[QOTD] hukum peRzinaan

bismillahhiRRahmaniRRahim

hukum peRzinaan

Al-QuR’an, SuRat An NuuR [24] ayat 1-9

1. (Ini adalah) satu suRat yang Kami tuRunkan dan Kami wajibkan (menjalankan hukum-hukum yang ada di dalam)nya, dan Kami tuRunkan di dalamnya ayat ayat yang jelas, agaR kamu selalu mengingatinya.
2. PeRempuan yang beRzina dan laki-laki yang beRzina, maka deRalah tiap-tiap seORang daRi keduanya seRatus dali deRa, dan janganlah belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama Allah, jika kamu beRiman kepada Allah, dan haRi akhiRat, dan hendaklah (pelaksanaan) hukuman meReka disaksikan Oleh sekumpulan ORang-ORang yang beRiman.
3. Laki-laki yang beRzina tidak mengawini melainkan peRempuan yang beRzina, atau peRempuan yang musyRik; dan peRempuan yang beRzina tidak dikawini melainkan Oleh laki-laki yang beRzina atau laki-laki musyRik, dan yang demikian itu dihaRamkan atas ORan-ORang yang mukmin.
4. Dan ORang-ORang yang menuduh wanita-wanita yang baik-baik (beRbuat zina) dan meReka tidak mendatangkan empat ORang saksi, maka deRalah meReka (yang menuduh itu) delapan puluh kali deRa, dan janganlah kamu teRima kesaksian meReka buat selama-lamanya. Dan meReka itulah ORang-ORang yang fasik.

5. kecuali ORang-ORang yang beRtaubat sesudah itu dan mempeRbaiki (diRinya), maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
6. Dan ORang-ORang yang menuduh isteRinya (beRzina), padahal meReka tidak ada mempunyai saksi-saksi selain diRi meReka sendiRi, maka peRsaksian ORang itu ialah empat kali beRsumpah dengan nama Allah, sesungguhnya dia adalah teRmasuk ORang-ORang yang benaR.
7. Dan (sumpah) yang kelima: bahwa la’nat Allah atasnya, jika dia teRmasuk ORang-ORang yang beRdusta
[Maksud ayat 6 dan 7: ORang yang menuduh istRinya beRbuat zina dengan tidak mengajukan empat ORang saksi, haRuslah beRsumpah dengan nama Allah empat kali, bahwa dia adalah benaR dalam tuduhannya itu. Kemudian dia beRsumpah sekali lagi bahwa dia akan kena laknat Allah jika dia beRdusta. Masalah ini dalam fiqih dikenal dengan Li'an.]
8. IstRinya itu dihindaRkan daRi hukuman Oleh sumpahnya empat kali atas nama Allah sesungguhnya suaminya itu benaR-benaR teRmasuk ORang-ORang yang dusta.
9. dan (sumpah) yang kelima: bahwa laknat Allah atasnya jika suaminya itu teRmasuk ORang-ORang yang benaR.
10. Dan andaikata tidak ada kuRnia Allah dan Rahmat-Nya atas diRimu dan (andaikata) Allah bukan PeneRima Taubat lagi Maha Bijaksana, (niscaya kamu akan mengalami kesulitan-kesulitan).

pOstingteRkait:

maRi sama-sama belajaR dan beRamal…

About these ads

20 Tanggapan to “[QOTD] hukum peRzinaan”

  1. uvi07 Says:

    bismillahirrohmaanir rohiem…..

    Shodaqollohul adhiem, wa qhodaqo rasuuluhul kariem, wa nahnu ‘alaa dzaalika minasy syaahidien….

    so, mari kita pelajari laghi luasnya samudera ilmu al-Quran…

    :: oRiDo™ ::
    mari sama2 belajar dan beramal.. :)

  2. Budi Hermanto Says:

    Wew..
    Hukum yg patut disebarkan..
    Pada generasi yg semakin menjauh ini..
    ..
    Met kenal ya bro.. ;)

    :: oRiDo™ ::
    mari kita sama2 belajar dan beramal..
    salam kenal juga Pak.. :)

  3. Infinite Justice Says:

    hmmmh…

    poin nomer 3 itu… hukumnya berlaku permanen kah? ataukah hukumnya berubah ketika salah satu fihak bertobat?
    ataukah laiknya dalam teori labelling-nya Menes, bila seseorang udah dicap, maka selamanya cap itu bakal melekat padanya?
    soalnya saya pernah baca cerita di majalah, mengenai seorang perempuan muslim yang bersuamikan orang nggak bener… dan sempat menderita, meski pada akhirnya sang suami bertobat dan merubah perangainya…

    :: oRiDo™ ::
    ayat ke 3 ini maksud nya adalah: tidak pantas orang yang ber-iman menikah dengan yang berzina, demikian pula sebaliknya.
    bgitu lah hukum yang diberikan oleh Allah swt..
    tetapi jika memang terjadi dimana orang yang ber-iman menikah dengan yang berzina, maka berarti bertentangan dengan hukum tersebut.. bisa jadi kedepannya akan menyebabkan keretakan di kemudian hari… bisa jadi juga menyebabkan taubat pada yang berzina..
    wallahu’alam bishshawab..

  4. achmad sholeh Says:

    semoga kita termasuk orang yang dijauhkan dari prilaku dosa besar

    :: oRiDo™ ::
    amin…
    amin..

  5. rismaka Says:

    Point yang nomer 4 mengajarkan pada kita agar hati2 dalam berucap. Sungguh besar konsekwensi yang akan diperoleh jika dalam menuduh kita tidak bisa membawakan 4 orang saksi, yakni tidak akan diterima lagi persaksiannya selama-lamanya…

    Hal ini pun berlaku (maksudnya hikmah ini dapat diambil) bagi orang-orang yang sering menuduh orang lain dengan tuduhan2 jelek lainnya tanpa bayan, tanpa tabayyun, asal ceplos, dll. Perkataan mereka pasti akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah Azza Wa Jalla kelak.

    Bang, klo bisa sertakan juga hadits2 shahih tentang hukum zina. Biar lebih lengkap…

    :: oRiDo™ ::
    semoga kita semua dijaga dalam setiap kata2 kita..
    hadist dan artikel ada di kumpulan pOstingteRkait.
    jzklh utk masukannya.. ;-)

  6. Ani Says:

    Terimakasih artikelnya bermanfaat sekali.

    :: oRiDo™ ::
    alhamdulillah… :)

  7. rio2000 Says:

    posting nya seereeemmm

    apalagi kita sudah di akhir jaman – banyak godaan :mrgreen:

    :: oRiDo™ ::
    kondisi saat ini yang lebih menyeramkan..
    kondisi dimana kita mudah sekali melakukan dosa termasuk zina…
    semoga kita semua selalu berada dalam lindungan Allah swt..
    amin..

    • Bang Dje Says:

      Yang paling berbahaya adalah ihtilats (bercampurnya laki-laki dan perempuan). Terima kasih dah mampir di “taman”-ku. Kalo ada artikel baru tolong infonya

      :: oRiDo™ ::
      jangan dekati zina..
      mendekati aja udh gak boleh.. apalagi sampai bercampur..
      semoga kita semua terhindar dari zina..

      insyaAllah saya submit e-mail nya ke dalam list teman2 yang saya kirim update blog ini.. :)

  8. emfajar Says:

    postigan yang sangat bermanfaat sekali mas..

    *semoga kita dijauhkan dari perbuatan2 yang tercela..

    :: oRiDo™ ::
    alhamdulillah..
    amin..
    mari kita sama2 belajar dan beramal.. :)

  9. komuter Says:

    postingan yang mendidik,
    bagus untuk pencerahan diri

    :: oRiDo™ ::
    alhamdulillah..
    semoga berguna.. :)

  10. Itmam Says:

    indah memang jika hukum islam ditegakkan.. hmm.. tapi kira2 negara mana yang masih menggunakan hukum tersebut :(

    :: oRiDo™ ::
    insyaAllah indah jika hukum islam di tegakkan..
    karena islam adalah rahmatan lil alamin..

    mari kita tegakkan agama islam dalam kehidupan sehari2..
    semoga negara yang mayoritas islam ini dapat menegakkan hukum islam dengan sebenar2nya.. ;-)

  11. umikartikawati Says:

    kalo zina hati dosa ga? cari saksinya gimana ya kalo zina jenis ini? :) maaf, sedang mencari ilmu nih…

    :: oRiDo™ ::
    :)

    Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk. (QS. Al Israa’, 17 : 32)

    jadi.. jangankan melakukan, mendekati aja udh dilarang..
    nah, klo zina hati mungkin bisa dibilang sebagai “mendekati”..
    dalam hal ini adalah kaitannya langsung dengan Allah swt sebagai saksi..
    maka bersegeralah untuk beristighfar..

    semoga kita semua selalu berada dalam lindungan Allah swt, sehingga terjauhkan dari zina.. :)

  12. achoey Says:

    Sahabat
    AKu terdampar
    Aku tertampar

    Selayaknya aku sadar
    Aku mungkin sempat mendekatinya
    Astaghfirullah

    :: oRiDo™ ::
    mari kita sama2 memperbaiki diri..
    semoga Allah swt selalu memberikan cahayaNya agar dapat menjadi pelita bagi hidup kita.. :)

  13. easy Says:

    menyimak sepenuh hati…

    :: oRiDo™ ::
    semoga berguna… :)

  14. Andioka Says:

    teruskan menulis artikel yang begini ya mas, banyak ilmu di sini, kayanya saya akan seing mampir nih.

    :: oRiDo™ ::
    alhamdulillah…
    selama ada kesempatan dan kemampuan..
    insyaAllah saya tetep posting disini..
    semoga berguna..
    bantu doa agar saya (dan teman2 yang lainnya) istiqamah dan mendapatkan kemudahan dalam berdakwah melalui internet seperti sekarang ini.. ;-)

  15. ceznez Says:

    makanya saya gak mo deket ama zina… takuttt.. meding merit aja langsung :)

    :: oRiDo™ ::
    yups..
    buruan merit.. ;-)

  16. ria manies Says:

    semoga kita semua di lindungi oleh Allah dari perbuatan tsb aminnn

    :: oRiDo™ ::
    amin.. :)

  17. muhamaze Says:

    “zina” iih.. moga2 kita semua terhindar dan dijauhkan darinya..

    :: oRiDo™ ::
    amin..
    jangan sampai lah.. :)

  18. mrpall Says:

    bismillahirrohmaanir rohiem…..
    posting yg membuat pikiran jadi terbuka ….thanks browww….
    dan mari kita pelajari lagi luasnya samudera ilmu al-Quran…

    :: oRiDo™ ::
    mari..
    semoga kita dapat lebih meningkatkan iman islam kita semua.. :)

  19. wanti annurria Says:

    setuju sama cehnezz… :D
    jauhi zina… dan segala hal yang mendekati zina…
    nikah solusinya ;)

    :: oRiDo™ ::
    yups.. :)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 444 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: