[DOA] Adab Dimudahkan MempeROleh Anak

bismillahhiRRahmaniRRahim

Jika ORang tua ingin segeRa mempeROleh anak, jangan lupa selalu mendawamkan dOa beRikut:

رَبِّ لَا تَذَرْنِي فَرْدًا وَأَنْتَ خَيْرُ الْوَارِثِينَ

Rabbi laa tadzaR nii faRdaw wa anta khayRul waa Ritsiin

"Ya Tuhanku janganlah Engkau membiaRkan aku hidup seORang diRi dan Engkaulah PewaRis Yang Paling Baik” (Q.S. Al-Anbiyaa : 89).

Pada akhiR dOa suatu shalat Nabi SAW beRdOa kepada Ibunya Anas bin Malik:

اللَّهُمَّ أَكْثِرْ مَالَهُ وَوَلَدَهُ وَبَارِكْ لَهُ فِيهِ

Allahumma aktsiR maa lahu wawaladahuu wabaaRiklahu fiihi

"Ya Allah! PeRbanyakkanlah haRtanya dan peRbanyakkanlah anak-anaknya seRta beRikanlah kebeRkatan kepadanya" (H.R. BukhaRi Muslim)

Maka jika dOa itu dibaca untuk diRi sendiRi atau suami istRi, kalimatnya menjadi:

اللَّهُمَّ أَكْثِرْ مَاِلي(لَنَا) وَوَلَدِي (نَا) وَبَارِكْ لي (لَنَا) فِيهِ

Allahumma aktsiR maa lii (lanaa) wawaladii (naa) wabaaRiklii (lanaa) fiihi

“Ya Allah! PeRbanyakkanlah haRtaku dan peRbanyakkanlah anak-anakku seRta beRikanlah kebeRkatan kepadaku di dalamnya”

Adab AgaR Dimudahkan MempeROleh Anak:

  1. Kesulitan mempeROleh anak bisa disebabkan Oleh tiga faktOR : medis, psikis, dan ROhani. Jika faktORnya kaRena medis (mandul), maka satu-satunya jalan adalah mOhOn keajaiban Allah.
  2. Jika faktORnya adalah psikis (kejiwaan dan stRess), maka baik suami maupun istRi haRus menyediakan waktu santai selama bebeRapa lama sehingga daya keRja hORmOn nORmal kembali. FaktOR ini biasanya dialami Oleh paRa pekeRja keRas atau ORang yang punya masalah beRat dan selalu tegang sehingga sulit untuk Relaks walaupun sesaat. Ketegangan amat beRpengaRuh teRhadap daya keRja hOmOn untuk bisa membuahi atau menjadi buah.
  3. Jika faktORnya adalah ROhani (banyak maksiat dan menyeleweng), maka jalan teRbaik adalah dengan beRtObat secaRa nasuha kepada Allah. Kemaksiatan pasti akan beRpengaRuh teRhadap ketentRaman hati. KetentRaman hati dipeRlukan dalam beRhubungan suami istRi.  FaridSmile

Links:

[Lebih Dekat dengan Tamu Bulanan]
http://muslimah.or.id/kesehatan-muslimah/lebih-dekat-dengan-tamu-bulanan.html

  • FisiOlOgi Siklus MenstRuasi: Panjang siklus beRvaRiasi daRi 23 haRi atau kuRang untuk siklus pendek dan lebih daRi 35 haRi untuk siklus yang panjang. Ada sejumlah peRempuan yang siklusnya teRatuR, sementaRa ada pula yang beRvaRiasi sampai dengan 7 haRi. Untuk lebih memudahkan pemahaman, pada tulisan ini kita gunakan Rata-Rata siklus 28 haRi.
  • Ovulasi hanya teRjadi satu haRi saja dalam satu siklus dan bila tidak teRjadi kehamilan, 2 minggu kemudian diikuti Oleh masa menstRuasi. Biasanya jangka waktu antaRa Ovulasi dan menstRuasi beRikutnya tidaklah beRbeda jauh. Lamanya siklus menstRuasi beRgantung pada vaRiasi waktu sejak awal siklus sampai Ovulasi. TeRjadinya Ovulasi menentukan lamanya siklus. Lamanya waktu sejak awal menstRuasi sampai Ovulasi bisa beRmacam-macam. Ovulasi seRingkali teRtunda pada saat-saat seseORang mengalami stRes, masa menyusui dan masa pRa menOpause.
  • MenstRuasi biasanya identik dengan PMS, setiap wanita mengalami keluhan menjelang menstRuasi. SekitaR 85% wanita mengalami gangguan fisik dan emOsi menjelang masa ini. Gejala yang paling mudah dilihat daRi sindROm pRa menstRuasi ini adalah mudah maRah, depResi, lelah dan tubuh agak membengkak. Selain itu, biasanya juga teRjadi penumpukan caiRan dengan payudaRa yang agak membengkak, ukuRan panggul beRtambah besaR, wajah teRlihat sembab, sakit kepala, dan nyeRi di bagian peRut. PeRubahan-peRubahan mOOd, sepeRti mudah maRah, meledak-ledak, dan seRing menangis juga keRap menandai munculnya pRemenstRual syndROme (PMS) ini.
  • Fakta seputaR PMS, teRmasuk bagaimana caRa meRingankannya:
  1. Telat datang bulan, hal biasa.
    Kejadian ini beRhubungan dengan tingkat stRes yang dialami sehingga keRja hORmOn teRhambat dan menyebabkan silklus menstRuasi pun teRganggu. Maka daRi itu, peRhatikan jadwal kuliah/kegiatan Ukhtiy, apakah saat ini Ukhtiy dikejaR tenggat waktu sOal kuliah, tugas, atau amanah lain. Bila saja Ukhtiy peRhatikan, adanya stRes ini dapat membuat menstRuasi Uktiy teRlambat.
  2. Tidak sebanyak yang Ukhtiy pikiRkan.
    Ukhtiy tidak peRlu takut kehilangan jumlah daRah teRlalu banyak. SecaRa Rata-Rata, setiap bulannya seORang wanita hanya kehilangan sekitaR 3 Ons daRah.
  3. Lama atau sebentaR itu nORmal.
    Kebanyakan wanita akan mengeluaRkan daRah sekitaR dua haRi sampai tujuh haRi. Bila menstRuasi Anda lebih daRi delapan haRi, itu belum teRgOlOng masalah besaR.
  4. PMS yang bukan PMS.
    Wanita yang mengalami sakit hebat saat menstRuasi itu melebihi gejala umum sangat mungkin teRkena pRemenstRual dysphORic disORdeR (PMDD). Wanita yang mendeRita PMDD juga memiliki gejala-gejala sama layaknya PMS, sepeRti sakit kepala, nyeRi sendi dan OtOt, tubuh dan payudaRa membengkak. Gejala-gejala yang secaRa umum teRjadi, akan menghilang saat beRlangsungnya menstRuasi.
  • Untuk menguRangi bebeRapa kOndisi yang tidak nyaman menjelang PMS, cOba lakukan bebeRapa hal di bawah ini:
  1. Buatlah semacam diaRy atau juRnal yang mencatat kapan gejala-gejala itu muncul. Dengan demikian, Ukhtiy mempunyai patOkan waktu yang tepat untuk mengatasinya.
  2. AgaR sehat, makanlah sedikit tetapi seRing. Jika Ukhtiy mendeRita kOnstipasi, kOnsumsilah bahan makanan yang mengandung banyak seRat.
  3. Saat sedang minum Obat diuRetik, biasanya Ukhtiy akan lebih seRing buang aiR kecil yang memungkinkan mineRal penting ikut teRbuang. KaRena itu, tambah makanan yang mengandung pOtassium (buah, makanan laut, kacang-kacangan), juga makanan, minuman ekstRa atau suplemen yang mengandung vitamin B dan C.
  4. Untuk menguRangi teRjadinya penumpukan caiRan, sebisa mungkin kuRangi gaRam dalam makanan Ukhtiy. GaRam bisa menyeRap aiR dan hal ini dapat meningkatkan pembengkakan.
  5. PeRbanyak waktu istiRahat untuk menghindaRi kelelahan. Selain itu cObalah menghindaRi situasi yang bisa membuat Ukhtiy stRes.
  6. COba bicaRakan peRasaan Ukhtiy kepada sahabat yang dapat dipeRcaya dan dapat mendengaRkan keluhan Ukhtiy. Pastikan pula keluaRga tahu mengenai kOndisi Ukhtiy.
  7. CObalah minum bebeRapa Ramuan tumbuhan teRtentu yang telah teRbukti membantu meningkatkan kesehatan wanita, misalnya kunyit asam, dan lain-lain.

[Rasa syukuR dapat menuRunkan hORmOn stRess dalam tubuh kita]
http://drlizapoem.blogspot.com/2008/11/rasa-syukur-dapat-menurunkan-hormon.html

  • MenuRut penelitian bahwa hORmOn stRess dapat dituRunkan dengan Rasa syukuR yang ada pada kita, kita iklash meneRima kehidupan ini sebagai amanah daRi Allah SWT.
  • HORmOn stRess yang seRing disebut sebagai biang keladi timbulnya banyak penyakit beRnama kORtisOl. kORtisOl dalam daRah meningkat sebagai upaya tubuh mengantisipasi timbulnya tekanan yang timbul dalam menghadapi keadaaan yang menjadi beban pikiRan dan kekawatiRan kita. kekawatiRan akan hidup susah, ditinggal pasangan, pekeRjaan, membuat hipOtalamus Otak kita meRangsang hipOfisis mengeluaRkan ACTH, dan ACTH meRangsang anak ginjal mengeluaRkan KORtisOl. hORmOn kORtisOl akan bekeRja diseluRuh ORgan tubuh kita dengan meningkatkan denyut jantung, meningkatkan tekanan daRah, meningkatkan kesiagaan Otak kita sehingga kita sulit tiduR, mempengaRuhi ORgan RepROduksi kita sehingga menguRangi libidO bahkan menyebabkan kemandulan.
  • Shalat tahajud secaRa siknifican dapat menuRunkan jumlah hORmOn kORtisOl yang ada dalam tubuh, shalat yang dilakukan dengan khusuk dan Rasa syukuR dalam hati dapat menuRunkan hORmOn stRess tadi dalam tubuh, jadi buat apa kita stRess, hidup ini sudah ada takaRannya, jadi dengan iktiaR dan dOa maka insyaAllah kita akan teRhindaR daRi penyakit fisik dan hati.
  • PeRbanyaklah kita membaca dOa meminta kemudahan kepada Allah,  Al-BaqaRah ayat 286: Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami teRsalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang beRat sebagaimana Engkau bebankan kepada ORang-ORang yang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. BeRi maaflah kami; ampunilah kami; dan Rahmatilah kami. Engkaulah PenOlOng kami, maka tOlOnglah kami teRhadap kaum yang kafiR".

[SabaR Menanti Si Buah Hati]
http://www.andwimaretta.co.cc/2009/05/sabar-menanti-si-buah-hati.html

  • Betapa hidup akan teRasa sepi, tanpa kehadiRan si buah hati. Namun, bagi Anda yang belum dikaRuniai amanah ini, tidaklah peRlu beRkecil hati. MaRi, kita tengOk sejenak kisah Nabi ZakaRia. Nabi ZakaRia sangat ingin memiliki seORang anak. Namun, haRapan itu hanya dipendam dalam hatinya, kaRena ia tahu, usianya dan istRinya sudah sangat Renta.
    DOa nabi ZakaRia: "Ya Tuhanku, sesungguhnya tulangku telah lemah dan kepalaku telah ditumbuhi uban, dan aku belum peRnah kecewa dalam beRdOa kepada-Mu, ya Tuhanku. Dan sesungguhnya aku khawatiR teRhadap mawaliku (ORang-ORang yang akan mengatuR uRusan ORang banyak) sepeninggalku, sedang istRiku adalah seORang yang mandul, maka anugeRahilah bagiku daRi sisi-Mu seORang putRa, yang akan mewaRisi aku dan mewaRisi sebagian keluaRga Ya’qub; dan jadikanlah ia, ya Tuhanku, seORang yang diRidhai.” (MaRyam: 4-6)
  • Setiap ketentuan Allah pasti ada hikmahnya. Demikian juga apa yang telah Dia tentukan untuk kita. Jika hingga saat ini Rumah tangga kita belum juga dikaRuniai ketuRunan, mungkin memang itulah yang teRbaik buat kita. BaRangkali kita memang belum benaR-benaR siap untuk menjadi ORangtua yang baik. Mungkin pula, Allah memang sengaja menguji kesabaRan kita atau Dia memiliki peRtimbangan lain, yang tidak kita ketahui. (simak Al-BaqaRah: 216)
  • Selain dengan mempeRbanyak dOa, kiat-kiat sedeRhana beRikut bisa Anda pRaktikkan:dalam usaha mendapatkan keturunan:
  1. Jalani pOla hidup sehat, Rajinlah beROlah Raga, dan kOnsumsi makanan yang beRgizi seimbang.
  2. HindaRi stRes dan kelelahan.
  3. SeRing-seRinglah mengOnsumsi makanan/suplemen yang menunjang kesubuRan. Misalnya tauge, wORtel, madu, habbatussauda,
  4. Jauhi meROkOk seRta alkOhOl. Kedua hal itu, selain haRam, juga bisa menuRunkan tingkat kesubuRan.
  5. Lakukan hubungan intim secaRa teRatuR, dan jagalah selalu kebeRsihan ORgan vital Anda agaR teRhindaR daRi beRbagai kuman dan penyakit.

pOstingteRkait:

untuk mendOwnlOad kumpulan aRtikel “[DOA] Adab Dimudahkan MempeROleh Anak” ini, silahkan klik di bawah ini:

http://orido.files.wordpress.com/2008/12/downloadfile.jpg?w=780

About these ads

38 Tanggapan to “[DOA] Adab Dimudahkan MempeROleh Anak”

  1. alamendah Says:

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Panjang banget, Bang. Belum baca semua. Doa an tips yang mantab buat yang ingin segera pengen punya anak. Buat yang keoengan segera punya istri, goimana?

    :: oRiDo™ ::
    silahkan mas..
    buat yg pengen segera punya istri..
    hmmm.. hubungi ustadz nya.. ;-)

  2. masnur Says:

    Alhamdulillah sudah dikaruniai dua anak. Jadi tinggal memperbanyak syukur dan menjalankan amanah saja.

    :: oRiDo™ ::
    sip.. :)

  3. Eko Madjid Says:

    Mantap ulasannya…
    Berbagi emang ga’ pernah rugi…

    :: oRiDo™ ::
    alhamdulillah…
    semoga bermanfaat.. :)

  4. bluethunderheart Says:

    selamat malam
    lama tak mampir ke rumah abangku ini
    pa cabar?

    wah wah koq tahu blue mau cari istri bang……….heheh blue simpan y postingannya
    makasih

    :: oRiDo™ ::
    alhamdulillah kabar baik..
    semoga mendapatkan jodoh yang solehah.. :)

  5. nakjaDimande Says:

    Alhamdulillah pas kesini artikelnya orido penting buat bundo.. makasih yaa..

    :: oRiDo™ ::
    alhamdulillah..
    silahkan bundo.. :)

  6. abifasya Says:

    Ulasan yang sangat lengkap dan mencerahkan, delapan tahun yang lalu saya pernah melakukan beberapa amalan di atas, doa yang pertama ditulis sampai saat inipun masih dibaca. Ana termasuk yang telat punya anak, setelah tiga stengah tahun menikah baru punya anak, anak pertama sekarang dah kelas 3 SD dan anak yang kedua baru berusia 4 tahun dah sekolah di TKA. Al Hamdulillah setelah melakukan berbagai ikhtiar yang insya Allah Syar’i, si buah hati pun hadir juga.

    :: oRiDo™ ::
    seneng sekali mendengarnya Pak.. :)

  7. Potter.Web.ID Says:

    Waaah Nuhun kang, artikelnya sangat bermanfaat kang, buat pengetahuan sekarang dan tentunya nanti kalo dah nikah *insyaAllah do’ain yah :D

    :: oRiDo™ ::
    insyaAllah..
    saya bantu doa..
    mugi2 dilancarkeun.. :)

  8. ontohod Says:

    sayah mau berdoa memohon jodoh dulu ah, baru nanti doa ini akan sayah gunakan :-)

    :: oRiDo™ ::
    semoga segala sesuatu nya di lancarkan..
    dan sesuai harapan.. :)

    • Potter.Web.ID Says:

      Whahaha ci kang Onta kakarek katinggal pangambungna…kamana wae nya ari jalma ieu yeuh

      :: oRiDo™ ::
      tah kang Ontohod..
      aya nu milarian..
      langsung di ijabah euy doa na..
      kekekeke.. :)

  9. kips Says:

    Terima kasih telah berbagi, meskipun belum dapat menangkap semua makna yang tersirat disini, moga tidak bosan2nya tuk berbagai hal-hal lainnya.

    :: oRiDo™ ::
    insyaAllah.. :)

  10. akew Says:

    jadi tercerahkan, terima kasih bang,,, mantap

    jadi sadar kalo tuhan ga selalu mengabulkan setiap yang kita minta, tapi tuhan pasti menyediakan yang kita butuhkan.

    dan dalam berdoa pun ternyata harus sangat bijaksana. mantap

    :: oRiDo™ ::
    yups..
    yakin se-yakin-yakinnya..
    klo Allah selalu memberikan yang terbaik.. ;-)

  11. Siti Fatimah Ahmad Says:

    Assalaamu’alaikum

    Alhamdulillah dan terima kasih buat akhi Orido kerana berbagi banyak ilmu berhubung dengan meramaikan zuriat dan umat Muhammad saw di muka bumi ini. Mudahan kita semua mendapat anak-anak soleh dan solehah bagi meninggikan syiar Islam agar berkembang dengan luas di muka bumi ini. Saya sudah linkkan blog saya di ruang Menuju Dunia Sahabat di laman saya agar mudah bersilaturahmi pada masa akan datang. Salam mesra dari Malaysia. :D

    :: oRiDo™ ::
    wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh..
    amin.. amin..

    insyaAllah saya link balik yah bu.. :)

  12. ahsinmuslim Says:

    minta do’anya dulu pak ustadz, biar segera dapat jodoh. setelah itu amalkan do’a tersebut, agar segera pula di beri momongan. insyaallah…
    terima kasih silaturahminya, dan tentu saja juga ilmu yang bermanfaat. senantiasa berbagi ya…

    :: oRiDo™ ::
    *hush.. saya bukan ustadz..*
    insyaAllah saya bantu doa.. :)

  13. indra java Says:

    Alhamdulillah sudah 1… lagi lucu-lucunya, mau nambah…
    nanti dulu deh… :mrgreen:

    :: oRiDo™ ::
    santey aja mas.. ;-)

  14. Wong Jalur Says:

    Alhamdulillah menemukan do’a yg baik, biar nannti klo ditanya tetangga atau kawn bisa jawb. Tak kasih aja link-nya ke sini.

    :: oRiDo™ ::
    alhamdulillah..
    semoga menjadi lahan amal utk kita semua.. :)

  15. yoan Says:

    sip. ntar dipraktekin kl dah nikah :mrgreen:

    :: oRiDo™ ::
    semoga segala sesuatunya sesuai harapan dan lancar2 saja.. :)

  16. Muhammad Jabir Says:

    Nice info, trims atas petunjUk doanya Ustadz. Insya Allah sy amalkan..

    :: oRiDo™ ::
    semoga berhasil…
    *saya bukan ustadz.. cuma berbagi apa yang saya punya..* :)

  17. sunarnosahlan Says:

    afwan lama tak berkunjung, ternyata selalu ada ilmu-ilmu segar disini. Alhamdulillah saya sudah dikaruniani satu anak dan semoga segera yang kedua

    :: oRiDo™ ::
    alhamdulillah..
    amin Pak..
    semoga lancar.. :)

  18. kidungjingga Says:

    terima kasih untuk ilmunya mas orido….

    :: oRiDo™ ::
    alhamdulillah.. :)

  19. kupuungu Says:

    nice article bro,
    otw belum planning punya beiby ni xixi
    anway useful ni articlenya :)

    :: oRiDo™ ::
    alhamdulillah.. :)

  20. Badruz Says:

    salam mas. :roll:

    :: oRiDo™ :: :)

  21. komuter Says:

    informasinya sangat-sangat benar, saya mengalami sendiri, hanya saja bisa dapat anak setelah ..pasrah.. bukan menyerah

    :: oRiDo™ ::
    pasrah hanya kepada Allah..
    yang di ikuti dengan usaha tentunya..
    insyaAllah.. :)

  22. pakde Says:

    Amin broooo… thanks untuk tulisannya… ini mengingatkan kembali makna sebuah rumah tangga yang islami banged.
    salam saya

    :: oRiDo™ ::
    alhamdulillah pakDE.. :)

  23. Wandi thok Says:

    Subhaanalloh, do’a dan tipsnya apik-apik mas, lanjutken dakwah lewat blognya, biar pada paham.
    Do’a sebelum melakukan hubungan kayaknya perlu juga disampaiken mas. “Alloohumma jannibis syaithoona wajan nibnas syaithoona maa rozaqtanaa” :roll:

    :: oRiDo™ ::
    alhamdulillah.. :)
    utk doa itu..
    ada di bahas di postingan

    http://orido.wordpress.com/2006/07/25/hotd-jima/
    ;-)

  24. sinopi Says:

    saya kaya nya harus berdoa memperoleh suami dulu
    gawat kalo suami blm ada tp udah brojol punya anak..

    btw thanx udah mampir, maaf baru sempat berkunjung balik

    :: oRiDo™ ::
    hehehe…
    mudah2an mendapat suami yang sholeh yah mba.. :)

  25. anKa Says:

    Ijin bookmark yak…
    lam kenal oge deuh… :D

    :: oRiDo™ ::
    mangga atuh..
    sami2 kang.. :)

  26. R O H A Y A T I Says:

    good afternoon bloggers,
    I hope with all my heart you would want to give us a link on my blog so that all the content in my blog can be fully detected by google

    :: oRiDo™ ::
    we’ll see about that.. :)

  27. lecture Says:

    oke boss… mantab nih

    :: oRiDo™ ::
    alhamdulillah..
    semoga bermanfaat.. :)

  28. hadi Says:

    Terima kasih, do’anya. Mohon diulas pada kasus sudah pernah hamil terus keguguran usia kandungan 1,5 bulan. tidak kiret. tapi setelah itu susah punya anak. dari diagnosa dokter baik semuanya. ditunggu ulasannya terima kasih.

    oRiD™ bilang:
    kembalikan semua pada Allah Ta’ala..
    tetep usaha dan doa..
    insyaAllah.. :)

  29. akhmad fauzi Says:

    minta ijin copy paste tad buat di print..jazakalloh

    oRiD™ bilang:
    silahkan…
    semoga bermanfaat.. :)

  30. bidanku Says:

    Trim’s info yang menarik serta sangat berguna…. :)

    oRiD™ bilang:
    wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh..
    alhamdulillah.. :)

  31. NeTha MuLiQ Says:

    infonya bener2 yamie,,,,
    lengkap bgt, thank yach

  32. price action system Says:

    After examine a number of of the weblog posts on your web site now, and I truly like your way of blogging. I bookmarked it to my bookmark website record and will be checking back soon. Pls check out my web page as properly and let me know what you think.

  33. ine Says:

    ya allah kapan ea,…
    hamba seprti mereka….
    d karuniai ank,… :)

  34. bunda Atha Says:

    Kami menikah hampir 1th. Tapi tanda2 untuk mempunyai keturunan belum terwujud. Saya sering sedih sekali bila melihat teman saya yang sudah memiliki keturunan lebih dari 1,saya juga sering sedih ketika harus dihadapkan dgn pertanyaan “udah hamil,belum?” Dan tak jarang hati kecil saya menangis ketika melihat suami saya menggendong bayi tetangga. Dan tak jarang pula bila hati kecil saya tiba2 berucap ” ∂ķu kapan seperti mereka” tapi kami yakin suatu hari nanti اَللّهُ akan memberikan karunia Άΰ pada rahim saya,dan pada hidup kami.
    آميْنَ……… يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

  35. chronic insomnia Says:

    Hey great blog! Does running a blog similar to this take a
    great deal of work? I have no understanding of programming however I was hoping
    to start my own blog in the near future.
    Anyway, should you have any suggestions or techniques for new blog owners please share.
    I know this is off subject but I simply needed to
    ask. Many thanks!

  36. media hamil Says:

    ini adalah doa yang lama ditunggu-tunggu

  37. see post Says:

    health & sport


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 449 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: