[BMBT] siBibi

Jika kamu kafir maka sesungguhnya Allah tidak memerlukan (iman)mu dan Dia tidak meridhai kekafiran bagi hamba-Nya; dan jika kamu bersyukur, niscaya Dia meridhai bagimu kesyukuranmu itu; dan seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain. Kemudian kepada Tuhanmulah kembalimu lalu Dia memberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui apa yang tersimpan dalam (dada)mu.
(QS. Az Zumar, 39 : 7)

sudah hampir 1 bulan ini, di rumahku ada siBibi, yang membantu istriku dalam membereskan rumah dan mengerjakan ini-itu termasuk pekerjaan rumah seperti mencuci dan memasak.
siBibi berasal dari golongan kurang mampu, tinggal di dan mengontrak 1 kamar ukuran 3x3m. siBibi tinggal bersama ketiga anaknya, sedangkan suami siBibi sudah meninggal sekitar 10thn lalu. Anak yang paling kecil SD dan anak yang kedua SMP, anak pertama di STM. Alhamdulillah setelah siBibi ngurus ke RT-RW dan lembaga yang terkait akhirnya anak kedua dan ketiga mendapatkan bebas biaya sekolah. Kadangkala (atau seringkali?) anak2 siBibi memilih untuk berjalan kaki menuju sekolah agar bisa mengirit pengeluaran atau memang karena tidak punya uang, padahal jarak rumah sampai ke sekolahan cukup jauh.

siBibi datang ke rumahku dari jam 7 pagi dengan berjalan kaki dari rumahnya, sekitar setengah jam. siBibi pulang setelah kerjaan nya dirumahku selesai, biasanya sampai jam 2an. Dan biasanya istriku membekali siBibi dengan makanan seadanya, senang sekali hati kami ketika siBibi tersenyum senang ketika menerima bekal yang istriku berikan.
Pernah kami datang ke rumah kontrakannya untuk melihat langsung kondisi siBibi dengan anak2nya. Yah ternyata kondisi siBibi memang seperti yang siBibi ceritakan, bahkan kami ditawarkan untuk makan bekal yang kami berikan pada hari itu.. yah mungkin memang karena tidak ada makanan yang lain yang bisa siBibi tawarkan.
Beberapa hari setelah itu, istriku bertanya ke siBibi, biasanya siBibi+anak2nya makan sama apa, ternyata hanya dengan garam. Kalo dibawain bekal dari istriku, ya saat itulah mereka makan dengan lauk.

siBibi cerita bahwa siBibi pernah didatangi oleh seorang pastur yang menawarkan uang 2juta dan komputer untuk anaknya dengan syarat siBibi dan anak2nya mau pindah ke agama si pastur… ternyata siBibi menolak tawaran si pastur itu, ckckckc.. itu adalah sesuatu yang mengagumkan untuk orang dengan kondisi seperti siBibi yang bisa menolak tawaran yang cukup menggiurkan seperti itu.

Sejak awal Januari ini, ibunya siBibi masuk rumah sakit, rumah sakit immanuel, ibunya siBibi mesti dirawat di rumah sakit dikarenakan ada masalah dengan ginjalnya, dan kemarin siBibi bilang kepada kami untuk meminjam sejumlah uang untuk digunakan untuk pembayaran rumah sakit dan siBibi bilang akan bekerja di rumah kami tanpa dibayar, siBibi memperlihatkan photocopy-an struk dari rumah sakit dimana biaya rumah sakit memerlukan dana 7,5juta… dengan berbekal photocopy-an struk dari rumah sakit itu juga, siBibi mendatangi jamaah shalat jum’at mengharapkan bantuan dari mereka…
informasi terakhir, siBibi cerita kalo dokter rumah sakit menawarkan kepada siBibi untuk tidak membayar biaya rumah sakit alias gratis tidak perlu membayar biaya 7,5juta tersebut dengan syarat siBibi mau di baptis… dan ternyata diluar perkiraan, siBibi dengan tegas menolak tawaran pihak rumah sakit tersebut, siBibi bilang “ngga..ngga.. ngga mau saya.. saya akan berusaha melunasi biaya rumah sakit!!…”

Aku dan istriku hanya bisa memberikan sejumlah uang walaupun tadinya uang itu aku alokasikan untuk membantu adikku yang akan menikah, belum lagi tabungan ku yang tak seberapa tidak cukup untuk persiapan kepindahanku ke Jakarta.
Dengan bekal sejumlah uang dari kami dan tambahan uang yang siBibi peroleh dari meminta sumbangan dan kumpul2 dari sumber lainnya yang kami yakin tidak sampai 7,5juta, siBibi akan mencoba agar pihak rumah sakit mau menerima uang seadanya untuk membayar semua biaya rumah sakit tersebut.
Sampai saat ini siBibi masih terus berusaha untuk mendapatkan tambahan bantuan, segala cara siBibi lakukan kecuali sampai pindah agama..

teman-teman..
kami hanya mengharapkan minimal do’a dari teman-teman untuk siBibi, semoga siBibi dapat terus istiqamah dalam iman nya kepada Allah swt. Dan semoga siBibi diberikan kemudahan dalam menghadapi berbagai kesulitan yang siBibi dan anak2nya hadapi…

ada satu pernyataan siBibi yang mungkin akan selslu terngiang dibenak kami, siBibi bilang, “yah ngga apa2 Bibi mah susah hidup di dunia, asal ngga susah di akhirat”…

Links:
[mewaspadai kristenisasi dan fitnah terhadap umat islam]
http://swaramuslim.net/more.php?id=1710_0_1_0_m

[kristenisasi & pemurtadan]
http://syariahonline.com/new_index.php/id/1/cn/6713

[giat menghalau kristenisasi]
http://www.mualaf.com/modules.php?name=News&file=article&sid=358

[peringatan dari bahaya gerakan kristenisasi dan wasilah-wasilahnya]
http://almanhaj.or.id/index.php?action=more&article_id=1256&bagian=0

[warga miskin depok jadi sasaran kristenisasi]
http://www.eramuslim.com/news/nas/459b520e.htm

[aksi kristenisasi terhadap warga minang kian terorganisasi]
http://www.hidayatullah.com/index.php?option=com_content&task=view&id=1&Itemid=65

[bagaimana hukumnya bekerja di perguruan kristen bagi seorang muslimah???]
http://syariahonline.com/new_index.php/id/1/cn/7251

[kristenisasi dan kejahatan-kejahatannya]
http://www.perpustakaan-islam.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=79

[bantuan dari pendeta/gereja untuk pembangunan mesjid ?]
http://syariahonline.com/new_index.php/id/11/cn/7209

[beasiswa dari non-islam?]
http://syariahonline.com/new_index.php/id/11/cn/2242

[kristenisasi menyerbu kampus]
http://www.pks-jaktim.or.id/sejahtera/article.php?sid=317

[bolehkan saya mengajar biologi di sekolah kristen]
http://syariahonline.com/new_index.php/id/11/cn/1875

-perbanyakamalmenujusurga-

BMBT-siBibi
BMBT-siBibi.doc
buka folder HOTDfiles

21 Tanggapan to “[BMBT] siBibi”

  1. sofi Says:

    ga aneh rid. yg aneh kalo orang yg ngaku islam membujuk rayu sesama orang islam buat ngikut golongan dia dan nganggap orang di luar golongan dia adalah kafir😛

  2. grandiosa12 Says:

    kali aja mau dipoligami sama AA gym…

  3. orido Says:

    huahahaha… emang tadi pagi bilangnya siBibi juga mo usaha minta bantuan ke AaGym (baca: DeTe)..
    aku bilang ke istri ku.. iya gak apa2.. siapa tau AaGym mau poligami lagi
    dan istriku bilang.. o iya yah.. wanita sholehah tuh…

  4. orido Says:

    kmaren dapat info dr RT ktnya bs minta keringanan ato semacamnya ke Depsos, tanya2 informasi ktnya depsos ada d Naripan, eh ternyata udh pindah ke Cimahi.. rencana mungkin hr ini siBibi naek kreta mnuju Cimahi..

    sempet juga katanya ngedatengin kantor Dompet Dhuafa, ntah mungkin karena siBibi ada di RS kristen, cuma dapet 200rb…😦

  5. orido Says:

    inTan: perkembangan terakhir Bibi kumaha?
    inTan: kabari ya🙂

    Perkembangan terakhir..
    setelah siBibi dengan dibantu oleh sodara2nya yg laen, akhirnya alhamdullah (??) sampe saat ini udh terkumpul sekitar 6jt, ntah bgmn mreka dapatkan uang itu, kmungkinannnya khan paling klo bukan ada yg ngasih ya paling ada yg minjemin..
    jd msh kurang 1,5jt lagi..

    Hr ini siBibi ngga masuk kerja dirumahku..
    kmaren katanya sih klo ngga kmaren yah hr ini siBibi mo pergi ke Depsos yg ada di Cimahi, naek kreta ekonomi katanya..

    inTan: aku bisa bantu gimana?

    Seperti yg aku bilang sebelumnya.. minimal bantu do’a..
    ya klo mo lebih dari minimal.. insyaAllah Aku sampaikan..😉

  6. orido Says:

    Alhamdulillah..
    pagi (siang?) ini aku cek imel, ada informasi dari ibu Anita yang telah mentransfer sejumlah uang untuk Bibi, semoga amal ibu Anita diterima dan dibalas langsung disisi Allah swt..

    Koreksi..
    ternyata informasi ttg sudah terkumpul 6jt itu salah, maaf sebelum dan sesudahnya..
    sampai sekarang Bibi masih berusaha terus utk dapatkan bantuan.

    Kemarin sudah coba ke Depsos yg katanya di Cimahi, ternyata bukan di Cimahi juga, akhirnya ketemu *lupa dimana* depsos jabar, dan ternyata depsos jabar pun tidak bisa berbuat banyak, malah menyarankan utk ke depsos pusat (jakarta)..
    dengan berbekal uang hasil jual TV (dikasih orang), rencana Bibi hr ini mau coba ke depsos jakarta.. aku sendiri ragu apakah di depsos jakarta akan mendapatkan hasil yg sesuai dengan harapan atau malah kekecewaan lagi…
    dan katanya juga mau coba datengi Dada Rosada..

    innalillah..
    ibu Bibi sampai skrg msh di RS Immanuel, msh terpasang berbagai alat kedokteran ditubuhnya..
    sementara setelah jawaban tegas Bibi yg menolak untuk di Baptis kepada si dokter RS.. makin kemari si dokter makin “galak”, tidak ada lagi senyum ramah, bahkan kemarin Bibi coba minta keringanan ke si dokter dgn memberikan surat keterangan dari depsos *atau surat apa gitu*, si dokter malah melempar surat tersebut ke muka Bibi… Bibi cuma bisa menangis… belum lagi perlakuan suster2 jaga yang memperlakukan ibunya Bibi seperti bukan kepada pasien selayaknya..

    apakah ada diantara teman2 yang tahu lembaga yang dapat mendampingi Bibi?? Aku sendiri (apalagi istriku yg sudah kerepotan dgn Majid) tidak bisa menemani Bibi, karena aktivitas kerja yang memang tidak bisa Aku tinggalkan..
    yang aku khawatirkan adalah siapa tahu *boleh jadi* pihak rumah sakit menggunakan berbagai cara agar Bibi tertekan dan tertekan… dan bisa jadi Bibi tdk kuat menahan cobaan2 ini..😦

    ya Allah…

  7. anisa Says:

    mudah2an urusan bibi dimudahkan Allah dan bibi tetap memegang teguh keimanannya.
    Sama halnya Almr. nenekku dulu juga pernah dibujuk untuk meninggalkan islam..(aku disini juga gitu mas, silahkan baca di postinganku bulan Oktober 2006).

  8. Ozzan Says:

    Sedih baca postingan ini kang..
    Aku cuma bisa berdoa semoga Allah memudahkan segala urusannya dan memberikan jalan keluar yg terbaik utk sibibi.
    .. amin

  9. IDoLophMe Says:

    waduw,,makasih udah mo mampir di blog quw!!
    dpt linknya dr sapa??
    met tahun baru hijriah juga!! semangaaaaadt!!😉

  10. arnov Says:

    Subhanallah…. aku cuma bisa bantu doa untuk si bibi.

  11. Dani Iswara Says:

    semoga kita semua diberi kesehatan olehNYA..
    kesehatan semakin ‘mahal’, apalagi sakit.. 😦

  12. cc-line Says:

    Semoga Allah membalas kebaikan keluarga Orido dengan balasan yang lebih besar dan dari sumber yg gak disangka2. Semoga si Bibi dapat melampaui ‘ujian’ di dunia… biar bisa merasakan manfaatnya di akhirat. Bersyukurlah bagi kita2 yg gak diuji dg kekurangan harta… namun harus waspada, karena Allah akan menguji kita lewat cara yg berbeda.
    Kalo Orido sempat ke beberapa lokasi bencana… para ‘gembala’ tersebut sangat rajin mengunjungi mereka dan sangat ‘baik hati’.
    Selamat tahun baru 1428 Hijriyah juga…. ini adalah moment yg tepat buat muhasabah biar kita jadi lebih baik,,, karena semakin bertambah umur… semakin jauh kita dr garis strat dan makin deket dengan garis finih.

  13. grandiosa12 Says:

    buka rekening bantuan aja.. lengkap dengan kode IBAN banknya (untuk nerima transfer dari luar negeri).. insya Allah.. percayalah sama Orido.. hehehehe

  14. orido Says:

    Maaf baru cerita sekarang tentang Bibi, dikarenakan kepindahan saya ke Jakarta dan kesulitan memperoleh koneksi internet.

    Saat ini ibunya Bibi alhamdulillah sudah keluar dari rumah sakit, walaupun kondisinya belum recover total, tetapi karena pertimbangan ekonomi sehingga ibunya Bibi mesti dirawat dirumah saja.
    Total biaya utk rumah sakit adalah mencapai 10jt, semua biaya itu Bibi bayar melalui peminjaman ke siBatak (maaf, tanpa tendensi apa2, memang ini istilah yang digunakan Bibi), Bibi pinjam ke siBatak A sebesar 3jt, sedangkan Bapak nya Bibi pinjam ke siBatak B sebesar 5jt. Bapak nya Bibi dapat meminjam lebih mungkin karena Bapaknya Bibi punya rumah utk dijaminkan, kalau Bibi.. ntahlah apa yg menjadi dasar siBatak mau meminjamkan uangnya kepada Bibi.
    yah untuk sementara Bibi dapat berlega hati dgn keluarnya ibunya Bibi dari rumah sakit, tapi itu hanya sementara, tentunya yang ada dalam pikiran Bibi adalah bagaimana melunasi utangnya ke siBatak yang mamang sebelumnya Bibi juga sdh utang juga ke siBatak.

    Alhamdulillah hari jum’at 19 Jan lalu aku dapat titipan dari inTan dan kawan2nya sejumlah uang untuk Bibi, uang tersebut digunakan Bibi untuk membeli obat untuk ibunya Bibi, padahal sebelumnya Bibi sudah ada obat dari rumahsakit (seharga 600rb), tetapi karena padasaat mau keluar dari rumah sakit yang memang terburu2, obat yg sudah ada itu tertinggal, dan pada saat balik lagi ke rumah sakit pihak rumah sakit mengatakan tidak tahu sama sekali ttg obat tersebut.
    dikarenakan pada saat keluar dari rumah sakit Bibi dan keluarganya yg lain samasekali tidak punya uang, akhirnya minta bantuan Ambulance gratis dari Rumah Zakat..
    terimakasih banyak kata Bibi buat semuanya.

    sementara sgini dulu cerita perkembangan Bibi, insyaAllah saya update lagi apabila ada kesempatan..

    terimakasih banyak buat semua yg sudah support dan memberikan komentar dan do’a di posting mengenai Bibi ini, semoga Allah swt selalu memberikan barakah NYA bagi kita semua, amin..

    @Grandiosa12..
    terimakasih atas kepercayaannya..
    aku belum kepikiran utk membuka rekening krn kesibukanku dalam rangka kepindahan ke jakarta.. ntahlah, nanti aku pertimbangkan.
    ps: istriku masih di Bandung dan tetap masih kontak2 dengan Bibi, mudah2an Bibi segera dapat kerjaan di tempat lain sebelum istriku pindah juga ke jakarta..

  15. prayogo Says:

    Salam kenal, maaf saya belum bisa kasih komentar untuk tulisannya.

    Saya ingin bersilaturhami, karena mas orido juga pernh berkunjung ke blog saya. Terima kasih atas nasehatnya.

  16. M Shodiq Mustika Says:

    Alangkah baiknya bila orido daftarkan postingan ini di http://muhshodiq.wordpress.com/2007/02/28/pendaftaran-%e2%80%9ctop-posts%e2%80%9d-jan-feb-2007/
    pada kategori Empatic dan kategori lainnya yang relevan.

  17. Jauhari Says:

    siBibi maksudnya apa mas?

  18. orido Says:

    siBibi.. Bibi.. orang yang membantu istri saya dalam beres2 urusan rumah.
    imbuhan “si” tidak mengandung maksud apa2, cuma saya terbiasa menyebutkan orang ke tiga dengan tambahan imbuhan “si”.

  19. Pemilihan Top Posts Jan-Feb 2007 « M Shodiq Mustika Says:

    […] Si Bibi […]

  20. kwgzs Says:

    Good site!!!

  21. rivafauziah Says:

    Duh.. ternyata sampai segitunya buat mencari pengikut.. Lebih tabah dan tawakal..

    ::oRiDo::
    bantu doa aja buat si Bibi..
    alhamdulillah, anak nya si Bibi yg terbesar sekolah di STM dan termasuk dalam peringkat 3 besar..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: