atas jawabannya Pak..karena akhir-akhir ini sepertinya hidup saya mengalami banyak kendala…mudah-mudahan dengan shalat duha ikhtiar kita semua dipermudah..amiin.
        Wassalam.

        :: oRiDo™ ::
        amin…
        wa’alaikum salam wr.wb.

      • Eko Says:

        Assalamualaikum Wr. Wb
        Saya mohon penjelasan lagi Pak..Saya pernah baca hadis di dlm buku Al-Ma’tsurat, Imam Syaid Hasan Al-Banna, Penerbit Solahuddin Press, pada foot notes no 10 : Dari Abu umamah ra, Rasul SAW bersabda: “Barang siapa membaca ayat-ayat terakhir dari surat Al-Hasyr pada waktu malam atau siang, maka Allah SWT akan menjamin baginya surga”.
        Pertanyaan saya apakah kalau kita ibadah nya standar saja dan kita membaca surat diatas maka kita pasti masuk surga, mohon juga tentang kesahihan hadist tersebut..terima kasih Wassalam.

        :: oRiDo™ ::
        wa’alaikum salam wr.wb.

        kita sbg ummat Nabi Muhammad insyaAllah akan masuk surga, hanya saja karena manusia tidak lepas dari salah maka manusia akan mampir/lewat dulu di neraka..seberapa lama kita di neraka? tergantung pada kualitas amal kita…
        dilain pihak…
        surga pun ada tingkatan2nya..
        ada yang biasa saja, yah mungkin utk yang amalnya biasa..
        dan ada yang “VIP”, tentunya diperuntukkan bagi HambaNya yang selalu menjalankan segala yang Allah perintahkan dengan sepenuh hati, dan benar2 menjauhi semua yang dilarang Allah..

        layaknya sebuah hotel atau penginapan..
        yang kelas manakah yang sahabat inginkan??
        dan dengan “modal” yang sahabat miliki.. kelas manakah yg pantas anda dapatkan??
        😉

        jangan lupa juga..
        seperti sudah disinggung diatas sebelumnya, bahwa manusia tidak luput dari dosa..
        apakah “modal” yang kita miliki itu masih cukup untuk mendapatkan surga nya Allah?
        jangan2 “modal” itu sudah habis karena dosa2 kita..
        semakin banyak kita beramal.. semakin berat timbangan amal.. dan semakin besar kemungkinan kita masuk surga..

        berkaitan dengan shahih nya Al-Matsurat, bisa dilihat disini:
        http://www.al-ikhwan.net/shahih-al-matsurat-583/

        wallahu’alam bishshowab..

        • Eko Says:

          Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1430 H, Mohon Maaf Lahi dan Batin, Mudah-mudahan Ibadah puasa kita tahun ini diterima Allah SWT..amiin.
          Terima kasih atas pencerahan nya Pak, mudah-mudahan barokah..Wassalam.

          :: oRiDo™ ::
          sama2..
          amin..

          mari kita sama2 belajar dan beramal..
          🙂

  43. abdurrahman hakim Says:

    assalamualaikum? saya mau tanya apa hukum bisnis MLM (www.duta4future.com)? mohon maaf jika pertanyaan saya menyimpang dr topik.

    :: oRiDo™ ::
    wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh..
    mungkin bisa baca disini:
    FIQIH – Bisnis MLM dalam Pandangan Islam (Bag 1)
    http://www.haryobayu.web.id/?aksi=detail_blog&nomor=612
    FIQIH – Bisnis MLM dalam Pandangan Islam (Bag 2)
    http://www.haryobayu.web.id/?aksi=detail_blog&nomor=613

    semoga bermanfaat..

  44. rohman Says:

    maaf klo saya boleh kasih saran menurut saya lebih baik diadain kumpulan biar kita bs sharing secara langsung bs lebih jelas

    :: oRiDo™ ::
    maksutnya kumpulan seperti apa ya pak?
    sharing/membahas apa?
    dan seperti apa teknisnya?

  45. abdurrahman hakim Says:

    knp NOORDIN M TOP ngBOM orang amerika? masak jihad bukan ditempat konflik? gmn bs menyadarkan mereka yg tersesat?

    :: oRiDo™ ::
    mari kita sama2 mendoakan agar kedamaian dapat berjalan di dunia ini..

  46. janu Says:

    maz mau nanya…. saya pernah denger kata2 seperti ini..= Menikahlah Kamu Maka Akan Dilancarkan Rizki mu…. itu ayat apa ya maz… mohon di balas ke email yah… hehehee…

    :: oRiD™ bilang ::
    Menikah merupakan salah satu sebab dibukanya pintu rizki, sebagaimana disabdakan Nabi Shallallaahu alaihi wa Salam ,”Tiga orang yang akan dijamin pertolongan dari Allah: Orang menikah karena ingin menjaga diri, mukatib (hamba sahaya yang ingin memerdekakan diri) yang menepati janjinya dan orang yang berperang di jalan Allah.”

  47. erlian Says:

    saya sangat ingin sekali tau faedah-faedah yangterkandung dalam shalat dhuha karna saya ingi tau seberapa besar faedah nya dann apasaja manfaat nya, agar jika sayua tau , dapat saaya amalkan pada yang lain nya

    oRiD™ bilang:
    di salah satu link artikel diatas ada kok di bahas..
    kalo ngga, download aja kumpulan file nya, dan silahkan di lihat di sana,..
    🙂

  48. [HOTD] shalat isyRaq, mendapatkan pahala ibadah haji « oRiDo™ On wORds Says:

    […] Rukun khatib jumat[DOA] setelah shalat faRdhu[DKMB] e-bOOk kumpulan aRtikel khutbah jum'at lengkap[HOTD] shOlat dhuha[DOA] mOhOn dijadikan hamba yang beRsyukuR[DOA] Adab Bila TuRun Hujan dan PetiR[DOA] mOhOn […]

  49. amin Says:

    maz..tolong donk kirimkan email ke sy doa sholat dhuha dengan tulisan arab berikut artinya .thanks

    oRiD™ bilang:
    oke..
    insyaAllah..

  50. Arif Says:

    Assallamu’alaikum
    Semoga nanti bisa aku amalkan.AMIN

    oRiD™ bilang:
    wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh..
    amin..
    mari kita sama2 belajar dan beramal..
    🙂

  51. mahdaleni Says:

    Assalamu’alaikum pak,
    pak, saya minta tolong buat niat sholat dhuha dalam bahasa arab donk…..

  52. Sheilla Says:

    Assalamualaikum Wr Wb.

    Pak mau tanya, ibu saya menggajarkan apabila tidak hapal surat Asy syams dan Adh Dhuha bisa di ganti
    pada rakaat 1 baca ayat kursi 10x
    pada rakaat ke 2 baca al ikhlas 10x

    apakah benar bisa begitu?? mohon tanggapannya.. terima kasih

    :: oRiD™ bilang ::
    wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh..
    sampai saat ini saya tidak menemukan penjelasan berkaitan dengan harus sekian kali – sekian kali,
    tetapi yang jelas surat Adh-Dhuha dan Asy-Syams adalah surat yang di anjurkan,
    jika tidak hafal, tidak apa menggunakan surat yang lain.

    • Sheilla Says:

      Terima kasih Pak 🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: