[HOTD] membantu sesama Muslim

Like This!

Add to: Facebook | Digg | Del.icio.us | Stumbleupon | Reddit | Blinklist | Twitter | Technorati | Yahoo Buzz | Newsvine

bismillahhiRRahmaniRRahim

Itulah (kaRunia) yang (dengan itu) Allah menggembiRakan hamba- hamba-Nya yang beRiman dan mengeRjakan amal yang saleh. Katakanlah: "Aku tidak meminta kepadamu sesuatu upahpun atas seRuanku kecuali kasih sayang dalam kekeluaRgaan." Dan siapa yang mengeRjakan kebaikan akan Kami tambahkan baginya kebaikan pada kebaikannya itu. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha MensyukuRi.
[QS. Asy SyuuRa (42) ayat 23]

dibalas di dunia dan akhiRat

DaRi Abu HuRaiRah RA., dia beRkata,
Rasulullah SAW beRsabda, “BaRangsiapa yang meRingankan pendeRitaan seORang Mukmin di dunia, niscaya Allah akan meRingankan pendeRitaan (kesulitan)nya kelak di haRi Kiamat dan baRangsiapa yang memudahkan uRusan ORang yang mengalami kesulitan, niscaya Allah akan memudahkan uRusannya di dunia dan akhiRat. Siapa saja yag menutupi (aib) seORang Muslim, maka Allah akan menutupi (aib) nya di dunia dan akhiRat. Dan Allah selalu menOlOng hamba-Nya selama si hamba teRsebut menOlOng saudaRanya. Siapa saja yang menempuh suatu jalan guna mencaRi ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju suRga. Dan tidaklah suatu kaum (kelOmpOk) beRkumpul di salah satu Rumah Allah sembaRi membaca Kitabullah dan mengkajinya di antaRa sesama meReka melainkan ketenangan akan tuRun di tengah meReka, Rahmat meliputi meReka dan malaikat mengelilingi meReka seRta Allah akan menyebut meReka di sisi paRa malaikat. Siapa saja yang menjadi lamban kaRena amalnya (sehingga amal shalihnya menjadi kuRang), maka tidak cukup baginya hanya (beRmOdalkan) nasab.”

diampuni dOsa Lampau dan yang akan Datang

Rasulullah beRsabda, yang aRtinya ,
BaRangsiapa yang beRjalan (beRusaha) demi kebutuhan sesama muslim, padahal akhiRnya dia mampu memenuhi kebutuhan teRsebut atau tidak mampu, maka Allah akan mengampuni dOsa-dOsa masa lampau dan dOsa yang akan datang, juga akan dibeRi dua kebebasan, bebas daRi neRaka dan bebas daRi sifat munafik,”

masuk suRga tanpa hisab

Hadits Riwayat Anas Ra,
bahwa Rasulullah peRnah beRsabda, yang aRtinya, “ BaRangsiapa yang beRusaha memenuhi kebutuhan saudaRa muslim, maka Allah mencatat setiap langkahnya ditulis 70 kebaikan dan dihapus 70 kejahatan. Jika kebutuhan itu teRpenuhi, maka ia lepas daRi dOsa-dOsanya laksana baRu lahiR daRi ibunya. Bila ia mati pada saat itu, maka dia masuk suRga tanpa hisab”.

Links:

[Sesama Muslim Saling Membantu]
http://rumahislam.com/hadis/arbain-imam-nawawi/102-nawawi36.html

  • Kalimat “baRang siapa yang menutup aib seORang muslim” , maksudnya menutupi kesalahan ORang-ORang yang baik, bukan ORang-ORang yang sudah dikenal suka beRbuat keRusakan.
  • Kalimat “Allah senantiasa menOlOng hamba-Nya selama hamba-Nya itu suka menOlOng saudaRanya”. Kalimat umum ini maksudnya ialah bahwa seseORang apabila punya keinginan kuat untuk menOlOng saudaRanya, maka sepatutnya haRus dikeRjakan, baik dalam bentuk kata-kata ataupun pembelaan atas kebenaRan, didasaRi Rasa iman kepada Allah ketika melaksanakannya.

 

[Hadits 36: Membantu Sesama Muslim]
http://haditsarbain.wordpress.com/2007/06/09/hadits-36-membantu-sesama-muslim/

PelajaRan yang teRdapat dalam hadits / الفوائد من الحديث  :
1.     Siapa yang membantu seORang muslim dalam menyelesaikan kesulitannya, maka akan dia dapatkan pada haRi kiamat sebagai tabungannya yang akan memudahkan kesulitannya di haRi yang sangat sulit teRsebut.
2.     Sesungguhnya pembalasan disisi Allah ta’ala sesuai dengan jenis peRbuatannya.
3.     BeRbuat baik kepada makhluk meRupakan caRa untuk mendapatkan kecintaan Allah Ta’ala.
4.     MembenaRkan niat dalam Rangka mencaRi ilmu dan ikhlas di dalamnya agaR tidak mengguguRkan pahala sehingga amalnya dan kesungguhannya sia-sia.
5.     MemOhOn peRtOlOngan kepada Allah ta’ala dan kemudahan daRi-Nya, kaRena ketaatan tidak akan teRlaksana kecuali kaRena kemudahan dan kasih sayang-Nya.
6.     Selalu membaca Al QuRan, memahaminya dan mengamalkannya.
7.     Keutamaan duduk di Rumah Allah untuk mengkaji ilmu.

 

[Membantu sesama]
http://harapansatria.blogspot.com/2009/05/membantu-sesama.html

  • Imam Ghazali dalam Mukasyafatul Qulub (Rahasia ketajaman mata hati) menyatakan bahwa, Rasulullah beRsabda, yang aRtinya ,” beRuntung sekali ORang yang masih mampu melaksanakan kebajikan buat ORang lain, dan amat celaka ORang yang masih suka melakukan kejahatan disekitaR meReka.”
  • Salah satu cOntOh membantu sesama adalah membeRi sedekah. Di dalam hadist HR.Ibnu Majah, Nabi SAW peRnah menyampaikan bahwa di dalam peRjalanan IsRa, beliau melihat di pintu suRga teRtulis bahwa infaq shOdaqOh diganjaR 10 kali lipat sedangkan membeRi utang diganjaR 17 kali lipat. Nabi pun peRnah beRtanya kepada malaikat jibRil peRihal teRsebut, dan jibRil menjawab bahwa ORang yang dibeRi infaq belum tentu meReka membutuhkan sedangkan ORang yang beRhutang pasti memeRlukan bantuan.

 

[Hukum PeRbuatan Baik Yang Pahalanya MeRembes]
http://www.alsofwah.or.id/index.php?pilih=lihathadits&id=86

  • Allah menilai upaya seORang muslim untuk mencaRikan sOlusi bagi kesulitan yang dihadapi saudaRanya sesama Muslim, menghilangkan kesulitannya dan membukakan pintu haRapan kepadanya sebagai suatu amalan yang paling utama, paling tinggi dan paling banyak pahalanya.
  • sabda beliau SAW., “TOlOnglah saudaRamu, baik ia sebagai penzhalim atau pun teRzhalim.” Lalu ada seseORang yang menyeletuk, “Wahai Rasulullah, benaR, aku akan menOlOngnya bila ia sebagai teRzhalim, akan tetapi bagaimana pendapatmu jika ia sebagai penzhalim, apakah haRus aku tOlOng juga.?” Beliau menjawab, “Ya, dengan caRa menghalanginya daRi melakukan kezhaliman sebab itulah bentuk menOlOngnya.” (HR.BukhaRi dan at-TuRmudzi)
  • kapan saja seORang Muslim beRusaha untuk memenuhi hajat saudaRanya sesama Muslim baik dengan caRa membantunya, melunaskan hutangnya, membeRikan nafkah kepadanya, membela kehORmatannya, beRsedekah, membeRi hadiah, membeRinya makan atau pun membeRinya nasehat. Maka, Allah pasti akan menunjukinya ke jalan yang luRus, menOlOngnya, menghilangkan kesulitan dan deRitanya seRta menjadi PenOlOngnya di dunia dengan memudahkan kehidupannya dan membeRinya taufiq untuk melakukan amalan-amalan shalih. Demikian pula Dia akan menyelamatkannya di akhiRat kelak daRi keangkeRannya, kesulitan-kesulitan dan deRita-deRitanya seRta menaunginya dengan naungan-Nya di haRi di mana tiada naungan selain naungan-Nya.
  • SeORang Muslim haRus beRsungguh-sungguh di dalam mengetahui pintu-pintu kebaikan sehingga ORang lain beRsaing untuk memasukinya dan ikut-seRta di dalamnya, khususnya amalan-amalan yang manfa’atnya meRembes kepada ORang lain, sebab hal itu akan mendatangkan pahala yang beRlipat ganda.

 

[Ikhlas Menolong Sesama Manusia]
http://bataviase.co.id/node/93073

  • Sebagai seORang mukmin atau muslim kita mempunyai saudaRa seiman atau seagama, yang tentunya akan mempunyai kewajiban untuk saling membantu, saling menOlOng, saling menOpang, bagaikan sebuah bangunan yang saling menguatkan.
  • AjaRan Islam memang membeRi peRhatian yang tinggi kepada penganutnya untuk peka kepada keadaan sekitaR. Rasulullah saw menganjuRkan kepada pecintanya agaR senantiasa mempeRhatikan keadaan saudaRa di sekitaRnya. Muslim sejati tidak akan menunggu saudaRanya datang menghinakan diRi di hadapannya untuk meminta kepeRluan kepadanya. Sebaliknya, la secaRa pRibadi yang tanggap akan keadaan sekitaR. Ia membeRikan tanpa diminta. Dan Jika diminta, la kan membeRi tanpa meRuntuhkan haRga diRi.
  • TeRmasuk beRbuat baik kepada sesama muslim adalah ketika melihat saudaRa muslim kita beRada -dalam keRusakan maka kewajiban kita untuk mempeRbaikinya, ketika meReka menjauh maka dekatllah dan ketika melihat dua ORang saling beRmusuhan maka damaikanlah.
  • Dalam menOlOng sesama saudaRa. Islam tak hanya menekankan faktOR pembeliannya saja tapi Juga keikhlasan. Ikhlas meRupakan suatu sikap yang sangat mulia. Bagi kita manusia ikhlas sangatlah sulit dilakukan, kita hanya dapat beRusaha untuk ikhlas. Ikhlas adalah peRasaan tulus hati dalam membantu dan menOlOng ORang lain tanpa menghaRapkan balasan dalam bentuk apapun. Ikhlas yang sesungguhnya Jika kita membantu ORang lain kita tidak mengingat-nglngat akan bantuan kita, dalam aRti di masa depan kita tidak mengingat bantuan kita kepadanya dan tidak mengungkit sedikitpun mengenal bantuan kita Itu kepada siapa pun.

 

[Pertemanan Dalam Islam]
http://www.alsofwah.or.id/index.php?pilih=lihatkhutbah&id=91

  • PeRsahabatan yang paling agung adalah peRsahabatan yang dijalin di jalan Allah dan kaRena Allah, bukan untuk mendapatkan manfaat dunia, mateRi, jabatan atau sejenisnya. PeRsahabatan yang dijalin untuk saling mendapatkan keuntungan duniawi sifatnya sangat sementaRa. Bila keuntungan teRsebut telah siRna, maka peRsahabatan pun putus. BeRbeda dengan peRsahabatan yang dijalin kaRena Allah, tidak ada tujuan apa pun dalam peRsahabatan meReka, selain untuk mendapatkan Ridha Allah. ORang yang semacam inilah yang kelak pada HaRi Kiamat akan mendapat janji Allah.
  • Paling tidak, saat beRtemu dengan teman hendaknya kita selalu dalam keadaan wajah beRseRi-seRi dan menyungging senyum. Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam beRsabda,
    "Jangan sepelekan kebaikan sekecil apapun, meski hanya dengan menjumpai saudaRamu dengan wajah beRseRi-seRi." (HR. Muslim dan TiRmidzi).
  • TeRmasuk bumbu peRgaulan dan peRsaudaRaan adalah beRbaik sangka kepada sesama teman, yaitu selalu beRfikiR pOsitif dan memaknai setiap sikap dan ucapan ORang lain dengan peRsepsi dan gambaRan yang baik, tidak ditafsiRkan negatif.
  • Teman dan saudaRa sejati adalah teman yang bisa menjaga Rahasia temannya. ORang yang membebeRkan Rahasia temannya adalah seORang pengkhianat teRhadap amanat. BeRkhianat teRhadap amanat adalah teRmasuk salah satu sifat ORang munafik.
  • PeRsahabatan yang dijalin kaRena kepentingan duniawi tidak mungkin bisa langgeng. Bila manfaat duniawi sudah tidak dipeROleh biasanya meReka dengan sendiRinya beRpisah bahkan mungkin saling beRmusuhan. BeRbeda dengan peRsahabatan yang dijalin kaRena Allah, meReka akan menjadi saudaRa yang saling mengasihi dan saling membantu, dan peRsaudaRaan itu tetap akan beRlanjut hingga di negeRi AkhiRat. Allah beRfiRman, aRtinya,
    "Teman-teman akRab pada haRi itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali ORang-ORang yang beRtakwa." (QS. Az-ZukhRuf: 67)

Untuk mendOwnlOad kumpulan aRtikel [HOTD] membantu sesama muslim " ini, silahkan klik di bawah ini:

Download File [HOTD] membantu sesama Muslim | 232kB

About these ads

16 Tanggapan to “[HOTD] membantu sesama Muslim”

  1. alamendah biru Says:

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Balasannya mantab juga, ya Pak. Gak nyangka

    oRiD™ bilang:
    ayo kita saling membantu sesama..
    insyaAllah akan mendapat ganjaran yang setimpal dari Allah Ta’la.. :)

  2. alamendah Says:

    (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
    Tapi kok sering kali terasa berat. apa karna balasannya gak terlihat secara kasat mata, ya?

    oRiD™ bilang:
    mungkin karena ego manusia yang begitu mempengaruhi..
    dan syetan pun tidak akan tinggal diam supaya manusia tidak peduli terhadap orang lain..

  3. hanyanulis Says:

    Adem saya baca postingan anda yang bikin hati saya tentram, semakin bisa menresapi kehadiran Allah dalam setiap detak napas saya…

    oRiD™ bilang:
    alhamdulillah..
    mari kita sama2 perbanyak ilmu dan amal.. :)

  4. shafiragreensulaiman Says:

    syukran sudah berbagi :)

    oRiD™ bilang:
    alhamdulillah..

  5. dhedhi Says:

    wah… makasih sharingnya…
    emang kita harus bisa melihat makna lain dari gagal

    oRiD™ bilang:
    yups betul..

  6. putramustika3 Says:

    SALAM KENAL

    oRiD™ bilang:
    wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh..

  7. Arsyil_keren Says:

    Asslkm..pak rido, kunjungi Komunitas Blogger Kobar. Minta commentnya.

    Dari sesama blogger kobar..

    oRiD™ bilang:
    wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh..
    terimakasih atas undangannya..
    insyaAllah saya mampir.. :)

  8. Usup Supriyadi Says:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    kunjungan perdana, semoga blog ini dan memang saya lihat penuh dengan hikamah yang dapat dibagi antar sesama kita .

    tulisan diatas sangat lah bermakna dan membuka jendela pengetahuan diri ini . sukron .

    oRiD™ bilang:
    wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh..
    mari sama2 belajar dan beramal.. :)

  9. mughis al papua Says:

    assalamualaikum wrwb………………Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam bersabda: “Setiap persendian manusia harus bersedekah pada setiap hari dimana matahari terbit. (HR Bukhary)Tidak semestinya seorang muslim membiarkan satu haripun berlalu tanpa dirinya terlibat dalam kegiatan bersedekah. Namun pertanyaannya mungkinkah hal itu dilakukan oleh setiap muslim? Bukankah … Lihat Selengkapnyatidak semua orang dilapangkan rezekinya oleh Allah sehingga sanggup bersedekah setiap hari?Jika kita punya wawasan sempit mengenai pengertian bersedekah tentulah hal itu menjadi mustahil. Bila kita menyangka bahwa pengertian bersedekah ialah sebatas mengeluarkan sebagian harta milik kita kepada fihak lain, tentulah hal itu menjadi tidak mungkin berlaku umum. Hanya orang-orang tertentu saja yang dilapangkan rezekinya oleh Allah yang sanggup bersedekah seperti demikian. Beruntunglah kaum yang kaya dan rugilah mereka yang miskin.Alhamdulillah, Nabi Muhammad shollallahu ’alaih wa sallam menjelaskan kepada kita melalui beberapa hadits bahwa pengertian bersedekah sangatlah luas cakupannya. Ia mencakup keluasan pengertian beramal sholeh di dalam ajaran Islam yang mulia. Bersedekah bisa berupa kegiatan-kegiatan bermanfaat yang dilakukan seseorang bagi orang lainnya. Bahkan tindakan seseorang menahan diri dari melakukan sebuah kejahatan dikategorikan oleh Nabi shollallahu ’alaih wa sallam sebagai sebuah kegiatan bersedekah. Perhatikanlah hadits di bawah

    oRiD™ bilang:
    terimakasih atas tambahannya.. :)

  10. mughis al papua Says:

    Wujud cinta-Nya hingga saat ini senantiasa tercurah kepada kita, Dia melayani seluruh keperluan kita seakan-akan Dia tidak mempunyai hamba selain kita, seakan-akan tidak ada lagi hamba yang diurus kecuali kita. Dia melayani kita seakan-akan kitalah satu-satunya hamba-Nya. Sementara kita menyembah-Nya seakan-akan ada tuhan selain Dia.

    oRiD™ bilang:
    subhanallah..

  11. bluethunderheart Says:

    p cabar,maz
    salam hangat dari blue

    oRiD™ bilang:
    alhamdulillah agak sibuk ama kerjaan..
    makasih sudah mampir mas..
    insyaAllah silaturahmi tetap terjaga.. :)

  12. indahkasihku Says:

    Assalaamu’alaikum

    Indahkasihku berkunjung balas ke taman ilmu saudara. Salam kenal dan semoga Allah merahmati semua usaha dan tulisan yang sangat bermanfaat ini. Salam indah dari Indahkasihku.

    oRiD™ bilang:
    wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh..
    terimakasih atas doa nya..
    mari kita sama2 belajar dan beramal.. :)

  13. pelangiituaku Says:


    temen-temen, mampir iah ke blogkuuu, aku lagi ikutan lomba blog niihh,
    jangan lupa kasih coment iahhh,, kontribusi kalian sangat berarti …
    langsung klik ini iah : http://pelangiituaku.wordpress.com/2010/05/10/seorang-cowok-menjaga-kesehatn-kulit-wajar-nggak-sih/ … semangat blogger 2010 !!!! …
    makasiihh =)

    oRiD™ bilang:
    terimakasih atas undangannya ya..
    insyaAllah saya mampir.. :)

  14. achoey Says:

    Semoga saya bisa senantiasa membantu sesama

    Apa kabar saudaraku? :)

  15. muntohal Says:

    saudaraku,…………………. saya sangat cinta pada islam…………………. saya terlilit hutang tolonglah saya saudaraku

  16. yunanto sigit Says:

    Assalamuallaikum wr.wb
    kepada saudara-saudariku semuslim, mohon kiranya mau berbagi sedikit rejekinya buat saya seorang ayah dari dua orang putri saya yg masih kecil, dikarekan kecelakaan yg menimpa saya hingga menyebabkan tangan dan kaki saya patah, sudi kiranya saudara-saudariku meluangkan sedikit rejekinya ke no rek BCA 3260417311 a/n yunanto sigit. Semoga keberkahan dan limpahan rejeki dari Allah salu buat saudara-saudariku semuslim,amien
    wassalam wr.wb


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 449 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: