[HOTD] aRti mimpi

Ya Tuhanku, sesungguhnya Engkau telah menganugerahkan kepadaku sebahagian kerajaan dan telah mengajarkan kepadaku sebahagian ta’bir mimpi. (Ya Tuhan) Pencipta langit dan bumi. Engkaulah Pelindungku di dunia dan di akhirat, wafatkanlah aku dalam keadaan Islam dan gabungkanlah aku dengan orang-orang yang saleh.
(Doa nabi Yusuf a.s., QS. Yusuf, 12 : 101)

Hadist riwayat Bukhari ra., ia berkata:
Dari Abu Sa`id Al-Khudri, bahwa sesungguhnya dia mendengar Nabi saw. bersabda: “Apabila seorang dari kamu melihat suatu mimpi yang menyenangkan maka sesungguhnya mimpi itu hanyalah dari Allah, maka hendaklah ia memuji Allah (bertahmid) atas mimpinya itu dan hendaklah ia memberitakannya. Dan apabila ia melihat (bermimpi) tidak demikian dari yang tidak menyenangkannya maka sesungguhnya mimpi itu hanyalah dari syaitan, maka hendaklah ia memmohon perlindungan (ta`wwudz kepada Allah) dari keburukaannya dan janganlah menuturkannya kepada seseorang, maka mimpi itu tidak membahayakannya (madharat)”.


Links:
[mimpi]
http://www.peRcikan-iman.cOm/mapi/index.php?OptiOn=cOntent&task=view&id=248

  • Mimpi meRupakan sebuah keadaan ketika manusia mengalami suatu kejadian yang membeRikan gambaRan kehidupan lain yang teRkadang bisa membeRikan makna dalam kehidupan sesungguhnya.
  • Mimpi bisa jadi isyaRat yang dibeRikan Oleh Allah kepada hambanya beRupa beRita baik atau buRuk dan mimpi ada yang memiliki makna dan ada pula yang beRupa mimpi kOsOng sekadaR peRmainan setan kepada manusia.
  • Tak sepeRti mimpi nabi yang sangat teRang dan tak peRlu ditakwilkan lagi kaRena meRupakan wahyu daRi Allah, mimpi paRa sahabat ada yang peRlu ditakwilkan.
  • Rasulullah saw. beRsabda, “Jika masa semakin dekat, mimpi seORang muslim nyaRis tidak peRnah dusta. Muslim yang paling benaR mimpinya adalah yang paling jujuR peRkataannya. Mimpi seORang mukmin meRupakan satu bagian daRi 46 bagian kenabian….” (Muttafaq ‘alaih). Ini beRaRti mimpi seORang mukmin memiliki peRtimbangan 1/46 kaRena 45/46 dibeRikan pada nabi.
  • Khalid al-AnbaRi dalam bukunya Kamus TafsiR Mimpi menyebutkan bahwa tanda mimpi yang benaR adalah sebagai beRikut.
    1. BeRsih daRi mimpi kOsOng, bayangan-bayangan yang meResahkan dan menakutkan.
    2. Dapat dipahami ketika teRjaga.
    3. TiduR dalam keadaan pikiRan jeRnih, tidak disibukkan Oleh peRsOalan apa pun.
    4. Mimpi teRsebut dapat ditakwilkan sesuai dengan apa yang ada di Lauh Mahfuzh.
  • Ada juga mimpi yang dianugeRahkan Allah kepada yang dikehendakinya agaR ia mendapatkan hidayah. Ini beRdasaRkan Riwayat al-Hakim mengenai keislaman seORang seORang sahabat, Khalid bin Sa’id bin ‘Ash. Keislaman ini teRjadi setelah Khalid mengalami mimpi yang sangat menyeRamkan. Dalam mimpinya, dia melihat seakan-akan ayahnya hendak mendOROngnya ke neRaka, sementaRa Rasulullah saw. beRusaha memegang pinggangnya agai ia tidak teRjatuh.
  • SeORang yang meRasa telah mengalami mimpi yang benaR, janganlah beRtindak sembROnO meminta sembaRang ORang untuk menakwilkan mimpi yang dialaminya. Janganlah ia menceRitakannya kepada ORang yang dengki dan dendam dan kepada ORang yang jahil yang ucapannya teRtOlak tetapi ceRitakanlah kepada ORang yang beRilmu, paRa ulama yang memiliki keutamaan, ORang-ORang yang dalam pemahaman teRhadap dien Islam.
  • BeRdasaRkan hadist, maka ada tiga macam mimpi:
    1. Mimpi bisa teRjadi kaRena suatu Obsesi. Obsesi teRsebut begitu kuat dalam memORi kita sehingga muncul dalam mimpi. Misalnya, seORang pemuda yang teRObsesi menikahi Dian SastRO, sangat mungkin dia beRmimpi menikah atau beRtemu dengannya. Ini adalah mimpi yang beRsifat fitRiah atau alamiah.
    2. BeRmimpi yang baik. Mimpi ini datangnya daRi Allah, kita wajib mensyukuRinya dan bOleh menceRitakannya pada ORang lain sebagai wujud Rasa syukuR.
    3. Mimpi buRuk atau menakutkan. Mimpi ini datangnya daRi setan. Kita wajib beRlindung diRi pada Allah, bahkan kalau memungkinkan meludah tiga kali ke sebelah kiRi dan jangan menceRitakannya pada ORang lain –kecuali kalau ingin mengetahui takwil mimpi teRsebut. Sebab kalau kita menceRitakannya, setan akan meRasa senang kalau gangguannya itu menjadi bahan pembicaRaan manusia.
  • BeRhati-hatilah jika kita beRmimpi beRtemu dengan ORang yang sudah meninggal, misalnya beRtemu dengan ayah atau ibu kita yang sudah wafat, sebab dikhawatiRkan setan menyeRupainya. Jadi, kalau kita beRmimpi beRtemu dengan ORang yang sudah wafat, sebaiknya beRsegeRalah beRlindung kepada Allah.
  • SeORang penakwil mimpi haRuslah ORang yang jujuR (shidiq), ceRdas, ceRdik, dan suci daRi peRbuatan keji. Ia haRus mengeRti tentang Kitab Allah dan sunah Rasulullah dan ia pun haRus paham benaR ilmu mentakwilkan mimpi. Ini sejalan dengan apa yang diungkapkan Imam al-Gazali yang menyatakan bahwa fungsi ROh sebagai penangkap isyaRat Ilahi bagaikan ceRmin. Dia bisa memantulkan cahaya. ORang yang sidiq meRupakan ceRmin yang paling beRsih dan paling bening di mana cahayanya tidak teRdistORsi sama sekali. Jadi, dia bisa menangkap isyaRat teRsebut.
  • Untuk menjadi seORang penafsiR mimpi, ada bebeRapa etika yang haRus dipeRhatikan, di antaRanya adalah menggembiRakan saudaRanya ketika ia menceRitakan mimpinya; tidak menyebaRkan mimpi teRsebut kaRena itu meRupakan amanah; tidak menakwilkannya dengan teRgesa-gesa; jika tidak memungkinkan diRinya menakwilkan mimpi teRsebut, jangan Ragu untuk melimpahkan kepada ORang yang lebih tahu (beRilmu) dan jangan meRasa beRat melakukannya; mempeRlakukan pelaku mimpi secaRa beRbeda, maksudnya tidak menakwilkan mimpi Raja sepeRti menakwilkan mimpi Rakyat, sebab mimpi itu beRbeda kaRena peRbedaan kOndisi pelakunya; dan sebagainya.
  • Adab-adab sebelum tiduR teRsebut adalah:
    1. Memadamkan lampu, mengunci pintu, mengikat geRabah (tempat aiR), dan menutup makanan
    2. Mematikan api (kOmpOR)
    3. Wudlu. Wudlu tak hanya dilakukan ketika akan shalat, tetapi bisa dilakukan kapan saja. Bahkan, Rasulullah saw. selalu dalam keadaan suci daRi hadas, alias selalu mempunyai wudlu.
    4. Shalat witiR. Shalat witiR adalah salat yang dilakukan antaRa ba’da Isya hingga menjelang subuh dengan jumlah Rakaat yang ganjil misalnya satu, tiga, lima, bahkan tujuh Rakaat.
    5. Membaca Al QuRan. Adapun ayat yang dianjuRkan di antaRanya adalah SuRat Al BaqaRah ayat 285-286, SuRat Al Ikhlas, Al Falaq, An-Nas, dan ayat-ayat kuRsi.
    6. MembeRsihkan kasuR, beRbaRing ke aRah kanan dan meletakkan tangan di bawah kepala, dan beRdOa, “Maha Suci Engkau, ya Allah Tuhanku, kaRena Engkaulah aku membaRingkan tubuhku dan kaRena Engkau pulalah aku mengangkatnya. Apabila Engkau mencabut jiwaku, maka ampunilah ia dan apabila Engkau melepaskannya (menghidupkan) maka jagalah ia sebagaimana Engkau menjaga hamba-hamba-Mu yang saleh.”
  • Sedangkan adab bangun tiduR adalah sebagai beRikut.
    1. BeRdOa
    2. IstintsaR (mengeluaRkan aiR daRi hidung) tiga kali
    3. Membasuh tangan tiga kali
    4. Membasuh wajah dan kedua tangan
    5. BeRwudlu dan shalat
  • Ada bebeRapa waktu tiduR yang dibenci Rasulullah, yaitu:
    1. AntaRa Shalat Subuh dan teRbitnya matahaRi
    2. Setelah Shalat AshaR
    3. Sebelum Shalat Isya

[sejauh mana kita bOleh mempeRcayai mimpi]
http://syaRiahOnline.cOm/new_index.php/id/1/cn/1999

  • Al-QuRan meneRangkan bahwa sebagian mimpi itu memang ada yang beRmakna dan memiliki nilai infORmasi. Meski tidak semua mimpi sepeRti itu. Mimpi yang memiliki makna dan beRnilai infORmasi hanya bisa dibaca atau diteRjemahkan Oleh meReka yang memiliki ilmu teRsebut.
  • Sebagian daRi mimpi bahkan bisa meRupakan wahyu dan pensyaRiatan suatu hukum. Namun itu teRbatas pada paRa Nabi dan Rasul saja. Sedangkan manusia biasa sama sekali tidak dibenaRkan bila mengaku mendapat peRintah daRi Allah melalui mimpi.
  • ORang-ORang yang shalih bisa saja dibeRi infORmasi beRita daRi Allah akan peRistiwa yang akan teRjadi. Namun sifatnya sebagai isyaRat saja dan bukan infORmasi yang detail. Lagi pula tidak dibenaRkan mimpi mendapat peRintah bentuk ibadah teRtentu daRi Allah, kaRena Islam ini sudah lengkap semenjak Rasulullah SAW wafat 1400 tahun yang lalu.

[beRlebihan dalam mengangungkan guRu-guRu meReka dan beRhujjah dengan mimpi-mimpi]
http://www.almanhaj.OR.id/index.php?actiOn=mORe&aRticle_id=1921&bagian=0

  • MenuRut syaRi’at, selain mimpi paRa nabi sama sekali tidak bisa diambil sebagai hukum. Mimpi-mimpi teRsebut haRus dikembalikan kepada hukum-hukum syaRi’at yang ada. Kalau cOcOk dengan hukum syaRi’at, maka mimpi teRsebut bOleh diamalkan, namun bila tidak cOcOk, maka wajib ditinggalkan dan dijauhi. Mimpi bisa kita jadikan sebagai kabaR gembiRa atau peRingatan saja ; tidak bisa dijadikan ketetapan hukum. Dan tidak bisa kita beRkata, “Mimpi adalah satu bagian daRi kenabian yang tidak bOleh diabaikan.
  • Rasulullah beRsabda: “BaRangsiapa melihatku di waktu tiduR maka dia benaR-benaR telah melihatku, kaRena syetan tidak dapat menyeRupaiku.” [DiRiwayatkan Oleh Al-BukhaRi nO. 6993, Muslim nO. 2266 daRi Abu HuRaiRah. DiRiwayatkan juga Oleh Al-BukhaRi nO. 6994 daRi Anas nO. 6997 dan daRi Abu Said Al-KhudRi ; seRta Muslim nO. 2268 daRi JabiR].
  • Mimpi bisa dipakai sebagai bentuk kabaR gembiRa (bisyaRah) dan peRingatan (nidzaRah) saja, tidak menjangkau aspek hukum.
  • Mimpi meRupakan bagian daRi kenabian di antaRa syaRatnya adalah haRus meRupakan mimpi yang benaR daRi seORang yang shalih. Padahal teRpenuhinya syaRat-syaRat teRsebut jelas membutuhkan penelitian, sehingga bisa jadi teRpenuhinya dan bisa pula tidak.
  • Mimpi sendiRi teRbagi-bagi. Ada mimpi yang meRupakan mimpi biasa yang datangnya daRi syetan; ada yang meRupakan khayalan; dan ada juga yang meRupakan Rekaman peRistiwa yang teRjadi sebelum tiduR.
  • Suatu hukum tidak bisa diambil daRi mimpi-mimpi sebelum dicOcOkkan teRlebih dahulu dengan dalil, kaRena gambaRan yang ada dalam mimpi kemungkinan teRcampuR dengan kebatilan.
  • Memang, bisa saja ORang yang dilihat (dalam mimpi) itu datang dengan membawa pembeRitahuan, kabaR gembiRa, maupun peRingatan secaRa khusus, akan tetapi paRa ahli ta’biR mimpi itu tidak menjadikannya sebagai pedOman dalam menentukan hukum dan membangun suatu kaidah. Memang sikap yang benaR dalam menyikapi apa yang teRlihat dalam mimpi adalah dengan selalu beRpatOkan dengan syaRi’at yang ada, wallahu a’lam.

[peRbedaan antaRa Ramalan dan mimpi]
http://syaRiahOnline.cOm/new_index.php/id/1/cn/11992

  • Mimpi, hukumnya bisa beRagam. Bagi paRa nabi dan Rasul, mimpi meReka umumnya adalah saRana wahyu daRi Allah SWT. Meski tidak selalu bisa dipastikan demikian. Bukankah dahulu ketika Nabi IbRahim beRmimpi menyembelih anaknya, beliau pun masih peRlu melakukan kOnfiRmasi kepada Allah SWT. Sebab beliau masih takut jangan-jangan mimpi itu hanya datang daRi syetan.
  • Sebagian daRi mimpi manusia pun bisa menjadi ilham atau petunjuk yang beRsifat subjektif bagi diRinya atau ORang lain. Misalnya seseORang melakukan shalat istikhaRah untuk mendapatkan petunjuk daRi Allah SWT atas pilihan yang ada. Bisa saja Allah SWT membeRikan petunjuk melalui mimpi-mimpi.
  • Ramalan itu biasanya dilakukan Oleh dukun, tukang tenung atau ahli sihiR yang mendapat bisikan halus daRi syetan atau jin. SumbeRnya adalah infORmasi yang meReka cuRi daRi langit lalu ditambahkan dengan kebOhOngan.
  • Mendatangi peRamal tanpa mempeRcayainya sudah teRmasuk peRbuatan musyRik, meski hanya main-main. Apalagi mempeRcayainya. Jelas lebih beRat dOsa syiRiknya.

[psikOlOgi mimpi-1 (beRwisata dalam mimpi)]
http://www.mail-aRchive.cOm/milis-muslim@yahOOgROups.cOm/msg00229.html

  • Al QuR’an menyebut mimpi dalam dua teRm, yaitu Ru’ya dan adghats (ahlam). TeRm Ru’ya disebut sebanyak duabelas kali, beRhubungan dengan mimpi yang dialami Oleh Nabi dan Oleh ORang biasa. Sedangkan teRm ahlam disebut Al-QuR’an sebanyak lima kali , dua kali teRm al hulum (daRi halama yahlumu) dalam aRti mimpi “peRtama” 131 satu kali ahlam (daRi haluma yahlumu hilm) disebut dalam aRti fikiRan-fikiRan dan dua kali disebut adghas ahlam, dalam aRti mimpi-mimpi kalut.
  • Adapun ORang yang jiwanya sedang gelisah, mimpi yang dialami dalam tiduRnya lebih meRupakan adghats ahlam , yakni mimpi kalut. Tentang mimpi, banyak sekali hadis Nabi yang membicaRakannya. MenuRut kebanyakan hadis, mimpi dibagi menjadi dua yaitu Ru’ya dan al hulm. Yang peRtama beRasal daRi Allah dan yang kedua beRasal daRi syaitan.

[ingin melihat ROsulullah lewat mimpi]
http://syaRiahOnline.cOm/new_index.php/id/11/cn/2322

  • Tidak teRdapat hadis yang melaRang peRmOhOnan dOa sepeRti yang Anda tanyakan (beRmimpi beRtemu Rasulullah). Hanya saja peRtanyaannya adalah untuk apa Anda meminta hal teRsebut ? KaRena mimpi beRtemu dengan Rasulullah SAW tidak menjamin bahwa ORang teRsebut adalah ORang yang shOlih. Sedangkan hadis yang menyatakan “BaRangsiapa yang melihatku dalam mimpinya, maka aku telah menghaRamkan baginya api neRaka” meRupakan hadis yang tidak jelas asal ushulnya, sehingga tidak bisa menjadi pegangan.
  • Jika yang teRlihat dalam mimpi teRsebut memiliki shifat-shifat sepeRti Rasulullah SAW sebagaimana yang dijelaskan Oleh hadis-hadis yang shOhih, maka yang dilihat dalam mimpi teRsebut memang benaR-benaR Rasulullah SAW. Tetapi, jika kita tidak mengetahui bagaimana shifat-shifat Rasulullah SAW sebagaimana yang dijelaskan Oleh hadis-hadis yang shOhih, maka apa yang kita lihat belum tentu meRupakan sOsOk Rasulullah SAW. KaRena bisa saja itu adalah syetan yang mengaku-aku sebagai Rasulullah SAW.

[mimpi Rasulullah s.a.w]
http://mavOuRneen.wORdpRess.cOm/2007/01/15/mimpi-Rasulullah-saw/

  • Mimpi Rasulullah saw. sebelum diisRa’kan:
    1. Umat yang teRhalang tugas malaikatul maut padanya disebabkan Oleh KETAATAN DAN KEPATUHANNYA KEPADA KEDUA IBUBAPANYA.
    2. Umat yang diselamatkan daRi adzab kubuR Oleh beRkat WUDUKNYA YANG SEMPURNA.
    3. Umat yang diselamatkan daRi syaitan-syaitan dan iblis-iblis lakhnatullah dengan beRkat ZIKIRNYA YANG TULUS IKHLAS kepada Allah.
    4. Umat yang diselamatkan daRi siksa neRaka jahannam beRkat SOLATNYA YANG KHUSUK DAN TIDAK MENUNJUK-NUNJUK.
    5. Umat yang ditimpa dahaga yang amat beRat diselamatkan Oleh pahala PUASANYA YANG IKHLAS KEPADA ALLAH SWT membeRi minum hingga dia meRasa puas.
    6. Umat yang teRusiR daRi kumpulan paRa nabi diselamatkan Oleh MANDI JUNUB DENGAN RUKUN YANG SEMPURNA hingga duduk di sebelah Rasulullah.
    7. Umat yang dikeluaRkan daRi kegelapan kepada tempat yang teRang-mendeRang kaRena pahala HAJI DAN UMRAHNYA YANG IKHLAS KEPADA ALLAH SWT.
    8. Umat yang tidak dibalas bicaRanya pada gOlOngan ORang mukmin lalu diselamatkan Oleh SIFAT SILATURRAHIMNYA DAN TIDAK SUKA BERMUSUH-MUSUHAN SESAMA UMATKU.
    9. Umat yang diselamatkan Oleh pahala SEDEKAHNYA YANG IKHLAS KERANA ALLAH SWT daRi peRcikan api ke mukanya.

[mimpi kepada Rasullullah dan nabi lainnya seRta mimpi haRi kiamat beRulang kali]
http://syaRiahOnline.cOm/new_index.php/id/11/cn/3596

  • Mimpi yang dialami Oleh seORang muslim bisa benaR dan bisa tidak. Bisa menjadi petunjuk dan juga bisa penyesatan. Tapi yang jelas, tidak ada mimpi seORang muslim sepeninggal Rasulullah SAW yang bOleh dijadikan dasaR pijakan hukum syaRiah. Sedangkan mimpi yang bisa jadi semacam petunjuk / ilham yang beRsifat pRibadi, maka hal itu bisa dibenaRkan.
  • Kalau isi mimpi itu menyuRuh mengeRjakan bid’ah, kesesatan apalagi tindakan syiRik, sudah bisa dipastikan bahwa syetanlah yang muncul di dalam mimpi itu, bukan hidayah daRi Allah SWT.
  • Ada tiga hal beRkaitan dengan mimpi beRtemu Nabi:
    1. Hanya paRa shahabat Rasulullah SAW yang bisa dipeRcaya bila beRkata mimpi beRtemu dengan nabi. Mengapa ? KaRena selama hidup meReka memang telah kenal dengan sOsOk Rasulullah SAW.
    2. Hanya meReka yang secaRa seRius telah mempeRlajaRi siRah nabawiyah teRutama dalam masalah kOndisi pisik Rasulullah SAW yang beRhak mengaku telah mimpi beRtemu dengan Rasulullah SAW. Inipun masih dalam tanda tanya. BenaRkah sOsOk yang dilihatnya di dalam mimpi itu memang benaR Rasulullah SAW. Bagaimana dengan kemungkinan salah ORang. KaRena meski sudah membaca beRkali-kali Riwayat tentang wujud pisik Rasulullah SAW, yang jelas meReka belum peRnah beRtemu sebelumnya.
    3. Kalau pun bisa dipeRtanggung-jawabkan bahwa sOsOk itu memang benaR Rasulullah SAW, tentu sama sekali tidak ada syaRiat baRu yang disampaikannya. Kalau sekedaR teRsenyum, melambai atau hal-hal lain selain masalah tasyRi`, baRangkali masih bisa diteRima. Asal pRinsip dan intinya memang tidak beRtentangan dengan apa yang kita dapat daRi waRisan beliau yaitu Al-QuRan Al-KaRim dan sunnah.

Untuk mendownload file kumpulan artikel, silahkan klik link berikut:

http://orido.files.wordpress.com/2008/12/downloadfile.jpg?w=780

About these ads

75 Tanggapan to “[HOTD] aRti mimpi”

  1. anisa Says:

    Aswb.wr wb.
    Terima kasih sekali Pak Ridho artikelnya, sangat bermanfaat sekali buat saya khususnya, dan pembaca lain pada umumnya.
    Jadi merepotkan ini, belum sampei sehari request dah langsung publish. Mudah2an pahala selalu mengiringi langkah Bapak sekeluarga.Amin. Sekedar berbagi cerita, bahwasanya Alhamdulillah…Allahu Akbar..subhanallah..Allah telah membukakan /bahkan memberikan hidayah/rejeki buat saya, Apapun arti dari mimpi itu, saya akan terima baik itu rejeki/peringatan/yang lainnya. Kemaren senin malam selasa, 20 Februari saya bermimpi bertemu dengan Rasullallah(sampe gemetar saya menulisnya).

    Dalam mimpi saya tergambarkan keadaan seperti ini:
    Alhamdulillah,…Allahu akbar…saya bertemu dengan Rasulallah
    Beliau sedang sakit, ditandu, namun banyak orang menanti dirumah bapak ibuku
    menanti Rasul akan memberikan ceramah.
    dan saat Rasul keluar dan berada diatas tandu, beliau duduk bersandar dengan kemiringan sekirat 45 derajat semua orang berebut untuk melihatnya karena letaknya tinggi, tak terkecuali aku. Alhamdulillah akhirnya aku bisa melihat wajah beliau
    wajahnya bersih….putih, bercahaya…dan sangat tampan, beliau memakai baju berwarna biru muda dan sedikit mengeluarkan senyum
    lalu Rasul menuju ruang depan..kamar yang biasa aku pakai tidur
    didepan banyak sekali orang menunggu sampai2 aku gak bisa masuk
    namun dari luar aku mendengar percakapan seorang teman
    kalo Rasul sedang marah…
    karena apa..
    ajaran yang dicontohkan tidak ditaati
    ada seorang teman bernama Rindang(pemeluk katolik fanatik)
    dituding Rosul dan terlempar keluar
    hingga menjadi (maaf) badannya terbelah menjadi 4 bagian, persis seperti ikan yang dibelah lalu dipotong menjadi 4
    Di situ saya mengucapkan…masyaallah, sampe sebegitukah kekuatannya ? makanya taati perintahnya..ikuti ajarannya
    Saya sedih sekali melihat teman saya seperti itu
    apakah saya harus menyampaikan hal ini kepadanya ?
    Begitu terbangun, keringat dingin pun sedikit mengucur (padahal disini lagi musim dingin) dan haripun sudah siang..
    sedikit terlambat untuk melaksanakan subuh hari ini
    Saat terbangun aku sempat bergetar dan kuceritakan kejadian ini kepada suamiku
    merinding seluruh bulu kudukku
    seakan-akan tak percaya dengan apa yang baru saja terjadi
    Suami bilang Alhamdulillah, perbanyak lagi dzikirmu…perbaiki lagi ya…mama beruntung (sambil berdiri bulu kuduk suamiku, beliaupun mengecup keningku)
    dan saya yakin bahwa yang hadir dalam mimpiku itu adalah Rasul karena menampakkan wajahnya
    seandainya setan pasti tidak akan bisa menyerupainya
    Namun dengan kejadian ini saya berharap bisa mengambil hikmahnya
    Begitu bangun tidur badanku terasa ringan…, biasanya bangun pagi badan sakit semua (karena kami tidur tanpa dipan alias kasur langsung diatas lantai) dan seolah2 tidak ada beban. Semuanya ringan, pikiranku menjadi segar, mudah berfikir dan semuanya terasa mudah.
    beban yang selama ini aku anggap menghantui langkahku serasa hilang
    beban untuk bisa bertaubat kepadaNya
    Beban hidup di negeri yang mayoritas penduduknya tidak beragama, sebuah propinsi yg satupun tidak ada masjidnya, kami merindukan kumandang Adzan menggema setiap hari, tadarus bersama, sholat berjamaah setiap saat, komunikasi yg lancar. Seperti diungkapkan teman kepada saya bahwa skrg kami hidup bagaikan di hutan rimba dan padang pasir tak bertuan, maka pandai-pandailah kamu memanfaatkan waktumu untuk selalu berkomunikasi dengan Nya, karena besar kemungkinan semua doamu akan banyak terkabul, Amin.
    saya serius ingin mencari jalan dan bekal di akhir nanti
    saya ingin termasuk menjadi golongan orang yang sholeh
    yang selalu mengagungkan AsmaNya
    Saya sadar sesadar2nya bahwasanya dalam kehidupan yang hampir 30 tahun saya lalui banyak salah, khilaf dan dosa yang saya perbuat baik itu saya sengaja ataupun tidak, namun saya yakin Allah Maha Pengampun dan Maha Penyanyang atas Umatnya
    Terbukti dengan kejadian semalam…suatu kejadian luar biasa dan tidak pernah kuduga sebelumnya
    kebetulan kemaren kami puasa senin dan kebetulan juga sehari sebelumnya kami telah banyak berangan2 dan bercita2
    bersama suami..bercerita tentang betapa cintanya Rasul kepada istrinya, betapa bahagianya seandainya dirumah kita ada anak yatim piatu
    betapa bahagianya seandainya kita bisa naik haji
    betapa bahagianya jika aku bisa jadi guru ngaji di masjid dekat rumah
    dan juga jika salah satu dari kita menghadap Nya lebih dulu…mampukah saya sendiri ?
    mampukah saya menjawab pertanyaan2 yang dilontarkan malaikat di alam kubur
    mampukah saya sendiri ? sedangkan selama ini
    aku selalu mengikuti dan mengiyakan apa yang suami ajak, suruh atau anjurkan
    rasa ketakutan sempat ada dibenakku
    Namun suami meyakinkan aku bisa
    Terima kasih Allah telah berikan aku suami yang baik, begitu pengertian
    Ini kejadian sebenar2nya dan menurut yang pernah saya baca
    seandainya seseorang bermimpi baik ceritakanlah
    dan banyak mengagungkan Asma Allah dan seandainya buruk simpanlah dan banyak istiqfar
    Terimakasih dan selamat bekerja.
    Wassalam

    • Ahmad Wahyudi Says:

      masaallah …beruntung sekali ,,sempat berfikir,
      ”masih ada kah orang di zaman sekarang,bisa bermimpi dan melihat wajah S.A.W ? ”
      TERnyata masih ,,masa allah #maaf baru membalas,,

  2. orido Says:

    masyaAllah…. subhanallah..
    benar-benar beruntung bu Anisa…
    ingin sekali saya juga bertemu dengan baginda Rasulullah saw.. walau hanya dalam mimpi, itu sudah menjadi berkah yg besar.. seperti judul blog bu Anisa.. “Anugerah Terindah”…
    harus lebih memperbanyak amal ibadah nih… memperbanyak dzikir…. ya Allah, pertemukan hamba dengan kekasihMU…
    pantas kah hamba ya Allah??

  3. anisa Says:

    Amin. Mudah2an Allah menjawab doa Pak Rido dan membalas semua kebaikannya dengan pahala yang setimpal.

  4. 'N Says:

    Banyak orang yang menyalahartikan mimpi secara berlebihan bahkan ada yang menjadikan sumber taruhan *sesuai pengalaman, ada yang nanya ttg mimpiku, katanya buat taruhan gitu. Naudzubillah.

  5. deihco Says:

    assalammu alaikum wr.wb
    sy baru membuka situs ini, saya ingin bertanya langsung saja, boleh? saya mengalami dalam mimpi saya, saya bertemu dengan orang yang saya kenal yang sudah meninggal, dan didalam mimpi itu saya berbicara dengan dia. apa arti mimpi itu ? tolong diberi penjelasan ? terima kasih.
    wassalam

    ::oRiDo::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    menurut pandangan saya sebagai orang awam mengenai arti mimpi mas deihco ini ada 2 kemungkinan, pertama bahwa mas deihco selalu teringat pada orang yang sudah meninggal tersebut sehingga terbawa mimpi, dan kedua mungkin orang yang sudah meninggal tersebut mencoba memberitahukan sesuatu pada mas deihco..

    saran saya, tanya pada ustadz..
    saya bukan orang yang tepat utk masalah ini..

  6. funkshit Says:

    hmm ..
    berarti kata org2 tua di daerah saya ngga bener donks
    katanay mimpi bisa berarti macem2 ..
    jadi ngga pengin lagi mimpi ketemu ular
    ::oRiDo::
    pilih2 lagi kali yah yg mana yg mesti diikutin apa yg di bilang org2 tua kita..
    lha.. emang dulu kepengen gitu mimpi ketemu uler? apa menariknya mimpi ketemu uler??

  7. eko Says:

    Assalamu’alaikum wr. wb.

    mimpi bisa jadi suatu gambaran yang menyenangkan atau tidak, dan mimpi bisa berasal dari Alloh SWT atau setan tergantung seperti apa mimpi itu. Mimpi bisa juga merupakan salah satu Nubuah Alloh kepada para wali-Nya di muka Bumi sepeninggal Nabi SAW.

    Tapi berhati-hati lah dalam menafsirkan arti mimpi karena tidak mudah dan tidak semua orang bisa melakukan hal itu.

    oh iya beruntunglah yang telah mimpi bertemu baginda Rosulullah SAW. didalam mimpinya.

    wa’alaikumsalam

    ::oRiDo::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    yang dapat men-takwil-kan mimpi itu memang bukan lah sembarang orang..
    kita sebagai orang awam.. mungkin hanya dapat mejalankan sunnah2nya ketika kita mengalami mimpi baik maupun mimpi buruk..

  8. trea Says:

    assalamualaikum WR WB,
    saya sering sekali bermimpi tidak baik….dan saya menceritakan
    mimpi saya tersebut kepada teman saya,sedangkan jika kita bermimpi
    tidak baik janganlah menceritakan mimpi tersebut kepada orang lain
    apa yg harus saya lakukan karena saya sudah terlanjur menceritakannya

    ::oRiDo::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    mimpi buruk dan masalah yang dialami lebih baik kita “cerita” dan kembalikan hanya kepada Allah swt..
    jika sudah terlanjur.. karena belum tahu, ya gak apa2.. sekarang klo sudah tahu, jangan sampai salah lagi.. :)

  9. nanana Says:

    assalamu”alaikum……
    saya pernah mimpi yang terkadang terjadi di masa depan saya,dan saya ingat kalo saya ada mimpi seperti yg sedang terjadi. beberapa kali saya mengalami seperti itu, apa ya maksudnya. apa Allah selalu menunjukkan kejadian kedepannya melalui mimpi??? allahu ‘alam..

    ::oRiDo::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    Allah menunjukkan suatu kejadian sebelum terjadi melalui mimpi tidak di perlihatkan pada semua orang, hanya pada orang2 pilihan saja..

  10. MURI ADI Says:

    ASLM WR WB

    MENURUT SAYA PADA PEMBUKAAN PETAMA BAHWASANYA YANG BAIK DAN BURUK ITU SMUANYA BERASAL DARI ALLAH AZAWAJALA. KARENA SYETAN PUN BERTINDAK ATAS IZIN ALLAH
    TRIM
    WASALAM

    ::oRiDo::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    setuju mas Muri..

  11. adnan Says:

    ass.wr.wb.
    klo saya saat persis pada 1/3 malam terakhir, pada malam ganjil ramadhan tahun 2002 bermimpi …
    1. melihat bulan turun kebumi
    2. bertemu nabi ismail dan ibrahim sedang membangun ka’bah
    3. bertemu dengan akhwat mengenakan kerudung warna merah muda dari balik hijab
    bagi anda yang ingin membantu menafsirkannya bisa kirim e-mail ke : adnan1212@plasa.com
    atau sms ke : 081 391 390 950
    jazzakallah
    wassalam wr.wb.

    ::oRiDo::
    smoga mas Adnan mendapatkan jawaban..

  12. Yahya Anton Says:

    Aswb.wr wb.

    Saya ingin mengetahui kira2 apa pesan dari mimpi saya ini.

    Mimpi saya ini sudah cukup lama sekitar 1 bulanan yang lalu.

    Ketika itu saya bermimpi berada dalam sekelompok orang yang berjubah serba putih dan saya ada diantara mereka juga dengan jubah putih.

    Seseorang yang berdiri di depan saya berkata ” itu Rasullalah” sambil menunjuk ke sebelah kiri saya kepada seseorang yang berjubah putih serta janggut yang panjang namun wajahnya tidak terlihat jelas.

    Setelah itu datang kelompok lain berjubah hitam (kalo tdk salah) namun tidak berwujud (badan) jelas karena hanya tebaran kain dan membawa pedang.

    Saya mendengar seruan melawan kelompok itu dan saya menawarkan diri maju dan berhadapan dengan kelompok itu yang selalu mengayunkan pedang ke kiri dan kekanan bahu saya, namun saya dapat menangkisnya sampai mimpi itu hilang

    ::oRiDo::
    mungkin semangat mas Yahya dalam memperjuangkn islam terbawa2 ke dalam mimpi.. di tambah lagi dgn merebaknya berita seputar aliran sesat..
    hehehe..

  13. rania kartika Says:

    assalamualaikum wr wb
    beberapa malam yang lalu suami saya mimpi dirumah nenek ada orang banyak berkumpul, kira kira apa maknanya ya pak? dan nenek saya juga mimpi klo istri cucunya(ada diluar pulau) memakai baju putih putih,dan cucunya yang laki itu b ilang dalam mimpi jika nenek “dibikin”oleh istri cucunya itu,apa dengan maksudnya pak?mhn dijawab ya pak.trimakasih
    wassalamualaikum wr wb

    ::oRiDo::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    maaf bu Rania..
    saya bukan orang yang dapat mantakwilkan mimpi..

  14. RACHID Says:

    SALAM

    ::oRiDo::
    wa’alaikum salam…

  15. biru Says:

    Assalamualaikum,

    Maaf, saya pernah bermimpi berada di areal masjidil haram dekat Kabah yang disucikan. Saat itu saya tidak melihat kerumunan banyak orang seperti yang sering terlihat di televisi atau gambar – gambar, tidak ada yang bertawaf. Dalam mimpi itu jarak saya dengan Kabah hanya beberapa meter, mungkin sekitar lima meter, dan yang menakjubkan ketika itu adalah seluruh dinding kabah berbalutkan emas murni dengan hiasan -hiasan dibagian atasnya. Ya saya melihatnya. Seketika saya terdorong untuk mencium Hajar aswad yang juga terbuat dari emas itu. Satu hal saya belum pernah ke Mekkah, dan saat itu sejujurnya tidak pernah merindukan atau bercita cita untuk menuju kesana. Saya hanya beranggapan jika saya mempunyai cash 30 atau 50 juta lebih baik digunakan untuk menyekolahkan anak anak miskin. Ada yang mengerti tafsir mimpi saya itu?? terimakasih

    • mazz Says:

      audzubillahiminnassyaiton nirojim..
      maaf biru. sy coba jwb mimpinya : tolong kenali lg islam secara luas hati2 dengan ilmu qalam walaupun anda tidak mempelajari ilmu tsb. secara tidak disengaja anda tlah mendapatkan pelajarannya yg mayoritas menggunakan RO’YU (akal/logika). sejatinya apa yg di lihat belum tentu itu yg benar.
      contoh walaupun hajar aswad berwarna hitam legam tetap sj dia lebih mulia dr emas.
      jgn smp anda tergelincir menjadi akbarul bid’ah, naudzu billah tsuma naudzubillah
      jgn tersinggung ya bos, sesama muslim hny sher ilmu dikit. baroqalloh akhi

  16. eza Says:

    Assalamualaikum,
    saya ingin mengetahui tafsir mimpi saya melihat kawan saya seorang gadis yang masih bujang diangkat berarak di atas sebuah tandu kecil?
    mohon penjelasan mengenai mimpi tersebut. Terima kasih

    ::oRiDo::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    mimpi itu kemungkinannya ada 3..
    1. Petunjuk/kabar gembira dari Allah swt,
    2. Angan-angan dalam hati, dan
    3. Sesuatu yg menakutkan dari setan..
    (HR. At-Tirmidzi)

    silahkan di tafsirkan masin-masing…

    • mazz Says:

      Na’am Saroo Thoifu Man Ahwaa Fa-Arroqonii # Wal Hubbu Ya’taridhul Ladz-dzaati Bil Alami * (Yah, dimalam yang sunyi hayalan melayang pada kekasih, sehingga tidurpun sulit. Memang gelora cinta sering menukar ni’mat dengan derita..
      silahkan maknai endiri mksd syair di atas. hny anda yg tau arti mimpi tsb…

  17. jefry Says:

    saya sering mimpi hari kiamat?apakah maknanya?

    ::oRiDo::
    mungkin ini merupakan petunjuk dari Allah swt agar mas Jefry lebih meningkatkan iman lagi…

    • mazz Says:

      keberuntungan slalu dekat dgn anda, jgn lupa sholatnya mas ma sidaqoh..

    • mazz Says:

      keberuntungan slalu dekat dgn anda, jgn lupa sholatnya mas ma sodaqoh..

  18. Putri Ayu Anawiah Says:

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Saya tinggal di Palembang dan disana terdapat sungai Musi dan diatasnya ada Jembatan Ampera…

    pertanyaan saya:
    “Beberapa waktu yang lalu saya bermimpi bahwa seluruh kota Palembang banjir kecuali jembatan Ampera tapi airnya tidak keruh melainkan sangat bening, saat itu saya berada di atas jembatan Ampera dan disana ada beberapa orang yang tidak saya kenal dan memakai baju serba putih termasuk saya…
    diatas jembatan itu saya tidak merasakan gundah sedikitpun karena seluruh kota kelahiran saya banjir,
    yang ada di dalam hati saya hanya ada ketenangan melihat air yang sangat jernih itu mengalir lembut, melihat langit yang saat itu dipenuhi kabut merah bercahaya yang sangat indah dan dipenuhi bintang-bintang yang bersinar terang sekali, lalu sebelum saya terbangun, saya melihat masjid Agung yang terdapat di Palembang dan tidak jauh dari Jembatan Ampera, masjidnya bercahaya sampai menyilaukan mata saya dan membuat saya terbangun.”

    Apakah ada yang bisa menafsirkan mimpi saya yang sangat jelas itu?

    Dan satu lagi, adakah yang tahu arti Anawiah di nama saya?

    ::oRiDo::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    wah.. saya gak bisa manafsirkan mimpinyanih mba..
    ada yang bisa??
    silahkan..

    mmm… Anawiyah.. klo Adawiyah artinya Wanita sufi.. :)

    • mazz Says:

      cari guru yg benar2 paham tentang islam contoh pesantren, bnyk ko pesantren yg buka pengajian untuk umum setiap mlm tertentu khusus untuk masyarakat sekitar ponpes tsb. hati2 dengan ilmu islam yg bnyk berkembang terlihat baik sejatinya menyesatkan, karna kilauan islam menyejukan bukan menyilaukan mata sehingga susah di pandang.
      baroqalloh ukhti

  19. Muhammad Noor Firdaus Says:

    Assalaammualaikum,

    Saya Firdaus (32th) memohon maaf jika ini akan merepotkan Bapak, tapi saya penasaran sekali dan kadang tersiksa dengan mimpi yang sudah lebih dari sepuluh tahun terus teringat dihati dan pikiran saya. Barangkali saja Allah Swt memberikan jawaban yang saya cari selama ini lewat Bapak. Terimakasih..

    Diawal mimpi saya bermimpi ada di sebuah tempat gelap dan berkesan menyeramkan. Kemudian, saat akan mencari jalan keluar saya dihadang beberapa kali oleh mahluk atau figur seperti perempuan menyeramkan. Semua figur jahat tadi berhasil saya lumpuhkan sampai jatuh menghilang. Setelah itu, saya bergerak lagi mencoba mencari jalan keluar dan tiba – tiba melihat dari kejauhan ada sebuah cahaya putih ( terbesit dalam hati saya saat itu bahwa itu adalah jalan keluar dari tempat gelap tadi). Untuk mencapai cahaya itu, saya berlari melalui semacam terowongan yang agak gelap dan lurus. Setibanya disana, saya ada diruangan lain yang luas, berlangit – langit tinggi dan semuanya serba putih terang. Lalu tak jauh dari tempat saya berdiri, ada seorang perempuan berbaju serba putih tengah berdiri dan bersikap seperti telah menunggu kehadiran saya. Saya segera menghampirinya tanpa rasa takut dan setelah
    dekat, perempuan itu lalu berbicara “… anter yuk kesana !!..”. Dia menunjuk pada
    sebuah tempat dekat dengan posisi kami berdiri, sebuah tempat mirip supermarket
    lengkap dengan tempat untuk menyimpan barang dagangan yang masih kosong dan semuanya itu serba putih. Sayapun saat itu menyetujuinya sambil membalas “..ayuk..”
    dan menggenggam lengan kirinya. Mimpi inipun berakhir sesaat setelah saya bergerak
    menuntun perempuan itu menuju tempat yang dia inginkan.

    Saya terbangunkan dari mimpi itu dengan kondisi jantung berdebar – debar
    dan basah berkeringat sekitar pukul dua dini hari. ..Bapak yang budiman, apakah ini
    hanya cerminan psikologis saya ataukah sebuah fakta yang mungkin akan terwujud suatu saat nanti ? .. Terima kasih atas perhatiannya.

    NB: Barangkali ada pihak lain yang ikhlas membantu memberikan sudut pandangnya
    tentang hal ini, bisa kirim lewat ivolivol@yahoo.com. Terima kasih

    • mazz Says:

      coba mas inget2 deh ibu mas……
      ridhonya 3x lebih utama dr bapa, minta ampun en perbaiki sikap anda,
      maaf sekedar shering yah baroqalloh bikum

  20. eldomba Says:

    mo nanya Bukhari itu siapa ? apakah dia pernah bertemu langsung atau bersahabat dengan Nabi Muhammad ? trus kenapa kitab Bukhari bisa di bilang menjadi Kitab Kedua setelah Al Quran…yang bener Bukhari atau Al Quran wass. wr wb

    ::oRiDo::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    mengenai Imam Bukhari.. silahkan baca disini, mengenai pertemuan Imam Bukhari dengan Rasulullah.. silahkan baca disini..
    Imam Bukhari sebagai penulis kitab hadis yang shahih..
    Al-Qur’an dan Hadist, kedua-duanya menjadi pegangan bagi umat islam

    semoga berguna..

  21. Iwan Says:

    Ass. Wr. Wb.

    Saya bukan seorang yg taat beribadah, namun sekitar 2 minggu yang lalu saya bermimpi bertemu dengan 9 orang wali yang posisinya membelakangi sebuah pilar yang besar berwarna putih, ke sembilan wali tersebut berposisi 5 orang di barisan belakang dan 4 orang di barisan depan, lalu saya terbangun. Tidak lama kemudian saya tidur kembali dan mimpi tersebut berlanjut, dalam mimpi tersebut, 8 orang wali pergi dan yang tinggal hanya 1 orang wali (Sunan Kalijaga). Dan dalam mimpi tersebut dikatakan bahwa ke delapan orang wali tersebut mengantarkan Sunan Kalijaga. Lalu saya terbangun.

    Keesokan harinya saya mimpi lagi melihat sebuah kitab berwarna coklat kehitaman (seperti warna sebuah buku yang sudah tua/lam/usang) dan disampulnya ada kaligrafi huruf Arab, tapi saya lupa apa bacaannya karena tidak sempat membacanya. Dalam mimpi tersebut, saya dikatakan bahwa kitab tersebut milik Sunan Kalijaga dan saat ini ada di suatu desa yang namanya TE…GONG (saya agak lupa) dan berlokasi di daerah SE—RANG (saya lupa Serang atau Semarang).

    Mohon bisa dibantu mengartikannya dan jika artinya agak panjang, mohon bisa dikirim via e-mail saya.

    Terimakasih atas bantuannya, wassalamu’alaikum.

    ::oRiDo::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    maaf.. saya bukan ahli nya utk dapat menafsirkan mimpi..
    buat teman2 yang dapat membantu silahkan..

    • mazz Says:

      salam alaika akhi
      jgn sampai semua rutinitas kehidupan yg sibuk bahkan sangat sibuk seperti angka 8 yg sempurna tidak ada celahnya sehingga menjadi penghalang anda tuk beribadah kepada yg AHAD (satu), perbanyak belajar dan mengkaji islam & al quran insyaalloh anda selamat dunia akherat

  22. agus setiawan Says:

    pada jumat mlm saya bermimpi, saya mengumandangkan adzan dlm kegiatan shalat jumat. apa arti mimpi saya tersebut?

    • mazz Says:

      harus dilihat dr prilaku anda
      1.klo anda seorang yg sholeh : maka keberuntungan usaha sedang menanti
      2.klo anda islam KTP : bertaubatlah karna anda seorang pencuri atau pendusta.
      maaf yah cm sher aja baroqalloh bikum akhi

  23. raihanah ghazali Says:

    Askm.. saya berada dalam kesulitan dan keresahan sehingga hampir pada setiap malam saya mengerjakan sembahyang sunat hajat dan berdoa agar kesulitan ini dapat diatasi.

    Kemudian, saya bermimpi mendapat sepucuk surat mengatakan saya menerima wang berjumlah RM 100,000,000 dan rumah saya dipenuhi dengan bulu binatang.

    Walaubagaimanapun, saya masih terus berdoa dan sembahyang sunat hajat tanpa rasa jemu.

    Beberapa malam kemudian, saya bermimpi mendapati kotak barang saya berisi barang kemas emas dan permata.

    Saya amat berharap Ustaz dapat mentafsir mimpi saya ini secepat mungkin.. terima kasih

    :: oRiDo™ ::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    alangkah lebih baiknya jika tidak berharap kepada apa2 yang ditemui dalam mimpi..
    semoga selalu mendapat petunjuk dan bimbingan dari Allah swt..
    amin

  24. LieZMaya Says:

    katanya mimpi yang bisa diterjemahkan tuh kalo mimpi pada jam2 tertentu ya kang?
    halah suka mimpi yang aneh2 kalo lupa baca doa :P
    saking kecapeannya

    :: oRiDo™ ::
    pada jam2 tertentu??
    wah gak tau tuh.. kayak nya gak ada penjelasannya ttg waktu nya..
    mimpi naon? ulah hilap doa atuh Teh..
    sibuk ku dunia maya nyak Teh? :)

  25. [HOTD] istikhaRah / memOhOn pada Allah « oRiDo™ On wORds Says:

    [...] [HOTD] aRti mimpi :: DOWNLOAD, 163kB [...]

  26. gebooy Says:

    link file ziddu nya dah gak ada lagi..bisa di tolong upload lagi. makasi banyak

    :: oRiDo™ ::
    udh di update..
    maasih utk informasi nya..
    link donlod nya bisa di sini. :)

  27. karafuruworld Says:

    Seandainya bertemu dengan Rasulullah dalam mimpi…
    Hh..
    Smoga…
    Smoga apa yang dialami Bu Annisa bisa dialami juga oleh Karafuru San dan orang-orang yang mengharapkannya…
    Hanya, pastinya untuk mendapatkan yang terbaik, kita harus memberikan yang terbaik pula… Bukan begitu, Kang Orido?

    Smoga kita bisa memberikan yang terbaik dalam setiap hela nafas di hidup kita agar bisa bertemu dengannya yang memancarkan senyum bangganya begitu melihat kita…

    :: oRiDo™ ::
    yups.. betul sekali…
    amin..
    yuks kita sama2 tingkatkan amal ibadah.. :)

  28. Ty$@ Says:

    Nah klo mimpi tapi hal tu sangat berkebalikan banget ma kenyataan gmn tuh?

    :: oRiDo™ ::
    khan gak selalu mimpi itu sesuai dgn kenyataan…
    justru kemungkinan terbesar hanyalah bunga tidur.. :)

  29. email90 Says:

    wah wah pak orido, banyak yg minta sarannya u menafsirkan mimpi. setelah sy baca beberapa buah, ternyata mimpinya aneh semua :mrgreen:

    jadi teringat, ketika saya mimpi yg cukup tak masuk akal. sy di beri nama hudzaifah, lalu saking penasarannya googling n baca sana sini :)

    tapi, se-aneh apapun mimpi itu, berfikiran positif saja, kalau menurut hati itu pertanda baik berdo’alah agar menjadi kenyataan. tp kalau pertanda buruk, berdo’a agar terhindar dari kesusahan. wallahu’alam

    salam kenal balik pak orido, terimakasih sdh berkunjung :)

    :: oRiDo™ ::
    iya nih..
    padahal aku cuma sharing artikel seputar mimpi.. kok jd malahan banyak yg minta di tafsirkan mimpinya..
    hehehehe….
    yups.. positive thinking.. ;-)

  30. h. chaerudin Says:

    Ass. Wrb.

    Saya pada tahun 2006 pada hari puasa ketiga jam 3 pagi sebelum sahur dalam mimpi berjumpa dengan rasulullah yang saya dapatkan 3 kejadian yaitu :
    1. saya melihat rasulullah ditandu oleh 2 orang dengan pakaian ihram putih dan ketika itu saya bertanya “ya rasulullah meninggal, dan spontan rasulullah dengan menggunakan ihram putih seperti ingin berhaji bangun dari tandunya dengan sedikit saya melihat wajahnya ketika itu masih muda beliau berusia 42 tahunan saat berhaji.
    2. saya dibawanya pada suatu kubah warna emas saat itu langit indah dan dibawahnya ada kolam jernih dengan 3 ekor berenang dan saya mengikuti ikan tsb. serta saya memegang satu ekor ikan tsb. juga ada orang tua yang akan memberikan saya uang 5.843.000 tetapi saya menolaknya dan ada seekor tikus disamping kolam yang jernih dengan berkata ” awas saya makan nanti ikannya” (ikan yang tangkap 1 ekor tsb.)
    3. Aku dibangunkan dengan memanggil nama saya saat itu untuk bangun sahur….dan saya terbangun Subhanallah.
    Dan ketika saya berhaji pada tahun 2006 ketika di medinah terasa bahwa rasullah ada didekatku dan aku merasakan hal itu sambil menangis karena sebelumnya telah kerumahku walaupun dalam mimpi tetapi kini akupun telah datang dikediaman beliau subhanallah.
    dan ketika pada tanggal 18/11/08 kemarin saya kali kedua mimpi bertemu rasulullah sedang terbaring dengan para sahabatnya yaitu Abubakar dan Umar, pada saat itu yang terlihat wajah rasulullah ketika pakaian putih yang menutupi wajahnya terbuka dan wajah rasulullah terlihat bersinar dan bersih juga aku sempat memegang kedua kaki rasulullah yang putih bersih serta berbulu tiba-tiba ada wanita dengan pakaian panjang dengan warna hijau kecoklat2an berbicara kepada saya dengan mengatakan “ini rasulullah” dan pada saat itu saya bersalam dengan beliau “rasulullah S.A.W dan aku terbagun pada jam 3 lebih sambil duduk ditempat tidur subhanallah untuk kedua kalinya aku bermimpi, dan aku siap2 untuk sholat subuh.
    Allh maha besar dan rasulullah adalah pujaanku.

    Wass. wrb.

    H. Chaerudin
    mobile 0812 9969600

    :: oRiDo™ ::
    sungguh beruntung pak.. dapat bermimpi bertemu Rasulullah…
    semoga semakin meningkatkan iman dan taqwa kita semua..
    *ya Allah.. pantaskah hamba bertemu dengan kekasihMU??*

  31. Widyawati Says:

    Assalamu’alaikum,

    beberapa hari yang lalu saya mimpi cukup aneh yaitu bertemu dgn ular besar dan warnanya sangat sekali. Anehnya saya tidak merasa takut sama sekali pada ular tersebut, karena ularnya tidak berusaha menggigit dsbnya. Tapi ular tersebut mendekati saya bahkan sepertinya mau berbicara dengan saya. Dan saya melihat bahwa ular tersebut hanya berusaha mendekati dan memandang saya.
    Di dalam mimpi tersebut saya melihat bahwa teman2 saya juga tidak berusaha mengusir ular itu malah mereka juga mendekati ular tersebut. Apakah itu hanya sekedar bunga tidur atau menyiratkan sesuatu.

    terima kasih pak, bila ada yang bisa membantu saya

    Wassalam,

    Widyawati

    :: oRiDo™ ::
    ada yang bilang klo mimpi tentang ular ada kaitannya dengan jodoh.. :)

  32. khairatun hisanun Says:

    Assalammualaikum.wr.wb

    ada beberapa mimpi yang ingin saya ketahui apa hikmahnya :
    Maaf ya saudaraqu” karna ada 7 soal yang harus dipikirkan, bantu saya untuk mengetahui, apa kira-kira hikmat dari tafsir mimpi ini. soalnya dah lama saya pendam, tapi malah buat sesak dan pikiran saya seperti “mencari-cari” apa sebenarnya dibalik semua ini, atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

    1.saya pernah bermimpi dipakaikan mahkota oleh 3 orang pelayan kerajaan.
    2.saya berjalan bersama seorang laki-laki yang subhanallah tampan sekali kami memakai baju ihram dan menuju ke sebuah istana mirip sekali dengan istana nabi sulaiman, lantai nya terbuat dari kaca bening yang dibawahnya ada ikan mas yang yang banyak, sejuk sekali, subhanallah indah sekali. tapi saya tidak mengenal siapa lelaki itu, bahkan calon suami saya tidak setampan lelaki dalam mimpi itu.
    3. saya bermimpi menunggangi kuda putih, memegang sebilah pedang, memakai ikat dikepala dan memimpin pasukan perang. ketika pertempuran sengit terjadi, saya dikepung oleh pasukan lawan dan saat saya tak berdaya lagi saya ucapkan Innama amruhuu izaa arodha syai’a ayyaqulalahu qun faya qun” berkat laa ilaha illallah” dan musuh tidak melihat saya, lalu berteriak Allahuakbar lalu saya habisi mereka.
    4.seperti berada di antara orang-orang sangat seram “iblis” la’natullah mereka menghabisi semua manusia yang ada di sekitar mereka termasuk saya, saat dia mau membunuh saya, saya lalu bersembunyi dibalik pohon dan tak henti komat kamit bilang laa ilaha illallah dan subhanallah saya selamat.
    5.saya bermimpi ada katakanlah kekuatan ghaib yang jahat ingin masuk kedalam diri saya antara sadar dan tidak saya menggenggam ibu jari kedua tangan, memejamkan mata lalu melawan seraya berkata iztaztaqitsu na robbaqum fastazabalaqum annii mumidduqum bi alfim minal malaa ikati murdhifin” berulang kali hingga terakhir pekik allahuakbar,lalu terbangun.
    6. mimpi dimasuki ghaib jahat itu terulang lagi,saya kemasukan, saya lawan sendiri dengan menggenggam ibu jari kedua tangan, memejamkan mata lalu melawan seraya berkata iztaztaqitsu na robbaqum fastazabalaqum annii mumidduqum bi alfim minal malaa ikati murdhifin” berulang kali hingga terakhir pekik allahuakbar sampai keringat dingin tapi ghaib jahat itu hanya keluar sampai batas pusat, dari pusat ke kepala lalu di tolong oleh abang saya dan dikeluarkan nya dari tubuh saya, seperti di tariq dari ubun-ubun kepala, lalu kata abang inilah yang mengganggumu, tika tanya apa itu, yang masih teringat kata abang ini wewegombel, lalu seingat tika wewegombel itu sesosok perempuan kerdil” lalu tika bilang mana mungkin bang’ kata abang lihat ini’ kalau ini abang masukkan lagi ke badanmu maka kau akan keta-ketawa”, iya tika ketawa-ketawa percis kaya orang kmasuaan” lalu dikeluarkan lagi oleh abang dan dipukulnya mahluk itu dengan sehelai daun keladi,(percis seperti daun keladi yang ada di halaman rumah).
    7.tika bertandang ke rumah tetangga di sebelah rumah. depan rumah nya jelek sampai-sampai dalam hati berkata koq jelek kali, lalu di ajaknya ke halaman belakang rumahnya, mulutqu berdecak kagum subhanallah, cantik kali pak” tika lihat ada 2kolam yang luas, kolam pertama seluruh permukaan airnya di tutupi oleh daun sirih anehnya daun sirih itu tidak tumbuh menjalar tapi satu persatu dan posisinya telangkup(satu persatu daun itu batangnya sekitar 1centi dan mengarah ke atas. lalu tika tanya koq kayak gini daunnya pak, kan biasanya tumbuh menjalar, lalu dibilangnya, ia biar daunnya kelihatan semua, kan kalau menjalar gak kelihatan semua, lagi pula seperti ini lebih rapi dan cantik.
    lalu tika jawab aja Oo.. di kolam yang satunya lagi airnya dangkal, bapak itu istrinya dan tika masuk ke kolam itu dan ada ikannya, tika dikasi kesempatan untuk menangkap ikan nya, ikannya banyak, tapi tika dapat ikan mas warna orange yang subhanallah cantik sekali sisik nya,berkilau dan licin sekali, gembira banget” sampe situ aja yang ingat.

    :: oRiDo™ ::
    saya tidak tahu apakah mimpi ini dalam waktu yang relatif berdekatan atau tidak, tapi saya melihatnya adalah mimpi itu merupakan satu rentetan mimpi, mimpi yang merupakan permainan setan. Kenapa saya beranggapan demikian? Dari mimpi 1 sampai (terutama) 5dan6 menunjukkan peran setan disana, terlihat keterkaitan mimpi 1 sampai 3 dan 4, disambung dengan mimpi 5 dan 6, dimana setan membuat anda senang dahulu (pada mimpi 1-2), terutama pada mimpi 2, disana anda diajak utk membayangkan seorang yang tampan (cara setan mengarahkan pada zina). Bersyukur anda bisa melawan setan itu dengan mengucapkan doa-doa. Nah untuk mimpi ke 7, bisa jadi bunga tidur setelah gangguan setan itu tidak ada lagi, atau bisa juga cara si setan untuk kembali merasuki anda.
    Bagaimana ini terjadi, mungkin memang tempat/rumah anda ada penunggu nya, sehingga anda seringkali diganggu melalui mimpi.
    Agar rumah anda tidak diganggu, salah satunya sering2lah mengucapkan salam (Assalamu’alaikum wr.wb.) pada saat masuk rumah, dan sering2 membaca Qur’an.

    wallahu’alam..

    • mazz Says:

      salam alaika ukhti
      semangat islami anda kuat sekali sehingga ada org yg tdk senang dgn istiqomah anda, perbanyak baca quran dan tafsir insyaalloh di balik keburukan mimpi tsb alloh al azhim memberikan hikmah.
      baroqalloh bikum ukhti

  33. ceria Says:

    aku mimpi ini pada bulan februari 2008, aku bermimpi aku lagi berdiri
    berhadapan dengan seorang lelaki yang mana lelaki itu adalah mantan aku
    (aku dimimpiin itu sebelum aku pacaran sama dia. aku pacaran sama dia
    baru bulan mei akhir dan putus akhir juni, hanya 1 bulan aja) trus
    dibelakang di mana tempat aku berdiri ada seorang kakek tua yang bilang ke
    aku klo “dia (maaf aku ga bisa sebut nama manatan aku itu) akan
    meninggalkan kamu setelah hari ulangtahunmu tapi dia adalah jodoh kamu”. dan
    sekarang dia udah benar pergi meninggalkanku dengan alasan tertentu (maaf
    aku ga bisa bilang), tapi apa maksud dari mimpi itu ya, tolong bantu
    aku, biar aku lebih lega. aku jg mw cerita sebelum
    aku jadian dgn dia aku udh dimimpiin klo kita bakal pacaran dan itu
    kebukti benar. setiap kali aku suka dan deket ama cow ga pernah aku
    dimimpiin tentang kita bakal jadi pacar, baru kali ini ketika aku kenal dia
    aku dimimpiin ttg dia dan hampir setiap aku bermimpi ttg dia selalu
    menjadi nyata, tp aku ga tau apa arti mimpiku ttg kata2 kakek
    itu…….tapi aku jg ga berhenti bertanya kepada Tuhan tentang arti mimpi
    itu……….terimakasih…aku tunggu jawabannya……

    :: oRiDo™ ::

    bisa jadi mimpi tersebut merupakan angan2 utk kembali bertemu dengan mantan mba, tapi satu hal mba.. Berhati-hati lah dengan mimpi seperti itu, karena saya lebih melihat bahwa mimpi mba itu adalah permainan setan belaka, sehingga akibat dari mimpi tersebut, mba jd terbayang2 akan mantan (baca: orang lain yang jelas2 bukan muhrim) mba tersebut sehingga bisa semakin dekat pada zina.
    dalam islam tidak ada istilah pacaran..
    dengan adanya mimpi itu, setan menggoda mba utk berpacaran..
    wallahu’alam..

    silahkan baca artikel terkait disini:
    [HOTD] jOdOh pilihan..
    [HOTD] beRduaan
    [DOA] adab teRhadap teman
    semoga berguna..

  34. yondafli Says:

    mudah2an allah swt memberikan perlindungan bagi umat yg taat….amiin

    :: oRiDo™ ::
    amin..

  35. newbiedika Says:

    hmm. .gt y? mknax . . .btw ne halamanx panjang bgt. . .susah kalo d liat dr hape. . ribet juga. .hehe

    :: oRiDo™ ::
    blog ini emang isi nya panjang2..
    mudah2n gak bosen dateng kesini.. :)

  36. FILDZAH Says:

    ASSALAMUALAIKUM
    TADI MALAM SAYA BERMIMPI BERTEMU DENGAN ORANG SHOLEH TAPI SAYA TIDAK TAHU/TIDAK KENAL ORANGNYA, PADA AWALNYA SAYA HANYA BERTEMU SEKALI DENGAN IKHWAN TERSEBUT, KEESOKANNYA DIA MENYURUH ANAK KECIL UNTUK MENGATAKAN AKAN MENIKAHI SAYA PADA HARI RABU , KEESOKAN HARINYA, SAYA BINGUNG DAN TERKEJUT, PADAHAL BARU KENAL ,AKHIRNYA SAYA TERBANGUN.
    SAYA BERMIMPI PADA HARI SELASA MALAM, SAAT INI SAYA BINGUNG MENGARTIKANNYA. TOLONG BALAS MELALUI E MAIL SAYA. TRIMS
    ASSALAMUALIKUM.

    :: oRiDo™ ::
    apakah mimpi harus di artikan? haruskah di takwilkan…???
    bisa jadi mimpi tersebut merupakan angan2 utk mendapatkan jodoh seorang lelaki yang shaleh..
    semoga mimpi mba Fildzah merupakan sebuah petunjuk kabar gembira .. :)
    Berhati-hati juga dengan mimpi seperti itu, karena bisa jadi hal itu merupakan godaan setan kepada mba melalui mimpi agar mba memikirkan ikhwan tersebut sehingga bisa semakin dekat pada zina.
    wallahu’alam..

  37. ahid arrusmani Says:

    Bismillaahirrahmaanirrahiim
    assalamualaikum wr wb
    dengan tanpa mengurangi rasa hormat,pertama saya ingin bercerita pada bapak tentang mimpi yang saya alami semenjak saya kecil sampai saat ini,dan mohon pada bapak untuk membantu saya memperjelas apa arti dari mimpi tersebut,karna saya benar2 bingung dan tidak mengerti apa maksud dari semua itu
    dulu saat saya masih berusia sekitar 12 th, saya pernah mimpi menaiki sebuah bukit yang yang lumayan tinggi,setelah sampai di atasnya,saya dapati sebuah rumah kosong,tanpa penghuni di sana,lalu saya mecoba berjalan di samping bukit tersebut yang tanahnya disekitarnya seperti bentuk tanah di pegungungan(terasering),sesampainya di samping rumah tersebut,saya dongakkan kepala saya kelangit ,lalu saya lihat sebuah bintang yang amat terang cahayanya jatuh menghampiri saya,perlahan-lahan dari kejauhan dan semakin mendekat cahaya bintang tersebut semakin terang,dan ahirnaya saya julurkan tangan saya keatas langit,dan saya dapati bintang tersebut dengan cahaya yang amar terang berhenti di tepat di telapak tangan saya,dan saya pun menggenggam erat2 bintang yang bercahaya tamat terang tersebut,setelah itu saya terbangun,
    lalu selang sekitar setahun atau beberapa bulan setelah saya bermimpi sedemikian rupa,(saya agak2 lupa) pada suatu malam kakak perempuan saya bermimpi,dan dimimpinya tersebut dia melihat saya berdiri di sudut ruang tamu rumah ibu saya,dan tepat dikepala saya bersinar sebuah cahaya yang amat terang,dan keesokan paginya dia menceritakan mimpin itu pada saya.
    dan kemarin saya bermimpi bertemu dengan pak suhato yang memekai pakain putih dan kain sorban yang dikalungkan di lehernya,dan saya sempat berjabat tangan dengannya dan mencium tangannya,hal itu terjadi di depan rumah ibu saya,tapi sebelumnya saya tidak sedang memikirkan dan tidak sedang mengingat2 pak soeharto,setelah bangun saya bertanya pada teman saya yang tidur di samping saya(karna bertenpat tiggal di asrama mahasiswa ponpes UII yogyakarta) tentang “pak suharto itu sekarang masih hidup ya?” dengan bingung saya bertanya pada teman saya,karna pada saat bangun dari mimpi tersebit suingguh saya lupa tidak tau apakah pak suharto sekarang masih hidup atau tidak,dan teman saya terkagum-kagum melihat pernyataan dari mulut saya bahwa saya telah bermimpi bertemu dengan pak suhaerto
    mohon dengan tanpa mengurangi rasa hormat sekiranga berkenan untuk membantu saya memehami makna mimpi tersebut,
    wassalaamualaikum wr wb

    :: oRiDo™ ::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    Mimpi bisa jadi isyaRat yang dibeRikan Oleh Allah kepada hambanya beRupa beRita baik atau buRuk dan mimpi ada yang memiliki makna dan ada pula yang beRupa mimpi kOsOng sekadaR peRmainan setan kepada manusia. Semua kembali pada tingkat ke-shaleh-an seseorang. Jika iman dan islam seseorang kuat, maka mimpi bisa jadi sebagai pertanda dari Allah swt. Jika iman dan islam nya biasa saja apalagi jelek, maka itu hanyalah permainan setan.

    Mimpi memegang bintang..
    seperti saya sebutkan sebelumnya, kembali pada kadar iman islam nya, nah kalo anda merasa iman-islam anda bagus, bisa jadi itu pertanda baik, bisa merupakan pertanda bahwa anda akan mendapat petunjuk, hidayah, dlsb.
    tapi kalo iman-islam anda jelek.. mungkin itu hanya bunga tidur, atau bisa juga permainan setan..

    berkaitan dengan mimpi bertemu soeharto, dalam hal ini adalah bertemu denganorang yang sudah wafat, maka sebaiknya bersegeralah berlindung kepada Allah, karena jika bermimpi bertemu dengan orang yang sudah meninggal dikhawatirkan itu adalah setan yang menyerupainya.
    wallahu’alam..

  38. ahid arrusmani Says:

    dengan tanpa mengurangi rasa hormat pula agar dikirimka jawabannya atau respon dari bapak tentang mimpi saya langsung ke email saya,karna yang sering saya buka sehari2 adalah email saya,syukran,jazaa kumullah khoiran

  39. Chrysant Says:

    Assalammualaikum wr.Wb. . .
    Suami sy bermimpi kehilangan motor n handphone,bersamaan itu di dlm mimpi dy kuliah di tengah karetan n d sana orgny item2 dy melihat cahaya terang,lalu dy d suruh temanny menyebrang jembatan n d tgg d gang 111A,tp suami sy g jd nyebrang cz d selamatkan ma org tinggi kekar,biz itu dy terbangun.. Apakah arti mimpi itu?Makasih.. Wasalam.

    :: oRiDo™ ::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    Mimpi bisa jadi isyaRat yang dibeRikan Oleh Allah kepada hambanya beRupa beRita baik atau buRuk dan mimpi ada yang memiliki makna dan ada pula yang beRupa mimpi kOsOng sekadaR peRmainan setan kepada manusia. Mungkin mimpi tersebut hanya merupakan mimpi jiwa yang sedang gelisah, mimpi yang dialami dalam tiduRnya lebih meRupakan
    adghats ahlam , yakni mimpi kalut.
    Tetapi itu semua kembali pada tingkat ke-shaleh-an seseorang. Jika iman dan islam seseorang kuat, maka mimpi bisa jadi sebagai pertanda dari Allah swt. Jika iman dan islam nya biasa saja apalagi jelek, maka itu hanyalah permainan setan.
    wallahu’alam..

  40. wiwid Says:

    Janganlah suka menafsirkan mimpi , takut jadi syirik..yang penting , mimpi yang baek diambil hikmah dan mimpi yg buruk buat peringatan… kecuali mimpi berkali2 setelah tahajjud atau istikharah :)

    wallahu alam

    wiwid

    http://www.kontraktor.org

  41. nic Says:

    assalamualaikum
    saya ingin bertanya, apakah arti mimpi bila kita menjalin suatu hubungan dengan orang yang tidak kita kenal (saya sudah memiliki pacar),, karna setelah saya mimmpi itu, malamnya saya bertengkar hebat dan pacar saya meminta putus. Namun saya menolak shingga masih dipertahankan
    kemudian bbrp hari setelahnya, pacar sy meminta bertemu untuk membicarakan hubungan kami, sy menolak pada hari itu, dan malamnya saya bermimpi lagi kalau saya sedang menjalin hubungan dengan orang lain yang tidak saya kenal (orgnya beda dgn mimpi yang pertama), lalu sy terbangun solat tahajud kemudian ketika saya tidur lagi saya bermimpi kalau saya sdg menjalin hubungan dengan pacar sy yang skrg, dimana smua keadaan baik2 spt dulu..saya bingung pak,,apakah arti mimpi tsb? Apakah ada hubungannya? lalu apakah itu merupakan petunjuk bagiamna saya dgn pacar sy sbaiknya??,,,,karna saya gelisah,..thx pak, reply asap…

    wass.

    :: oRiDo™ ::
    wa’alaikum salam wr.wb.

    arti mimpi kemungkinan nya hanya ada 3.. Pertama Merupakan petunjuk dari Allah, Kedua Angan2 dalam hati, dan Ketiga Godaan Syetan.
    bermimpi bertemu dengan orang lain yang bukan muhrim nya (apalagi pacar) jika bukan angan2 dalam hati, maka bisa jadi merupakan godaan syetan. Kenapa? karena hal tersebut salah satu godaan syetan terhadap anda utk melakukan berhubungan dengan selain muhrim (pacaran) yang jelas2 dilarang dalam islam.
    silahkan baca referensi2 berikut:
    [DOA] adab teRhadap teman

    [HOTD] jOdOh pilihan..

    [HOTD] beRduaan

    semoga Allah swt selalu memberikan petunjukNYA sehingga kita selalu berada dalam lindunganNYA..
    amin..
    semoga berguna…

  42. Antie Says:

    Ass…beberapa Minggu yang lalu Antie bermimpi melihat cahaya dan Kaligrafi nama Nabi Muhammad SAW…, Antie sangat tertegun nyaksiin semuanya dan coba memanggil orang-orang yang berjalan…agar nyaksiin, mimpi keduanya Antie…,saat itu Antie sedang mandangin indahnya atas langit…dan saat itu juga dari atas sana dua bintang tampak terang dan satu diantaranya jatuh dan Antie memegangnya…pada saat bersamaan juga Antie memegang huruf kaligrafi yang jatuh dari atas langit…, mohon ya…dikasihin jawaban atas mimpinya Antie…
    wss…tRuzzz…makaci…atas semuanya…

    :: oRiDo™ ::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    hmmmm…
    mungkin mba Antie akan mendapat hidayah. :)

  43. Maniez Says:

    Ass…seminggu yang lalu aku mimpi ngelahirin dan mimpi yang kedua ini mimpinya jelas banget waktu itu aku lagi dengerin ceramah dan disertain doa…semua orang yang ngikutin terharu dan sampai menangis…waktu itu juga aku nangis sampai terisak… sampai…saat terbangun…, tolong ya…dikasihin jawaban…

    :: oRiDo™ ::
    kalo yang ini bisa jadi hanya bunga tidur..
    artinya mimpi yang merupakan gambaran suasana hati.. :)

  44. azzam Says:

    Assalamu’alaikum…sebulan yang lalu saya bermimpi bertemu dengan Rasulullah SAW, dalam mimpi itu, Rasulullah sedang memimpin pasukan disebuah lapang untuk menegakkan syariat Islam dinegara kita indonesia, dan dalam pasukan tersebut terdapat saudara-saudara dan keluarga saya. saya langsung menuju ke pasukan tersebut karena saya ingin ikut terlibat dalam pasukan tersebut, saya menuju Rasulullah, dan pada saat itu dia tersenyum kepada saya, saat saya utarakan keinginan saya untuk ikut pasukan, Rasulullah hanya berucap jaga anakmu……! (ada yang nggak jelas) dan pada saat itu saya tersadar, karena istri saya memanggil nama saya. Anehnya perasaan saya begitu gembira, seakan-akan nggak bisa diutarakan dengan kata-kata.

    :: oRiDo™ ::
    wa’alaikum salam wr.wb.
    sungguh indah dapat bermimpi bertemu Rasulullah…
    mari kita sama2 tegakkan agama Allah swt.. :)

  45. yani Says:

    aslmkm….. af1 mau tanya… saya pernah beberapa bulan lalu saya bermimpi bertemu dengan alm bapak dari laki-laki yang sya sukai. padahal saya belum pernah melihat wajahnya tapi ketika melihat saya yakin itu beliau. dan mimpi itu berurutan seakan ingin menceritakan kehidupan beliau semasa hidup dan setelah itu berakhir dengan dikuburkan. Saya memimpikan beliau tepat 2 hari setelah dimakamkan dan itu berjalan hingga berbulan-bulan. dan salah satu mimpiku beliau memberikan aku bunga mawar. mohon ditfsirkan…jujur agak terganggu dengan mimpi itu. anaknya banyak kenapa bapaknya malah milih aku. lagia beliaunya juga seorang kyai. syukron

    :: oRiDo™ ::
    kalo kaitannya dengan orang yg bukan muhrim..
    sepertinya lebih dekat pada bunga tidur atau godaan syetan.. :)

  46. al athillah Says:

    Assalamu`alaikum…Mas Saya Pernah bermimpi Memimpin (Menjadi Imam) Shalat Berjamaah,Makmum Nya Alhamdulilah Banyak….saya tidak sedang mengerjakan suatu proyek….presentasi..atau sedang menciptakan gagasan/ide baru dalam suatu organisasi (Mungkin menjadi pemacu mimpi)…..Di kehidupan Sehari2 Saya Tak Pernah Menjadi Imam Di Mesjid dg makmum yang ramai (paling cuma anggota keluarga, dan teman satu pengajian)..Mohon Penjelasan

    Saya Juga Pernah Bermimpi Bahwasanya di dalam mimpi tsb..saya melihat dan mengetahui bahwa kelak (Alhamdulillah) Kk kandung saya akan mendapatkan Bayi Laki2..Didalam mimpi itu saya juga mendapatkan sebuah nama untuk Bayi ” AL Awwalul Ikhas ” Masya Allah…Mimpi itu menjadi kenyataan…Bahkan Saat Bangun Dari mimpi..Saya tak tau Arti Dari Al Awwalul Ikhlas…

    Jika Berkenan..Mohon mail saya di all_athillah@yahoo.com

  47. tashone Says:

    Saya mimpi gerhana bulan, jelas sekali. Lalu diikuti kejadian2 yg menakutkan
    Apabila di googling saya dapatkan itu pertanda akan kegagalan,tetapi bukannya gerhana itu tanda kebesaran dari Allah
    Apa ya arti mimpi itu?mimpi itu selalu teringat terus.

  48. Robi Says:

    2 malam yang lalu saya bermimpi, saat itu ada banyak orang kumpul di rumah dan waktu itu seperti nya masuk waktu maghrib..tiba2 kita semua berbaris bershaf (ada 1shaf) dan saya berada di depan shaf nya orang2 tersebut. 1orang langsung qomat dan semua nya melihat ke saya untuk memulai sholat sebagi imam bagi mereka. kita sholat sampe selesai& bubar sambil salam2an di pintu keluar rumah.. lalu saya terbangun& melihat jam -+3.30am..saya langsung wudhu& tahajud..
    kira2 apa ya makna nya semua itu?

    oRiD™ bilang:
    hmmm…
    saya rasa mimpinya bagus2 saja..
    mungkin mimpinya termasuk dalam mimpi karena suasana hati..
    semoga istiqamah dalam menegakkan agama islam..
    amin.. :)

  49. indah Says:

    Assalamualaikum wr wb,, Td pas tengah malam,sy bermimpi membangun masjid bersama kluarga sy,trus di blakang masjid di bikin kolam ikan dan banyak ikannya,kalo boleh sy tau,apa arti mimpi ini? terimakasih,, Assalamualaikum wr wb,,

    oRiD™ bilang:
    wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh..

    mudah2an menjadi petunjuk bahwa mba indah dan keluarga dapat terus menegakkan islam yang banyak memberikan berkah pada mba indah dan keluara.. :)

  50. iin Says:

    Assalamualaikum wr.wb.kurang lebih 3 th lalu sy pernah mimpi yg tidak bs sy lupakan. dlm mimpi sy spt di tanya oleh orang yg sy tidak bisa melihatnya hanya terdengar suaranya saja, dia tanya “robbuka” sampai 3x sy bingung tdk menjawab, trus dia tanya lagi “man robbuka” saya jawab Alloh. kemudian dia nanya lagi “atthoriq” saya jawab sy tdk tau itu, nanti akan sy cari.
    kira2 apa ya arti mimpi itu?

  51. RAHMAN Says:

    Assalamualaikum…
    Malam jumat kemaren (tgl. 4 Juni 2010) saya bermimpi….
    didalam mimpi itu saya melakukan tawaf, alhamdulillah dengan mudahnya saya bisa langsung mencium hajar aswad, namun… ketika saya menciumnya keluarlah api yang membuat saya kaget dan tersentak… saya ulangi lagi sampai tiga kali kecupan namun selalu api itu muncul dengan hangatnya begitu terasa…. pada kecupan ketiga saya jatuh pingsan dan orang-orang pun memboyongku dari tempat itu dan ditiduakan dekat rukun yamani… mereka menidurkankanku dengan tertelungkup…. namun tiba-tiba lantainya berubah menjadi permadani yang warnanya biru langit dengan motif bunga… sejuknya terasa menempel di pipi…..
    Saya langsung terjaga dan bingung apa sebenarnya arti dari mimpi tersebut…. Subuhnya saya langsung telepon ibu saya sambil menceritakan mimpi tersebut seraya menangis ta henti…..
    Ihwanul muslimin…. kiranya apa arti mimpi saya tersebut…
    sampai saat ini saya masih merasakan apa yang dialami dalam mimpi itu

  52. Aisyah Says:

    Salam.
    saya ingin bertanya, apakah erti mimpi ini.
    saudara saya sudah mengalami mimpi ini berkali2. suara yang sama dan figur lelaki yg sama. didalam mimpinya, dia bertemu dengan lelaki ini, tapi tidak nampak wajahnya, semua hitam, lelaki ini menyuruh saudara saya untuk mengikuti nya. saudara saya pula terkejut kerana mendengar suara itu ketika sadar dan bukan dalam tidur. berkali2 dia telah mendengannya dari tidak berapa jelas suaranya, sampai sekarang, suara itu sudah menjadi terlalu jelas. suara itu meminta saudara saya untuk ikut dia. :/ selain itu, dalam mimpinya, lelaki itu mengheret saudara saya ke sssesuatu tempat yg lelaki itu ingin saudara saya ikut.
    TOLONGLAH BERITAHU SAYA ERTINYA. saya sangat gelisah dan bermohon agar Allah akan selamatkan saudara saya.

  53. budy Says:

    apakah arti dari mimpi tidak jadi menikah dengan pacar??????

  54. achmad Says:

    Assalamualaikum wr.wb. 6 tahun lalu aq bermimpi dan sampai sekarang saya belum mengerti apa arti mimpi tersebut,…mimpi saya terjadi waktu bulan puasa kira2 hari ke 25 puasa kira2 jam 12 malam pada mimpi itu saya berada diangkasa disitu terlihat alam semesta pada saat itu saya melihat cahaya putih seperti bintang terang dan seorang pria yang tampan mempunyai jambang insyallah berpakain putih pada saat itu cahaya putih itu mengeluarkan sebuah ayat huruf arab dan juga menerjemahkan ayat itu dengan bahasa indonesia berikut ini terjemhan ayat itu ” kerjakanlah sholat ibrahim ” pada saat itu juga aq terbangun dan langsung mengambil air wudlu dan mengerjakan sholat. sampai saat ini saya belum mengerti ari mimpi tersebut tolong bantu saya untuk mengartikan mimpi tersebut,…

  55. adilrahmat Says:

    apa sich arti mimpi bila kita bertemu seseorang yg kita cintai

  56. warda Says:

    kalo misalnya saya melihat bulan terbit sampai tak terlihat lagi dan mimpi melihat masjid apa artinya ya??

  57. injung Says:

    Assalamualiakum Wr.Wb. Saya pernah bermimpi bertemu seseorang dengan wajah begitu bercahaya terang sampai2 mata saya silau untuk melihatnya,saya hanya bisa bersimpuh dan tidak mampu untuk berdiri mendekatinya. Beliau menggunakan baju merah manggis dan menyuruh saya untuk ruqiyah. Saya mohon penjelasannya. Terima kasih

  58. nukay81 Says:

    Untuk saat ini saya lebih percaya pada kenyataan yang ada daripada harus percaya pada hal-hal yang tidak pasti, terima kasih atas artikelnya mas…!!!

  59. ori opilo Says:

    ass wr.wb klo saya mimpi naik haji dan yg sya lihat org org sholat seperti org naik haji biasa tapi yg ane gua dan teman gua naik ke atas kakbah sambil melihat org mengelilingi kakbah kan kami sudah mengelilingi dan mencium hajar aswat saat itu imam ima mendengung kan kebesaran ALLAH dan saya jatuh ke para jamaah sambil mengikuti imam ,saya pun bangun…….!

  60. putry Says:

    Pagii..
    Asalamualaikum.. Maaf sebelumnya sya ingin bertanya,, malam sya bermimpi bertemu dgn seorg kakek2 brjubah putih berjanggut dan wjahnya seperti bule putih.. Dia bilang ” sbentar lg kamu ikut saya” ?? Apa ya itu ?? Terima kasih :)

  61. putry Says:

    Pagii..
    Asalamualaikum.. Maaf sebelumnya sya ingin bertanya,, malam pacar sya bermimpi bertemu dgn seorg kakek2 brjubah putih berjanggut dan wjahnya seperti bule putih.. Dia bilang ” sbentar lg kamu ikut saya” ?? Apa ya itu ?? Terima kasih :). Pacar sya itu dgn saya beda agama, dia kristen dan sya islam ,, namun mengapa dia mimpi sperti itu ? Sya khawatir apa tdk akan trjadi keburukan ?? Mohon bantu saya ya !? Sya mohon ??

  62. indah amir Says:

    assalamualaikum wr.wb…
    mohon pencerahannya ya… saya pernah bermimpi berada di depan kabah.. berdua dengan seseorang tapi dia bukan suami saya… tapi orang yang pernah dekat dengan saya… tidak ada orang lain selain kami berdua… , kemudian saya terbangun… keluar keringat dingin… mohon bantuanx
    terima kasih :D

  63. Maya Alphabet Says:

    Assalamu’alaikum,,,
    waktu, saya masih smp saya pernah mimpi dikejar ular di kebun dan disetar mesjid serta saya juga dililit ular dan disekliling banyak sekali ular berbagai jenis.

  64. Weskorni Says:

    Bismillah. Pa maaf saya mau bertanya ttg mimpi saya. Pa, saya mimpi ketemu sama sama teman teman sekolah saya selama 2 hari tpa selang sehari nah dlam mimpi itu pelakunya hanya itu itu aja tp pas mimpi kedua ada tambahb pelaku 2 orng tpi yg pelaku yg mimpi utama tetal ada di mimpi kedua. mimpi nya kami main berpetualang. Terimakasih pa

  65. HENDIYANI Says:

    Janji tak akan berarti apa-apa jika kamu tak bisa menepatinya. Daripada berjanji lebih baik tunjukkan dgn tindakan nyata.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 444 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: