[HOTD] cinta dan benci Allah

Hadist riwayat Abu Hurairah ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Sesungguhnya apabila Allah mencintai seorang hamba, maka Dia akan memanggil Jibril dan berkata: Sesungguhnya Aku mencintai si polan maka cintailah dia! Jibril pun mencintainya. Kemudian dia menyeru para penghuni langit: Sesungguhnya Allah mencintai si polan, maka cintailah dia! Para penghuni langitpun mencintainya. Kemudian dia pun diterima di bumi. Dan apabila Allah membenci seorang hamba, maka Dia memanggil Jibril dan berkata: Sesungguhnya Aku membenci si polan, maka bencilah pula dia! Jibril pun membencinya. Kemudian dia menyeru para penghuni langit: Sesungguhnya Allah membenci si polan, maka bencilah kepadanya. Para penghuni langit pun membencinya. Kemudian kebencianpun merambat ke bumi

Links:
[beRpROses meRaih cinta Allah]
http://siar.endonesa.net/?q=node/35

[pandangan AlQuran tentang sahabat]
http://abatasya.net/content/view/235/88/

[kasih sayang dalam Islam]
http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/2005/0205/11/renungan_jumat.htm

[semua kebaikan beRnilai sedekah]
http://www.republika.co.id/suplemen/cetak_detail.asp?mid=7&id=193675&kat_id=105&kat_id1=232&kat_id2=234

[keutamaan sabaR menghadapi cObaan]
http://www.muslimdiary.com/readarticle.php?article_id=743

-perbanyakamalmenujusurga-

3 Tanggapan to “[HOTD] cinta dan benci Allah”

  1. Tevy Says:

    Just curious…
    apa iyah Allah punya sifat membenci?
    dan apa iyah pencipta membenci ciptaannya? kemudian mengajak malaikat and so on untuk ikut membenci?

    Hmm…ada yg bisa njelasin? TQ

  2. orido Says:

    Makasih Tevy buat pertanyaannya, pertanyaannya bagus banget nih..
    oRiD coba njawab deh yah… 😀

    pertama banget, oRiD mo kasih sedikit koreksi nih..
    yg bener itu bukan "mengajak malaikat"… tapi menyeru atau memerintahkan lebih tepatnya..

    trus mengenai sifat membenci Allah..
    ini oRiD kutip beberapa tulisan dari artikel yg oRiD dapat di
    http://alsofwah.or.id/index.php?pilih=lihatkajian&parent_id=802&parent_section=kj029&idjudul=766

    "Sifat-sifat Allah terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama, adalah sifat dzatiyah, yakni sifat yang senantiasa melekat denganNya. Sifat ini tidak berpisah dari DzatNya. Seperti “ الْعِلْمُ ” (ilmu), “ الْقُدْرَةُ ” (kekuasan), “ السَّمْعُ ” (mendengar), “ الْبَصَرُ ” (melihat), “ الْعِزَّةُ ” (kemuliaan), “ الْحِكْمَةُ ” (hikmah), “ الْعُلُوَّ ” (ketinggian), “ الْعَظَمَةُ ” (keagungan), “ الْوَجْهُ ” (wajah), “ الْيَدَيْنِ ” (dua tangan), “ الْعَيْنَيْنِ ” (dua mata). Bagian kedua, adalah sifat fi'liyah. Yaitu sifat yang Dia perbuat jika berkehendak. Seperti, bersemayam di atas 'Arsy, turun ke langit dunia ketika tinggal sepertiga akhir dari malam, dan datang pada hari Kiamat."

    kalo kita pelajari dan cermati, asma ul-husna merupakan 99 nama Allah yg termasuk ke dalam sifat Dzatiyah dari Allah.. sedangkan untuk yg diluar Asma ul-husna, itu termasuk kedalam sifat fi'liyah.. dalam artikel tersebut juga disebutkan ttg sifat benci yg dimiliki Allah, disana disebutkan:

     Sebagaimana Allah mencintai hambaNya yang mukmin dan meri-dhainya, maka Dia juga memurkai orang-orang kafir dan munafik, membenci mereka dan membenci amal perbuatan mereka.

    Murka dan benci adalah dua sifat yang tetap bagi Allah sesuai dengan keagunganNya. Di antara dampak dari keduanya adalah terja-dinya berbagai musibah dan siksaan terhadap orang-orang yang di-murkaiNya dan dibenci perbuatannya.

    demikian kutipan dari artikel yg mungkin bisa membantu Tevy…
    buat teman2 yg lain, silahkan memberikan masukan dan tambahan yg berhubungan dengan topik ini…

    terimakasih..

    wallahu 'alam bishowab..
    yang benar hanya dan hanya dari Allah..

  3. iwan Says:

    subhanallah
    mudah2an kita menjadi orang yang dicintai olehNya. Amiin

    ::oRiDo::
    amin.. 🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: