[DOA] setelah shalat faRdhu

Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang. Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman.
(Q.S. Al Ahzab, 33 : 42-43)

1. Apabila Rasulullah SAW berpaling dari shalatnya, maka beliau :
a. Membaca Istighfar 3 X
b. Membaca dzikir berikut :

اللهم أنت السـلام ومنك السلام تباركت يا ذاالجلال ولإكرام

Allohumma antassalam, waminkassalam, tabarokta yaa dzaljalali wal ikraam

“Ya Allah, Engkaulah Salam, dan daripada-Mu kesejahteraan, serta Maha Besar kebaikan-Mu, ya Allah yang mempunyai Kebesaran dan Kemuliaan.” (H.R. Jamaah selain Bukhary)

2. Rasulullah s.a.w bersabda: Kamu bertasbih سُبْحَانَ اللهُ bertakbir اللهُ أَكبرُ dan bertahmid الحمدُ لِاللهُِ setiap kali setelah selesai dari sembahyang sebanyak tiga puluh tiga kali (H.R. Bukhari-Muslim)

3. “Barangsiapa setiap selesai shalat membaca Tasbih 33 kali, membaca tahmid 33 kali, takbir 33 kali hingga jumlahnya 99, lalu mencukupkan dengan bacaan:

لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Laa Ilaaha Illalloh wahdahu laasyariikalah lahulmulku walahulhamdu wahuwa ‘alaa kulli syaiin qadiir

Maka diampunilah dosa-dosanya walaupun sebanyak buih di lautan sekalipun (H.R. Ahmad, Bukhari, Muslim dan Abu Daud)

4. Berdoa Setelah Dzikir
Ada banyak sekali doa-doa yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Dan semua doa itu sangat baik untuk dibaca setiap selesai shalat. Namun di sini hanya akan dituliskan beberapa doa saja.

اللَّهُمَّ لَا مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ وَلَا مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ وَلَا يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ

“Ya Allah! Tidak ada siapa yang boleh menghalangi apa yang Engkau berikan, tidak ada siapa yang dapat memberi apa yang Engkau tegah dan tiada siapa yang berkuasa memberikan manfaat selain daripadaMu” (H.R. Bukhari-Muslim)

اللهم أعني على ذكرك وشكرك و حـسن عبادتك

“Ya Allah, bantulah saya untuk senantiasa berdzikir kepada-Mu, senantiasa mensyukuri ni’mat-Mu dan senantiasa membaguskan ibadah kepada-Mu.” (H.R. Ahmad, Abu Daud dan Nasai)

اللهم أجرني من النار

(7x)
“Ya Allah, lindungilah aku daripada api neraka) dibaca 7 kali tiap ba’da shalat (Maghrib dan Shubu) (H.R. Muslim)


اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ أرد إلى أرذل العمر
وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الدنباَ وَأَعُوذُ بِك مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِِ

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari sifat penakut dan aku berlindung kepada-Mu dari mencapai umur yang suburuk-buruknya (kepikunan) dan aku berlindung kepada-Mu dari fitnah dunia dan aku berlindung kepada-Mu dari adzab kubur.” (H.R. Bukhari dan Tirmidzy)

اللهم إني أسألك علما نافعا ورزقا واسعا وعملا متقبلا

“Ya Allah, aku mohon kepada-Mu agar diberi ilmu yang manfaat, rezeki yang luas, dan amalan yang diterima.” (H.R. Ahmad, Ibnu Syaibah, dan Ibnu Majah)

Adab-adab Berdoa Di sekitar Shalat Fardhu
a) Berdoa dengan perut yang diisi dengan yang halal (H.R. Ibnu Mardawaih)
b) Menghadap kiblat (H.R. Al-Bukhary)
c) Memperhatikan saat yang tepat untuk berdoa, seperti di tengah malam dan sehabis shalat fardhu (H.R. Turmudzy) (Lihat Bab Awal buku ini)
d) Mengangkat kedua tangan setentang kedua bahu (H.R. Abu Daud)
e) Memulai dengan istighfar, memuji Allah, dan membaca shalawat (H.R. Muslim, Abu Daud, Turmudzy, dll)
f) Harus ada sikap tawadhu’ (rendah hati) dan tadharru’ (rendah diri) dan rasa takut (Q.S. 7: 205)

وَاذْكُرْ رَبَّكَ فِي نَفْسِكَ تَضَرُّعًا وَخِيفَةً وَدُونَ الْجَهْرِ مِنَ الْقَوْلِ بِالْغُدُوِّ وَالْآصَالِ وَلَا تَكُنْ مِنَ الْغَافِلِينَ

“Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai.” (Q.S. Al-A’raf : 205)

g) Menyederhanakan suara, antara bisik-bisik dengan suara keras (Q.S. 17 : 110)
Firman Allah :

وَلَا تَجْهَرْ بِصَلَاتِكَ وَلَا تُخَافِتْ بِهَا وَابْتَغِ بَيْنَ ذَلِكَ سَبِيلًا

“Janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu (doamu) dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu”

h) Tidak berdoa untuk keburukan atau memutus tali silaturahmi (H.R. Ahmad)
i) Tidak terburu-buru, maka doanya tidak akan dikabulkan. Terburu-buru maksudnya, belum waktunya dikabulkan lalu berkata : “Saya sudah berdoa terus tetapi belum dikabulkan”.
j) Berdoa tidak boleh setengah hati dan berkata kepada Allah : “Sekiranya Engkau mengendaki/sekiranya Engkau mau………….” (H.R. Abu Daud)
k) Memilih kalimat-kalimat yang luas maknanya, tidak tertuju kepada kepentingan yang sesaat dan ruang lingkupnya sempit (H.R. Ibnu Majah)
Misalnya : perkataan pangkat, jabatan, lulus ujian diganti kebaikan dunia, Perkataan uang, materi tertentu diganti dengan rezki yang luas, Perkataan badan langsing, kurus, kuat, dll diganti dengan kesehatan, Perkataan pintar, ilmu tinggi diganti dengan ilmu yang manfaat, Perkataan anak yang bergelar tinggi diganti dengan anak yang saleh
l) Jangan mendoakan diri, keluarga, anak, harta, pelayan dengan doa yang buruk (H.R. Jabir)
m) Isi doanya dimulai dari mendoakan diri sendiri dulu, baru untuk yang lain (H.R. Tirmidzy)
n) Menyapu muka dengan kedua telapak tangan setelah selesai berdoa. Hadits-hadits tentang ini semuanya lemah. Namun Hafizh Ibnu Hajar berkata bahwa karena banyaknya hadits tersebut , maka derajatnya bisa hasan. Imam Nawawy berkata bahwa menyapu muka untuk dipakai sendiri dibolehkan (Al-Adzkar : 175). Wallahu A’lam.

Links:
[kenapa haRus beRdzikiR]

http://www.perpustakaan-islam.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=141

[tuntunan shalat menurut al-quRan dan as-sunah]

http://www.agusharis.net/download/risalah_shalat.pdf

[mengangkat tangan pada waktu beRdO'a setelah shalat faRdhu]

http://www.almanhaj.or.id/index.php?action=more&article_id=1039&bagian=0

[mengangkat tangan saat beRdOa setelah selesai shalat]

http://dzakiyah07.wordpress.com/2007/02/16/mengangkat-tangan-saat-berdoa-setelah-selesai-shalat/

[fatwa-fatwa penting tentang shalat]

http://wapena.org/documents/seputar%20shalat.pdf

[dzikiR setelah shalat]

http://aliph.wordpress.com/2007/01/24/dzikir-setelah-shalat/

[dzkiR, wiRid dan dOa sesudah shalat]

http://rabbasa.or.id/dzikir_dan_wirid_sesudah_shalat.htm

[meninggalkan dO'a]

http://www.almanhaj.or.id/index.php?action=more&article_id=677&bagian=0

[wiRid / dOa setelah shOlat faRdlu]

http://kanjengsinuwun.blogspot.com/2006/04/wirid-doa-setelah-sholat-fardlu.html

[dzikiR setelah shalat]

http://islamhouse.org/id/books/pdf/3144.pdf

-perbanyakamalmenujusurga-

File HOTD | 1.87MB
Download kumpulan artikel
About these ads

67 Tanggapan to “[DOA] setelah shalat faRdhu”

  1. helgeduelbek Says:

    terimakasih pencerahannya mas.

  2. orido Says:

    alhamdulillah…
    aku hanya sharing ilmu yg aku punya sambil aku belajar dan belajar lagi…
    masih banyak yg harus aku pelajari karena memang aku sangat sedikit sekali paham akan ilmu islam..

    mari kita sama2 perdalam islam dan perkuat iman…

  3. anisa Says:

    Setuju…islam tidak akan maju kalo umatnya tidak maju..
    Bermanfaat sekali postingannya. terimakasih mudah2an kita semua mendapatkan hidayahNya untuk mengerjakan itu

    • anisah nur hasanah Says:

      hey anisa aku juga setuju kalau alat fardhu tuch sangat bermanfaat untuk siap menghadap ALLAH SWT. jika pada saat kita dipanggil oleh Yang Maha Kuasa ya ……….
      ALLAH juga memberikan hidayah dan inayahNYa !!!!!!!!!!
      kakak anisah saya juga mau nanya sama kakak bagaimana caranya solat fardhu?????????/

      :: oRiDo™ ::
      cara shalat fardhu?
      silahkan download dan di pelajari dari E-book shalat nabi..
      semoga berguna.. :)

  4. deKing Says:

    Terima kasih mas :D

  5. Fari Nasution Says:

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Alhamdulillah, syukran ya habibi. Terima kasih Mas, aku numpang copy-paste beberapa bagian dari blog Mas. Semoga bermanfaat bagi kita Semua. Amin.

    ::oRiDo::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    alhamdulillah.. silahkan mas Fari..

  6. yudz Says:

    makasih mas…

    ::oRiDo::
    alhamdulillah.. :)

  7. Sugiyono Says:

    matur suwun mas kulo numpang kopy Semoga bermanfaat bagi kita Semua. Amin.

    ::oRiDo::
    amin..
    silahkan di sebarkan ke yang lain.. ;-)

  8. mas Yon Says:

    ijinkan aku copy paste ya, mas…. semoga mendapat ridlo ALLAH SWT, amiiin..

    ::oRiDo::
    silahkan mas Yon..
    makasih buat do’a nya.. :)

  9. Donnie Says:

    Terima kasih Mas Orido…
    Semoga bermanfaat buat kita semua, Amin ya Robbal alamin.

    Mas…
    Kalo bisa doa diatas yang masih pake huruf “arab gundul” bisa tolong dilengkapi atau dibantu dengan huruf latin. mungkin ada diantara saudara saudara kita (termasuk saya :p ) yang kurang paham membaca huruf tanpa ada tanda-tanda (fatah, domah, kasroh, sukun, siddah).

    sekali lagi terima kasih Mas Orido.

    ::oRiDo::
    amin.. makasih juga mas Donnie.. makasih doa nya..
    oke, ntar klo aku udh dapat referensi nya *bantu doa, semoga secepatnya*, aku segera lengkapi..
    insyaAllah..

  10. wawan Says:

    Pak,
    sy dengar bahwa dulu
    Nabi Muhammad saw tidak pernah berdoa sambil mengangkat tangan setelah sholat fardlu. apakah ini benar ?

    ::oRiDo::
    ada doa-doa yang memang diwajibkan utk mengangkat tangan, ada juga yang tidak diwajibkan. Berdasarkan hadist berikut:

    “Sesungguhnya Rabb kalian itu maha pemalu dan maha pemurah. Allah malu kepada hamba-Nya yang menengadahkan kepada-Nya, akan tetapi lalu Dia tidak mengabulkan permintaannya.” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i dan Hakim dari Salman, Sanadnya Shahih, -Lihat Taudhihul Ahkam 6/422 dan Bulughul Maram No. 1356)

    maka pada dasarnya saat berdo’a kita dianjurkan untuk mengangkat tangan sehingga rinciannya adalah sebagai berikut:

    1. Do’a-do’a yang dianjurkan berdasarkan dalil, maka mengangkat tangan dianjurkan, semisal saat do’a istisqo’.
    2. Do’a yang tidak dianjurkan untuk mengangkat tangan berdasarkan dalil, maka mengangkat tangan dalam hal ini tidak dianjurkan, semisal do’a ketika sujud, tasyahud dan do’a khotib dalam khutbah jum’at.
    3. Do’a yang tidak ada dalil yang menunjukkan untuk mengangkat tangan atau tidak mengangkat tangan maka pada dasarnya tetap dianjurkan untuk mengangkat tangan berdasarkan Hadits di atas. (Lihat Fiqh ‘Ad’iyyah wal Adzkar 2/182).
    sumber: Mengangkat Tangan Ketika Berdoa

    untuk penjelasan lebih lengkap, silahkan kunjungi link berikut:
    [Berdoa Dengan Mengangkat Tangan]

    • Sohib Says:

      Maha Pemurah (Ar-Rahman) 1 dari 99 Asma Allah (Asmaul husna) namun bagaimana dengan Maha Pemalu???.

      oRiD™ bilang:
      kenapa dengan Maha Pemalu pak?

      • akas Says:

        emangnya ada ya asmaul husna yang artinya maha pemalu ,yang mana tu..? maksudnya bagai mana ?? saya jadi bingung…

  11. dandi Says:

    syukron, yaa akhi buat tulisannya. :)

    ::oRiDo::
    alhamdulillah..
    silahkan disebarkan kembali.. :)

  12. ahmadhanafi Says:

    kalo ditambah mengusap muka setelah berdoa gimana tuh akh?

    ::oRiDo::
    setahu saya, mengusap muka setelah shalat/berdoa bukan sunnah nabi (tidak di contohkan oleh Rasulullah), dan tidak ada hadis yang shahih berkaitan dgn hal ini.

    sebagai bahan bacaan, silahkan klik:
    [mengangkat tangan ketika membaca dO'a qunut, mengusap wajah setelah beRdO'a dan ucapan amin]

    Tidak ada satu pun hadits yang shahih tentang mengusap muka dengan telapak tangan setelah berdo’a. Semua hadits-haditsnya sangat lemah dan tidak bisa dijadikan hujjah, jadi tidak boleh dijadikan alasan tentang bolehnya mengusap.

    Karena tidak ada contohnya dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka mengamalkannya merupakan perbuatan bid’ah.

    [tanya - hadist mengusap wajah]

    Berkata Ust. Abdul Hakim Abdat tentang hadits ini (red: ttg mengusap muka): Sangat Lemah. Riwayat Imam Tirmidzi (Abdul Hakim bin Amir Abdat, Hadits Hadits Dlaif dan Maudlu 1, Darul Qalam, Jakarta, Cet. I, 2003 M, hal. 141).

  13. Hamdallah Says:

    Hamdallah, syukron kini aku mengisi hidup ini lbh ringan. Terima kasih

    ::oRiDo::
    alhamdulillah…
    mari sama2 belajar dan beramal.. :)

  14. Augustnawan Says:

    Mhn minta ilmu supaya saya bs dpt hidup yg qanaah, terima kasih

    ::oRiDo::
    hmmm….
    qanaah merupakan rasa syukur kita kepada Allah swt berkaitan dengan harta benda atau materi yang kita terima..
    mungkin agar dapat hidup qanaah, yang mesti kita lakukan adalah ikhlash dan tidak pernah suudzhon sama Allah swt..

    insyaAllah nanti aku coba cari bahan seputar qanaah utk di posting di blog ini..
    makasih..

  15. [DKMB] WinShalat - Simulasi Shalat « oRiDo™ On wORds Says:

    [...] [DOA] setelah shalat faRdhu :: DOWNLOAD [...]

  16. [HOTD] istikhaRah / memOhOn pada Allah « oRiDo™ On wORds Says:

    [...] [DOA] setelah shalat faRdhu :: DOWNLOAD, 1.87MB [...]

  17. zaini Says:

    mas boleh kasih jelas tulisan arab nya gag .. bagian doa itu soalenya kurang jelas kalo dibaca jadi agak rancu …

    salam
    zaini

    :: oRiDo™ ::
    maaf..
    dengan segala keterbatasan..
    sementara seperti itu dulu..
    insyaAllah diperbaiki.. :)

  18. FITRI KARINAWATI Says:

    ASS
    SAYA INGIN LEBIH MENAMBAH ILMU AGAMA AGAR SAYA DEKAT DENGAN ALLAH, TOLONG SAYA RUTIN DIKIRIM ARTIKEL SECARA RUTIN
    WWW

    :: oRiDo™ ::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    insyaAllah.. :)

  19. toni Says:

    thanx, jazzakumullah khairan katsira.

    :: oRiDo™ ::
    alhamdulillah.. :)

  20. hery Says:

    Assalamu’alaikum wr wb… Alhamdulillah. sebelumnya terimakasih atas layanan & artikel ini. maaf ya mas, tolong dong. Sebagian ayat (gundul) atau tidak ada harokatnya. jadi saya yang masih awam agak susah bacanya. terimakasih..

    :: oRiDo™ ::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    afwan juga..
    kebetulan saya dapatnya seperti itu, insyaAllah kalo dapat versi lengkapnya, akan saya perbaiki..

  21. Deni Says:

    Asslamu’alaikum Wr WB

    Apa hukumnya mencintai seseorang?
    Apa Hukumnya pacaran?
    APakah ada pacaran yang tak dosa?
    Kalau ada tolong beritahu saya!

    Ditunggu jawabannya
    di fs ku

    Deni@boyzzz.com(usahakan dikirimkan kesini… saya sangat butuh)
    atau
    Deniansyah@rocketmail.com

    wassalam…

    :: oRiDo™ ::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    setiap orang bebas mencintai siapa saja..
    dalam islam tidak mengenal pacaran (yang identik dengan berdua2an, hubungan bebas, dlsb), karena hal tersebut dekat pada zina..
    untuk lebih jauhnya ttg pacaran dan pergaulan dalam islam, silahkan lihat artikel mengenai jodoh dan ini seputar pacaran sama yg ini seputar adab pertemanan
    semoga berguna..

  22. Lilik Istifah Says:

    Tlg dikirimi seputar sujud syukur dan doanya. serta cara mengamalkannya.
    terimakasih

  23. ARIES Says:

    YA ALOOH BERIKAN LAH AKU RIZKI YANG HALAL DAN JAUH KAN LAH AKU DARI SEMUA LARANGANMU.
    PERTEMUKA AKU DENGAN ANAK DAN ISTRIKU

    :: oRiDo™ ::
    amin…
    amin…

  24. siiipzszzz Says:

    ciiiiiiiiippppppppp dech buat semuanya
    jgn cman dibaca and dipahami doang y0w.!!!!!!!!!!
    hrz diamalkan lh0………

    :: oRiDo™ ::
    betul..
    mari kita sama2 belajar dan beramal.. ;-)

  25. Tohiran Says:

    Assalamu’alaikum wr wb.
    Terimakasih mas,postingnya bagus banget.InsyaAllah bermanfaat dan menjadikannya sebagai sumber amalan yang tak terputus bagi anda.Saya jg mau tanya mas,adakah hadist yg sahih tentang fadilah membaca surat Al Waqi’ah 14X ba’da sholat ashar tanpa putus?Yg katanya bisa mendapatkan jaminan terbebas dr kemiskinan.Mendatangkan rizki,kekayaan &keselamatan dr Allah SWT?Terimakasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb.

    :: oRiDo™ ::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    mengenai surat al-waqi’ah..
    untuk saat ini saya tidak tahu hadist shahih nya..
    insyaAllah nanti saya coba cari hadist pendukung..
    sebagai informasi awal, bisa di lihat di sini:

    http://www.pkesinteraktif.com/content/view/2745/219/lang,id/

    http://www17.brinkster.com/agendamuslim/al-waqiah.htm

    semoga berguna..

  26. siti Says:

    Alhamdulillah,,ada juga artikel yang bermanfaat seperti ini..salam kenal pak..terus posting ya pak

    :: oRiDo™ ::
    alhamdulillah…
    insyaAllah.. :)

  27. berita ekonomi Says:

    ass. wr. wb
    terimakasih ada artikel bagus seperti ini.padahal untuk menuju surga sangat murah tapi susahnya ampun2an..mudah2an 4JJI selalu menuntun dan menjauhkan dari godaan syetan..Amiiiin..Rindu sekali sama 4JJI

    :: oRiDo™ ::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    amin.. :)

  28. Fikri Says:

    Assalamu’alaikum Orido
    kayakna anda tau banyak ttng doa2 nabi sesudah sholad.
    Saya minta tolong dong. Tolong kirimkan semua doa nabi ketika sesudah solad yang anda ketahui dan tolong kirim ke email saya
    fast_3r@yahoo.com
    saya tunggu email na terimakasih
    Wassalamu’laikum

    :: oRiDo™ ::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    saya juga masih harus belajar banyak nih..
    mari kita sama2 belajar dan beramal.. :)

    saya sudah kirim via email.

  29. Saptadi Says:

    Alhamdulillah….semoga Allah S.W.T meRidhoi.

    :: oRiDo™ ::
    amin.. :)

  30. donik Says:

    aslamu’alaikum.wr.wb.maksaih mas buat tulisannya aku ikut ngambil yah…. moga bermanfaat duni ma akhirat amin…. alfatihah :>

    :: oRiDo™ ::
    silahkan..
    amin.. :)

  31. hari Says:

    asslmualakm, mas slam kenal dari saya

    :: oRiDo™ ::
    wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh..
    salam kenal juga.. :)

  32. pardiyo Says:

    ass, lam kenal, sekalian mo nanya, wudlunya orang sdg puasa sm gak dgn selagi gak puasa? trims,wss

    :: oRiDo™ ::
    wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh..
    tidak ada ketentuan tersendiri untuk wudhu orang yang sedang berpuasa.
    *apalagi ada ketentuan boleh kumur2 sambil meneguk air.. heheheh :D*
    jadi, saat berpuasa atau tidak, lakukan wudhu seperti biasanya.
    semoga bermanfaat. :)

  33. iklanfresh Says:

    Siip… :)

    :: oRiDo™ :: :)

  34. all my life Says:

    terima kasih atas tipsnya

    :: oRiDo™ ::
    semoga bermanfaat.. :)

  35. secret admirer Says:

    aQ minta Lagu peTerpaN donk……………..

    ??????????????????mmmmmmmmmmmmhhhhh

    oRiDo™
    ???

  36. Sabarimanto Pemalang Says:

    lengkap banget. hebat

    :: oRiDo™ ::
    semoga bermanfaat.. :)

  37. jusron hanafi Says:

    pokoknya siiiipppp bangeeettt…….
    cuman yang aku inginkan ada cara bacaan sholat dikemas di mp3 atau ada vidionya gitu lho.
    ok thanks…
    semoga amal ibadah mas selalu mendapatakan balasan yang terbaik dari Allah SWT.

    :: oRiDo™ ::
    mungkin bisa di coba artikel yang ini: [DKMB] WinShalat – Simulasi Shalat
    semoga bermanfaat..

    terimakasih utk doa nya.. :)

  38. uzm@n Says:

    sukran katsiran…………….

    oRiD™ bilang:
    alhamdulillah.. :)

  39. fauzah Says:

    Assalamu’alaikum ..

    saya baru pertama buka situs ini , dan saya tertarik untuk membaca artikelnya, mudah2an banyak artikel lainnya yang bisa menambah pengetahuan saya.

    wassalam.

    oRiD™ bilang:
    wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh..
    alhamdulillah..
    semoga bermanfaat.. :)

  40. heri Says:

    semoga dengan adanya ini, aku khususnya bisa lebih mendekatkan diri pada Allah Yang Kuasa

    oRiD™ bilang:
    amin…
    mari sama2 memperbaiki iman islam kita semua.. :)

  41. miftah Says:

    assalm’aikum,slam knal.saya bru pertma bka stus ni.bnyak yng sya ambil.nggk pa2 kn?trim

    oRiD™ bilang:
    wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh..
    insyaAllah gak apa..
    alhamdulillah jika banyak manfaat nya.. :)

  42. Yanti Subandar Says:

    saya ingin menmbah ilmu mengenai Islam karena sayaOrang Islam tapi saya sangat sedikit ilmu pengetahuannya dari Sholat dan isi Al-Qur’an terutama doa-doa dari Al-Qur’an

    oRiD™ bilang:
    silahkan membaca artikel2 di sini, tetapi yang lebih perlu adalah adanya ustadz yang dapat lebih spesifik memberikan dukungan..
    semoga istiqamah dalam meningkatkan iman dan islam nya.. :)

  43. guswandi ali Says:

    blh lbh banyak lagi koleksi doanya.

    oRiD™ bilang:
    insyaAllah..
    bantu doa yah agar selalu di permudah.. :)

  44. dani Says:

    anjing

  45. dhi Says:

    mas ada latin arabnya ga??? aku aga gak bisa baca arabnya niy

    oRiD™ bilang:
    untuk sementara baru dapat segitu..
    kalau mas Dhi ada dapatkan bahannya, jangan lupa di share di sini.. :)

  46. zulfikarkhan Says:

    ustadz adakah doa yang plng cpt ngapal nya biar masuk trs dalam otak

  47. bangsarif Says:

    asalamualaikum gan, kumaha damang?
    maap baru mampir lagi

    • fauzi Says:

      ijin copy

  48. yudi Says:

    Makasih pencerahanya, klo boleh minta lafaz do’a seteleh shalat FARDU yang klo imam selesai sholat bacain Mas..

  49. puji m fatan Says:

    sukron jazilannn……

  50. ahmad tibroni Says:

    Jazakumullah khoiru jaza’… syukon …..

    :: oRiD™ bilang ::
    alhamdulillah.. :)

  51. Things to do in Minneapolis Says:

    i agree with the latter.

    :: oRiD™ bilang ::
    thx.

  52. Zeze Says:

    Makasih mas untuk postingannya. bermanfaat sekali untuk saya. semoga bisa menambah keimanan kita kpd Allah SWT.

  53. agung Says:

    terima kasih, semoga bermanfaat bagi kita semua.. termasuk saya sendiri..

  54. habibmaulana Says:

    ass, wr, wb,
    mohon izin saya tambah ke ‘blogger’ saya ya mas,
    semoga semua ilmu pengetahuan yang dibagi melalu media ini
    benar2 bermanfaat dan dicatat sebagai amal ibadah, amiin..

  55. Sugiyono Says:

    Makasih banyak sangat berguna sekali untuk menambah ilmu terutama bagi saya sendiri…

  56. Purnomo S A Says:

    Assalamu ‘alaikum wr wb. Terima kasih , saya baru pertama kali membuka situs ini , bagus isinya dan bermanfaat bagi kita umat Islam yang belum hapal aku izin share via face book buat keluarga . . Wa’alaikumsalam wr wb.

  57. Dayat Nofiansyah Says:

    terima kasih atas sharing ilmunya,, saat ini jarang sekali orang mau sharing seperti anda… semoga artikel ini dapat berguna bagi semua orang…

  58. fauzan Says:

    assalamualaikum kok lihat lihat doa di sini bagus paling ok

  59. Dinah Safina Says:

    Assalamualaikum.wr.wb ya juga tapi gak ada yang aku cari doanya

  60. jasa penerjemah tersumpah Says:

    oke sob infonya, ane ambil buat belajar ya…salam kenal n sukses selalu.thanks

  61. Efni Says:

    Trimaksh sangat brmanfaat..!

  62. sugik Says:

    terimakasih untuk blog nya. sedikit banyak nya telah membantu saya.

  63. KUMPULAN DOA « Dedi Hermawan Says:

    [...] [DOA] setelah shalat faRdhu [...]


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 448 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: